Dalam rangka Kompetisi Menulis Online: #MusimMusikdanFilm yang diadakan oleh Hipwee, kali ini saya akan mengulik tentang film-film slice of life (kehidupan) yang akan memotivasi hidupmu. Banyak film di dunia ini, namun dari sekian banyak film tersebut ada beberapa di antaranya yang memiliki cerita berkualitas tinggi dan juga sarat makna tentunya. Berikut 7 film slice of life yang memotivasimu. Here we go!

1. Whiplash

Diperankan oleh Milles Teller (The Spectacular Now, War Dogs, Divergent) dan aktor kawakan J.K Simmons (La La Land, Juno, Zootopia). Film ini mengisahkan tentang Andrew, mahasiswa jurusan musik konsentrasi drum yang memiliki pengajar superkiller, sampai-sampai ada isu yang mengatakan bahwa dulu ada mahasiswanya yang meninggal karena stres. Meskipun begitu, Andrew dengan gigihnya berjuang untuk menjadi drummer terbaik. Film ini mengajarkan kita untuk tetap berjuang dan pantang menyerah. Perjuangan yang menyakitkan sekalipun tidak akan pernah sia-sia, pasti akan menghasilkan sesuatu yang berharga bagi hidupmu.

2. 50/50

Berdasarkan kisah nyata, seorang pria bernama Adam (Joseph Gordon-Levitt) yang harus menerima kenyataan bahwa dirinya menderita kanker. Tetapi, sahabatnya Kyle (Seth Rogen) yang konyol selalu ada untuk dirinya dan terus menyemangatinya. Banyak hal-hal kocak yang terjadi di antara keduanya yang membuat kita tertawa, terharu dan menyadari bahwa sahabat sejati itu ada. Dibumbui juga dengan kisah romantis antara Adam dan seorang dokter muda bernama Katherine (Anna Kendrick). Film bromance sekaligus drama romantis yang patut kamu tonton. Film ini akan menginspirasimu untuk terus berjuang menghadapi penyakitmu. 

3. Usagi Drop

Usagi Drop via https://meltik.com

Advertisement

Kini kita beralih ke negeri Sakura dengan film animasinya (biasa kita menyebutnya dengan anime). Usagi Drop mengisahkan tentang pemuda yang sudah mapan, bekerja untuk menghidupi dirinya. Namun kehidupannya berubah total, ketika dia memutuskan untuk mengasuh seorang gadis kecil sekalipun ditentang oleh keluarga ibunya. Film yang lucu, mengharukan dan penuh inspirasi. Film ini mengajarkan kita untuk menjadi seorang ayah yang baik, bertanggung jawab dan lebih memahami pola pikir seorang anak kecil.

4. Lovely Man

Kali ini kita beralih ke negeri sendiri, Lovely Man adalah film bertemakan LGBT. Disutradarai oleh Teddy Soeriaatmadja (Banyu Biru, Something in the Way) dan diperankan oleh Donny Damara yang berperan sebagai seorang ayah sekaligus waria. Film yang mengisahkan tentang seorang anak perempuan yang mencari ayahnya ini membuat penonton Jepang terharu, mereka berkomentar bahwa cerita film ini sederhana namun penuh makna dibandingkan film jepang sendiri yang lebih kompleks (baca: rumit).

5. The Kite Runner

The Kite Runner via http://urdutvshows.com

Film yang dibuat berdasarkan novel Khaled Hosseini dengan judul yang sama. Film ini ber-setting sebelum Afghanistan mengalami kekacaun dan perang. Mengisahkan tentang dua sahabat, seorang anak majikan dan seorang anak bawahan. Mereka selalu bermain bersama, sampai suatu hari salah satunya mengalami pelecehan seksual dan mereka pun terpaksa harus berpisah karena perang di Afghanistan akan segera berkecamuk. Kisah tentang persahabatan yang mengharukan dan penuh inspirasi, mengajarkan kita untuk tidak lupa berasal dari mana kita dan siapa orang-orang yang dulu pernah hadir dalam kehidupan kita.

6. The Breakfast Club

The Breakfast Club via http://newsweek.com

Apakah kamu pernah mendengar film satu ini? Jika pernah, beruntunglah kamu pernah menontonnya karena film ini mengajarkan kita tentang perbedaan, khusunya dalam strata sekolah. Mengisahkan tentang beberapa anak yang dihukum bersama, ada si olahragawan, si anak nakal, si cantik populer, si aneh, dan si pintar. Mereka akhirnya saling bercerita tentang satu sama lain, tentang keluarga, teman, sekolah hingga diri mereka sendiri. Banyak pembelajaran yang kita dapat dari setiap percakapan mereka, semisal si nakal yang kita kira selalu membuat rusuh pun memiliki perasaan dan sisi lain yang tak banyak orang ketahui. 

7. Provoked

Berdasarkan kisah nyata, tentang seorang wanita bernama Kiranjit Ahluwalia ( Aishwarya Rai) yang dijodohkan dan di bawa ke Inggris. Di sana mengalami kekerasan rumah tangga selama bertahun-tahun. Puncaknya, dia membakar suaminya hingga akhirnya tewas. Dia didakwa melakukan pembunuhan yang nyatanya dia hanya membela dirinya, namun dia hanyalah seorang wanita lugu tak berdaya dan akhirnya harus mendekam di penjara. Dibantu oleh LSM setempat, dia pun memperjuangkan haknya untuk bebas dari dakwaan. Ladies, kamu wajib menonton film satu ini.

Okay, itulah 7 film slice of life yang sarat makna. Semoga artikel kali ini bisa menginspirasi sekaligus menambah watchlist-mu. Jika ada film-film keren lainnya yang terlewat (semisal Shawshank Redemption, Forrest Gump, dll), silahkan tambahkan di kolom komentar. Terima kasih.