Pada jaman modern seperti saat ini, lifestyle masyarakat khususnya di kota besar menuntut segala sesuatunya menjadi praktis,tidak terkecuali dalam hal menata rumah. Bagi daerah perkotaan yang umumnya jauh dari lingkungan alam, terkadang terdapat kerinduan untuk mendekatkan diri dengan alam karena kecenderungan keberadaan tumbuhan yang dapat memberikan manfaat bagi fisik dan psikologis manusia.

Namun seringkali terdapat berbagai alasan kita enggan memelihara tanaman, entah itu karena perawatan dan pemeliharaan tanaman yang memerlukan perhatian ekstra, atau karena tidak adanya space untuk melakukan hal itu karena tempat tinggal yang tidak memungkinkan, misalnya: bagi masyarakat yang tinggal di apartemen.

Akan tetapi, bukannya tidak mungkin bagi kita yang ingin memiliki kesan ruangan yang green dengan kehadiran tumbuhan dalam ruang, karena terdapat beberapa jenis tanaman yang dapat menghias rumah kita dengan perawatan seminimal mungkin.

Airplants Adalah Tumbuhan Dekorasi Praktis Dengan Banyak Kelebihan:

- Tanaman ini tidak membutuhkan tanah untuk hidup sehingga tidak perlu menyediakan space untuk tanah terutama karena adanya tanah dalam ruangan lebih beresiko mengotori ruangan.

- Perawatan yang lebih minim dari pada tanaman umumnya.

- Airplants umumnya tidak menarik hama dan tidak mudah sakit selama perawatannya tepat dan teratur.

- Keuntungan lain memelihara aiplants ini adalah karena tanaman ini membantu membersihkan udara dari partikel debu yang dapat mengganggu kesehatan karena airplants mengambil nutrisi dari udara.

- Sebagai dekorasi Interior minimalis aiplants memiliki kesan tumbuhan modern dan juga airplants ini sangat fleksibel karena dapat diletakkan pada apapun.

Perawatan Tanaman Mini Satu Ini Sangat Mudah!

Walau airplant dapat hidup tanpa media namun, tumbuhan ini tetap memerlukan sedikit perhatian agar dapat senantiasa hidup sehat dan segar. Berikut merupakan tips perawatan airplant:

1. Penyiraman

Penyiraman penting bagi airplant, apabila tanaman terlihat mengkerut atau melengkung itu tandanya airplant membutuhkan air. Penyiraman dilakukan dengan penyemprotan menggunakan spray atau merendamnya dalam mangkuk berisi air selama 10-20 menit.

2. Pencahayaan

Pencahayan dilakukan dengan cahaya matahari secara tidak langsung,airplant diletakkan pada area yang dekat dengan jendela. Namun, bila tidak memungkinkan maka dapat dengan menggunakan cahaya lampu selama 8-14 jam sehari. Praktis,bukan?

3. Pemupukan

Pemupukan untuk tanaman airplants tidak harus dilakukan namun, akan lebih baik bila airplant tetap dipupuki untuk memberi nutrisi lebih bagi airplant. Pemupukan ini terutama dapat dilakukan saat fase fertilisasi yang terjadi sebulan sekali dimana kebutuhan airplant akan nutrisi lebih tinggi. Pupuk yang digunakan adalah pupuk khusus airplant, dapat pula dengan menggunakan pupuk umum namun dosisnya perlu dikonsultasikan dengan ahli pupuk atau distributor airplant.

Disamping berbagai kelebihan dan kepraktisan yang dimilikinya, tanaman mungil ini memungkinkan kita untuk berkreasi dalam mendekorasi rumah dengan berbagai cara. Berikut beberapa tips mendekorasi ruangan dengan Tillandsia.

1. Membuat Display Yang Unik

Airplants Display Ideas via https://id.pinterest.com

Jangan ragu berkreasi dengan airplants, anda dapat memanfaatkan berbagai bahan di sekitar rumah untuk mengekspos tumbuhan unik ini. Saat ini, airplants tersedia dalam berbagai jenis,warna,bentuk, dan ukuran. Dengan mengkomposisikannya, maka tanaman ini dapat membuat interior rumah anda semakin menarik.

2. Aerium Tillandsia

Aerium Tillandsia via http://www.notey.com

Berbeda dengan terrarium yang membutuhkan tanah dalam penataannya, Tillandsia tidak butuh tanah sehingga kita dapat menatanya dalam bentuk aerium. Aerium ini dapat diaplikasikan dengan banyak cara, mulai dari digantung dengan menggunakan holder maupun hanya dengan ditata tersebar pada meja anda.

3. Menggunakan Tillandsia sebagai “Center Piece”

Advertisement

Tillandsia as Center Piece via http://www.notey.com

Salah satu kelebihan tanaman airplants sebagai dekorasi adalah karena airplants tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk sehingga peletakkannya sebagai dekorasi juga fleksible, untuk space display yang besar dapat diletakkan airplants berukuran besar, namun bila space terbatas maka kita dapat memanfaatkan dekorasi airplants dengan ukuran kecil.

4. Feature Wall menggunakan Tillandsia

Airplant Frame via http://www.notey.com

Ide ini cocok bila kita ingin melihat Tillandsia pada 1 dinding sekaligus sehingga kita dapat menikmati view koleksi Tillandsia kita sekaligus pada 1 area dalam rumah. Selain itu, perawatan pun menjadi lebih praktis karena tumbuhan ini diletakkan pada 1 tempat tertentu. Yang perlu diperhatikan adalah pemilihan tempat peletakkan frame agar diletakkan di area yang mudah dijangkau sinar matahari.

5. Menggantung Tillandsia

Airplants Display Ideas via https://id.pinterest.com

Salah satu cara yang populer dalam mendekorasi rumah dengan Tillandsia adalah dengan menggantungya. Anda dapat membuat dinding partisi yang tampak ringan dan "green" dengan menggunakan airplants yang digantung dengan kawat. Airplants ini juga dapat digantung dengan menggunakan berbagai macam holder sesuai dengan keinginan anda.

Bagaimana? Unik bukan? Tidak hanya mudah dalam perawatan, namun banyak ide dekorasi dapat anda terapkan saat mendekorasi rumah anda dengan airplants. Harga airplants pun cukup terjangkau dan kisaran harganya di pasaran berawal dari 20 ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah tergantung pada ukuran,kelangkaan,dan jenisnya.

Selain dapat mempermanis interior ruangan anda Tillandsia juga dapat membantu memfiltrasi udara dan memberi tampilan visual yang green. Bagi yang memiliki interior modern dengan space terbatas, tillandsia dapat menjadi alternative pilihan dekorasi anda karena sifatnya yang fleksible dalam peletakkan dan ukuran serta dapat dimodifikasi sesuai keinginan anda.