Kita tahu, setiap individu dari kita pasti ingin sukses. Masalahnya, kita tidak tahu bagaimana harus memulainya. Selama ini, sebagian besar dari kita beranggapan orang-orang yang sukses era sekarang ini adalah mereka yang sudah memiliki modal finansial dari lahir. Jadi gampang saja mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan. Memang sih, hal itu ada benarnya tapi sebenarnya kita yang tanpa modal pun bisa sukses kok. Ini dia kunci rahasia mewujudkan mimpi kesuksesan menjadi nyata:

1. Buat daftar mimpi

Dream list via http://google.co.id

Kita adalah nahkoda dari diri kita sendiri, langkah yang sangat diperlukan untuk mewujudkan mimpi menjadi nyata adalah berani untuk bermimpi dan putuskan apa yang kita inginkan dalam hidup.

Ambil sebuah buku kosong. Mulailah membuat catatan berisi tentang daftar-daftar mimpi yang ingin diwujudkan. Sekalipun itu adalah an out of the box dream. Sama halnya dengan menulis sebuah essay. Pertama, kita harus membuat rancangan garis besar dari mimpi kita. Tulis secara detail mimpi-mimpinya supaya semakin termotivasi untuk mewujudkannya. Lalu, kembali uraikan rancangan mimpi itu menjadi tujuan-tujuan berjangka waktu yang bisa diwujudkan dalam waktu dekat.

Misalnya mimpi utama kamu adalah ingin memiliki berat badan ideal. Tulis saja: saya akan dengan mudah mendapatkan berat 50 kg di tahun ini. Kemudian, tulis tujuan-tujuan kecil untuk menggapainya, seperti: saya akan patuh menjalankan program diet, juga saya akan rutin berolahraga.

Oiya, Supaya makin termotivasi lagi. Kamu juga bisa menambahkan gambar tentang tubuh ideal yang ingin capai sebagai bentuk visualisasi mimpi. Kamu bisa membayangkan seolah-olah telah menggapai mimpi yang tervisualisasikan dari gambar itu.

2. Take action

Advertisement

Beraksi via http://google.com

Kita tahu, yang membedakan antara winners dan losers dalam hidup ini adalah tindakan mereka. Jika kita ingin membuat mimpi kita menjadi nyata, kita bukan hanya perlu memutuskan apa yang kita mau dan membuat daftar tentang mimpi kita. Semua itu akan percuma jika kita tidak mewujudkannya dalam tindakan secara konsisten.

Seminim apapun modalnya, jangan takut untuk memulai, ya. Nanti seiring berjalannya waktu, pasti ada perubahan kok. Kebanyakan orang tak pernah mendapatkan apa yang mereka inginkan karena ketakutan mereka sendiri yang menghentikannya. Katanya sih, mereka takut membuat kesalahan, terlihat bodoh, terasingkan dan terluka. Hadeeeh… nggak usah hidup aja deh spesies kayak gitu. Kapan majunya? Kapan belajarnya kalau nggak mau salah?

3. Selalu berpikiran positif

Pikiran positif via http://google.co.id

Jika kita percaya pada apa yang kita inginkan, kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan. Jadi kita harus selalu berpikiran positif, supaya kita mendapatkan hasil yang positif juga. Dan ketika kita mendapati diri kita mulai mengatakan hal yang negatif tentang mimpi yang sudah setengah jalan ini, segera hentikan pemikiran itu! Tarik nafas panjang dan katakan: "Aku pasti bisa! Semangat!"

4. Jangan pernah menyerah

Don’t give up! via http://google.co.id

Halangan dan rintangan dalam sebuah perjalanan mewujudkan mimpi itu pasti ada. Sudah menjadi hal biasa jika kita gagal dalam perjalanan mewujudkan mimpi. Selama kita tidak menyerah, kita pasti akan menemukan jalan lain untuk kembali melanjutkan perjalanan mewujudkan mimpi itu. Just say it: "It’s okay, We will find another way ".

5. Berdoa dan bersedekah

Selalu berdoa dan bersedekah via http://google.co.id

Yang terakhir, setelah berbagai macam usaha yang kita lakukan untuk mewujudkan mimpi, kita juga perlu mengikutsertakan campur tangan Tuhan dalam rencana kita. Rayu dengan berdialog empat mata dengan-Nya agar dimudahkan perjalanan kita, dan terkabulkan keinginan kita. Juga jangan lupa untuk berbagi sebagian hasil yang kita dapatkan atau miliki dengan sesama. Hal ini akan membuat peluang mimpi kita terwujud semakin nyata. Siapa tahu orang yang kita tolong, berdoa untuk kita dan doa itu terkabulkan.