Pempek dan Palembang adalah dua kesatuan yang tidak bisa dterpisahkan dari ciri khas provinsi Sumatra Selatan. Di Palembang, juga ada beberapa deretan kuliner yang sayang kamu lewatkan untuk dicicipi. Kalau lagi ke Palembang, jangan lupa dicicipi ya.

Yuk, liat ada apa aja 🙂 

1. Menikmati Sedapnya Kuah Tekwan

Kudapan yang bahan mentahnya berasal daging ikan yang digiling halus ini sudah banyak ada di setiap wilayah di Palembang, bahkan di wilayah lain juga. Nah biasanya tekwan ini disajikan bersama dengan kuah yang panas dan sedap banget buat kamu santap. Wiiih, sedaaap.

2. Enaknya Menyantap Model

Sama seperti tekwan, model ini juga disajikan bersama kuah yang seger banget. Bedanya adalah, jika tekwan hanya berupa olahan bola-bola daging, model ini biasanya akan diisi toping telur didalamnya, atau kadang tahu juga.

Advertisement

Kalo kamu makan model ini jangan lupa tambahin kecap dan saos sambalnya, ya 🙂

3. Lenggang

Pempek Lenggang via https://www.facebook.com

Makanan ini sebenarnya adalah olahan yang mirip pempek tetapi disajikan dengan cara berbeda. Berbeda karena adonannya terlebih dahulu dimasukkan ke dalam daun pisang, dan biasanya ada tambahan telor didalamnya. Lenggang ini biasa dimakan dengan cuka juga.

4. Martabak Har

Marabak Har via https://www.facebook.com

Nah yang satu ini udah terkenal banget lho gaes. Martabak Har ini sudah lama banget dirintisnya, dan udah mulai membuka cabang di beberapa wilayah di Indonesia. Martabak telor ini disajikan lengkap dengan kuah kari yang nyummmy banget buat disantap, baik saat pagi, siang ataupun malam.

5. Mie Celor 26 ilir

Mie Celor 26 ilir via https://www.facebook.com

Kalo yang ini beneran enak banget deh. Mie kuning yang disajikan bersama telur ini, membuatnya makin "lemak nian" setelah disirami dengan kuah kental kaya rempah. Nyam!

6. Laksan

Kuliner tradisional ini meupakan kuliner yang paling bisa kamu jumpai saat hajatan. Bahan bakunya berupa ikan dan sagu. Setelah diolah dan dikukus, laksan kemudian disiram dengan kuah santan.

7. Pempek Panggang

Pempek Panggang via https://www.facebook.com

Sajian pempek yang satu ini juga bisa kamu temukan di Palembang. Pempek ini disajikan tanpa cuka. Judulnya aja pempek panggang. Jadi, sebelum dipanggang, dibagian tengah pempek ini akan diisi oleh sejenis hasil ulekan cabe dan udang ebi. Kemudian untuk menambah rasa nikmatnya, setelah dipanggang, tuangkanlah kecap, dan "kresss", Lemak nian!

8. Kriukknya Kemplang Panggang

Nah yang terakhir, Kemplang Panggang. Kemplang ini berbeda dengan kerupuk ikan yang biasa juga dijual umum di Palembang, karena proses pembuatannya dipanggang, atau dibakar di depan bara api. Kemplang ini bisa dijadikan cemilan, oleh-leh atau teman makan lho.

Jadi gimana? Yuk cicipin kuliner di Palembang yang lemak-lemak ini.