Menjadi negara yang banyak dikenali di seluruh penjuru dunia tentu memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya bisa menjadi negara yang bisa memberikan pengaruh bagi kebijakan-kebijakan di dunia, atau juga bisa menjadi panutan negara-negara lainnya.

Lantas, bagaimana sih cara supaya Indonesia bisa menjadi negara terkenal di seluruh dunia? Nah, mungkin cara-cara berikut ini bisa menjawab pertanyaan barusan. Langsung saja, yuk simak dengan seksama.

 

1. Film menembus dunia internasional

Jika ada yang bertanya manakah film Indonesia yang paling sukses di dunia internasional? Semua rata-rata pasti menjawab ‘The Raid’. Film ini memang mendapat perhatian dari luar negeri karena filmnya yang sangat bagus.

Nah, kalau dari satu film yang menembus banyak negara nama Indonesia mulai dikenal, bagaimana kalau dari belasan atau puluhan film yang bisa menembus banyak negara? Tentu hal ini akan semakin membuat nama Indonesia dikenal di berbagai penjuru dunia.

2. Budaya yang mendunia

Budaya Yang mendunia

Budaya Yang mendunia via https://deviantart.net

Budaya merupakan salah satu hal yang sangat penting dan dapat menjadi identitas di suatu negara. Jika pemerintah Indonesia bisa dengan bagus mempromosikan budaya Indonesia yang sangat banyak dan unik ini, bukan hal mustahil negara ini akan semakin dikenal banyak orang.

Adapun kebudayaan Indonesia misalnya adalah tarian, nyanyian, sampai produk seni sudah seharusnya bisa dimaksimalkan sebaik mungkin oleh pemerintah untuk dipromosikan. Salah satu caranya mungkin dengan mengikuti berbagai pameran budaya kelas dunia. Dengan cara ini, Indonesia secara perlahan bisa semakin dikenal dunia.

3. Potensi pariwisata yang dimaksimalkan dengan baik

Raja ampat

Raja ampat via https://airpano.com

Setiap wisatawan asing yang datang ke Indonesia, mungkin yang dikenal hanyalah Bali, Borobudur, dan Lombok. Selebihnya, hanya wisatawan asing yang memang benar-benar niat ingin menjelajah Indonesia lah yang pergi ke berbagai tempat wisata selain yang tadi sudah disebutkan.

Sebenarnya, jika pemerintah Indonesia bisa mempromosikan semaksimal mungkin tempat wisata di berbagai penjuru Indonesia, bukan tidak mungkin akan banyak sekali wisatawan asing yang datang ke Indonesia. Bukan hanya datang ke Bali atau Borobudur saja, namun ke berbagai tempat wisata di berbagai penjuru Indonesia.

Sampai akhirnya Indonesia pun semakin terkenal karena banyak tempat wisata yang begitu indah dan menakjubkan.

4. Berprestasi dan menjadi raksasa olahraga

Bulu Tangkis

Bulu Tangkis via https://aktual.com

Dari bidang olahraga, mungkin kita boleh sedikit berbangga diri karena bulu tangkis kita cukup sangat disegani oleh banyak negara. Tercatat banyak sekali prestasi yang berhasil ditorehkan oleh atlet-atlet bulu tangkis nasional di kancah kejuaraan internasional. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu raksasa olahraga di bidang bulu tangkis.

Sekarang coba kamu bayangkan jika Indonesia bisa berprestasi di cabang olahraga sepakbola, yang sudah kita ketahui bersama olahraga ini merupakan olahraga paling populer di dunia. Waaw, tentu akan banyak sekali orang-orang di berbagai belahan dunia mengetahui negara Indonesia.

5. Prestasi yang dilakukan oleh presidennya

soekarno hatta

soekarno hatta via https://deviantart.net

Presiden bisa dikatakan sebagai simbol dari suatu negara. Kalau presidennya baik dan mempunyai banyak prestasi, maka negara yang dipimpinya itu akan secara langsung terkena dampak positifnya. Sebaliknya, jika presidennya buruk maka negara yang dipimpinnya tersebut akan memiliki stigma buruk.

Intinya, jika presiden Indonesia memiliki banyak prestasi, tentu hal ini akan menjadi sorotan banyak pihak. Indonesia pun akhirnya bisa semakin banyak di kenal di berbagai penjuru dunia.