Tidak ada yang memilih untuk membesarkan buah hatinya seorang diri. Hanya saja, kenyataan tidak selalu berjalan sesuai dengan keinginan kita. Begitu juga dengan yang dialami oleh orang tua tunggal. 14 Februari sudah di depan mata. Di tahun-tahun yang lalu, kamu mungkin telah menghabiskan hari spesial itu dengan pacar, sahabat, atau teman-teman. Jangan lupa ada 1 sosok yang paling layak kamu bahagiakan di 14 Februari nanti, yaitu mama. Ini adalah 5 alasan mengapa dia menjadi sosok yang paling tepat untuk menghabiskan hari kasih sayang bersama kamu.

1. Tanpanya kau tidak akan ada di dunia

Sukacita terbesarnya adalah kelahiranmu via https://huffingtonpost.com

Sembilan bulan bukan waktu yang singkat. Ia membawamu kemanapun ia pergi. Perasaan sakit karena ngidam dan bentuk tubuh yang melar tidak akan pernah mencuri sukacita yang ia rasakan, ketika melihatmu lahir dengan selamat. Melahirkan kamu ke dunia ini adalah perjuangan hidup atau mati. Tapi ia rela melalui semua itu demi kamu, anak yang sangat disayanginya.

2. Kamu mungkin sedih, tapi mama lebih sedih

Sedih tanpa papa via https://static1.squarespace.com

Melihat teman-temanmu yang punya kesempatan menghabiskan waktu bersama papanya, kadang membuat kamu sedih. Tapi kesedihanmu tidak akan sebanding dengan mama. Bukan karena ia harus hidup tanpa suami, namun lebih karena ia sedih memikirkan kamu yang harus tumbuh tanpa sosok papa. Walau begitu, ia tidak larut dalam kesedihannya. Ia memilih untuk tegar dan membesarkan kamu dengan penuh kasih sayang.

3. Mama bekerja keras agar kamu tetap hidup enak

Mama pekerja keras via https://mamaqaireen.com

Advertisement

Banyak tantangan yang harus dihadapi oleh seorang single mom misalnya cibiran dari tetangga bahkan keluarga besarnya. Tapi mama adalah pribadi yang kuat dan mandiri. Ia tidak akan tenggelam dalam cibiran itu. Ia tetap bekerja agar kebutuhanmu terpenuhi dan tidak pernah lupa untuk mendidikmu sebaik-baiknya.

4. Tidak ragu untuk melakukan pekerjaan yang berat

Tanpa sosok seorang suami, mama terkadang harus melakukan semuanya tanpa bantuan. Beruntung jika ia punya anak seperti kamu yang pengertian dan mau membantunya. Melakukan pekerjaan seperti memasak, mencuci dan bersih-bersih, mungkin bukan perkara yang terlalu sulit baginya. Namun terkadang menjadi single mom juga mengharuskannya untuk melakukan pekerjaan yang berat (secara harfiah) semisal memasang galon ke dispenser atau memasang selang gas.

5. Dia melindungimu dengan caranya sendiri

Protektif mom via https://themash.com

Banyak larangan yang kau terima darinya. Mulai dari dengan siapa kamu berteman hingga jam malam yang ditentukan olehnya. Kamu mungkin lelah dengan sikapnya yang protektif padamu. Tapi sekali-kali, belajarlah melihat dari sudut pandangnya. Dia mungkin memberimu beberapa larangan, tapi ingatlah bahwa ia mengasihimu lebih dari apapun. Ia menghabiskan tahun-tahun hidupnya untuk membesarkanmu dan membentukmu menjadi pribadi yang baik.

Ada banyak kerja keras seorang mama dibalik keberadaanmu saat ini, sudah selayaknya kasih sayangmu di 14 Februari kamu persembahkan baginya.