Libur Telah Tiba - Libur Telah Tiba, Horee!

Mungkin kita sedikit bernonstalgia ketika mendengar lagu anak-anak diatas yang populer pada tahun 90-an, lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi Cilik Tasya Kamila.

Liburan memang selalu menjadi topik menarik dimana pun kita berada, baik di sekolah, kuliah maupun di tempat kerja. Disetiap tempat kerja dan kuliah kamu pasti ada seseorang teman yang disebut sebagai “Mister Hari libur” yang paling mengetahui kapan tanggal merah, kapan cuti bersama dan kapan hari libur panjang.

Nah kalau seandai nya di bulan tertentu banyak tanggal merah karena peringatan ini dan itu biasa nya banyak dari kita yang bersemangat, pembicaraan di tempat kerja selama sebulan itu tak luput dari pertanyaan “kapan Libur?”  “liburan mau kemana?” dan lain-lain sebagai nya.

Apalagi di bulan April dan Mei  Tahun ini dipenuhi dengan berbagai tanggal merah dan cuti bersama, tentu sudah terbayang Libur Panjang yang akan menanti kiita di bulan ini!

Harus kita akui, siapapun orang nya dan apapun profesi nya pasti menyukai yang nama nya hari libur. Libur bisa diartikan istirahat sejenak dari tekanan kerja dan tekanan kuliah yang tak henti-henti nya datang kepada kita. Bahkan ada pula yang mengartikan hari libur ini dengan hari malas, arti nya hari libur adalah hari dimana kita tidak melakukan apapun dan menghabiskan hari diatas kasur dan ditemani smartphone.

Eiiits, tunggu dulu, Liburan memang waktu yang pas untuk melepas diri sejenak dari tugas-tugas kantor dan kuliah, namun lliburan dengan menghabiskan waktu bagi kita untuk bermalas-malasan dan melewati libur dengan sederetan aktifitas yang tidak bermanfaat bukanlah hal yang baik dan sangat tidak dianjurkan loh gaes!

Liburan itu adalah kesempatan kita untuk melakukan banyak hal yang tidak bisa kita lakukan di hari kerja. Jujur saja Guys, kamu pasti memiliki kegiatan yang kamu sukai namun jarang dilakukan karena kesibukan profesi, nah hari libur bisa menjadi kesempatan kamu untuk melakukan hal yang kamu sukai sepuas nya.

Banyak orang yang kehilangan semangat ketika Hari pertama bekerja, hal ini disebabkan mereka melalui hari libur dengan kemalasan dan kegiatan yang tidak bermanfaat seperti tidur, main game, nonton tv yang berlebihan, sehingga mereka tidak mendapatkan gairah ketika bekerja.

Walaupun kelihatan nya sepele, namun jadwal kegiatan hari libur juga harus dipersiapkan dengan baik loh gaes! Apalagi bagi kita yang jarang mendapatkan jatah libur panjang, tentu nya rencana liburan juga harus dipersiapan sebaik mungkin.

Dengan mengisi waktu liburan dengan hal yang bermanfaat akan meningkatkan mood kita sehingga ketika akan memasuki hari pertama kerja atau sekolah setelah libur panjang, kita akan menjadi lebih semangat lagi.

 Nah disini ada beberapa hal positif yang bisa kamu lakukan agar liburan panjang kamu menjadi lebih bermakna dan Bermanfaat.

 

1. Mengerjakan Apa Yang Jadi Hobi Kamu Sepuasnya!

Lakukanlah Apa Yang Menjadi Minat Mu

Lakukanlah Apa Yang Menjadi Minat Mu via https://pixabay.com

Nah waktu liburan adalah waktu bagi kita untuk melakukan hobi kita sepuasnya tanpa takut ada nya tekanan dari kantor ataupun sekolah, mulai dari membaca, Jalan-jalan , main bola dan lain-lain.

Jika ada yang hobi adventure bisa melakukan pendakian gunung bareng teman-teman, ataupun sendirian.  Lalau jika kamu  hobi jalan-jalan, Backpacker ke luar negeri bisa jadi pilihan yang tepat bagi kamu untuk refreshing ketika libur, selain perasaan kamu menjadi Happy,

Atau bagi kamu yang memiliki hobi menulis, namun selalu terhalang dengan kesibukan kantor, maka hari libur bisa menjadi pelampiasan hobi menulis kamu tanpa terganggu oleh apapun.Dengan memuaskan hasrat hobi kamu bakal membuat kamu menjadi lebih semangat ketika akan memulai kerja ketika liburan telah usai.

2. Menjadi Relawan Kemanusiaan , Kenapa Tidak?

Menjadi Relawan Adalah Tugas Mulia loh!

Menjadi Relawan Adalah Tugas Mulia loh! via https://pixabay.com

Nah jika biasa nya kamu mengisi hari libur dengan kegiatan pribadi kamu saja, mengapa kamu tidak mencoba untuk menjadi relawan sosial ataupun kemanusiaan ketika liburan?

Menjadi relawan adalah hal yang sangat mulia loh gaes, kamu mempersembahkan ilmu dan tenaga kamu untuk orang yang membutuhkan. Menjadi relawan juga mempertemukan kamu dengan orang-orang yang baik karena mereka telah rela mengorban kan waktu liburan untuk memberi manfaat kepada orang lain.

Menjadi relawan tidak hanya ketika terjadi bencana saja loh gaes, kamu juga bisa menjadi relawan di berbagai bidang yang kamu minati seperti menjadi relawan pendidikan dengan bergabung dengan komunitas peduli pendidikan dan membagikan ilmu yang telah kamu dapatkan semasa sekolah, kuliah bahkan ketika kamu kerja kepada para generasi muda yang membutuhkan pengalaman dan ilmu kamu tersebut secara gratis.

Sangat banyak loh komunitas yang membutuhkan relawan untuk kegiatan, dan biasa nya kegiatan ini dilakukan ketika libur panjang, seperti Komunitas Kitabisa.com , Komunitas Indonesia Mengajar dan berbagai Komunitas relawan lain nya.

Dengan menjadi relawan kamu akan banyak mendapatkan banyak hal positif, diantara nya adalah rasa bahagia. Karena dengan membantu orang lain akan meningkatkan perasaan bahagia dalam diri kita, dan kamu bakal menyadari bahwa banyak hal di dunia ini yang tidak bisa didapatkan bahkan dengan uang sekalipun.

3. Mengunjungi Keluarga Dan Sahabat

Keluarga Adalah Segala nya

Keluarga Adalah Segala nya via https://pixabay.com

Kesibukan ditempat Kerja kadang membuat kita sulit bertemu dengan keluarga dan teman-teman kita, kalaupun bisa bertemu itupun hanya sebentar saja, sehingga kamu tidak bisa bercengkrama dengan mereka lebih lama. Apalagi bagi kamu yang sudah berkeluarga, Family time itu sangat penting demi keharmonisan rumah tangga, sehingga hari libur di tempat kerja ataupn kuliah bisa dimanfaatkan dengan baik.

Walaupun komunikasi sudah sangat maju seperti ada nya Call dan Video call, namun itu tidak cukup untuk mengobati rasa rindu mu kepada keluarga dan teman-teman. Nah ketika liburan adalah kesempatan yang  bagus bagi kamu jika ingin mengunjungi keluarga atau bertemu teman-teman sejawat yang sudah lama tidak bertemun di kampung, dan kamu bakal bisa bercengkrama dengan mereka . Suasana Asri dan tenang di kampong juga membuat kamu menjadi lebih rileks dan tenang setelah tinggal lama di kota yang begitu rebut dan sesak.

Sehingga setelah kamu puas mengunjungi keluarga dan teman teman dikampung, Pikiran dan badan kamu akan menjadi fresh lagi dan kamu akan lebih bersemangat lagi ketika kamu sudah memasuki hari kerja.

4. Merencanakan Masa Depan

Masa Depan Perlu Direncanakan Loh Guys!

Masa Depan Perlu Direncanakan Loh Guys! via https://pixabay.com

Bekerja keras memang bagus, namun jika bekerja membuat kamu lupa untuk merancang masa depan kamu, maka hal itu sangatlah tidak disarankan. Masa depan memang perlu direncanakan, supaya kamu memiliki tujuan dan target pencapaian yang jelas yang akan kamu capai didalam hidupmu. Kadang beban dan tekanan di dunia kerja dan kuliah menghabiskan energy kita seharian penuh, kita pun menjadi lupa dan capek merancang masa depan kita. Sehingga kadang jika kamu merasa down kamu akan kehilangan semangat dalam bekerja.

Waktu libur bisa juga kamu manfaatkan dengan merenungi dan merancang masa depan dan target-target besar kamu di tahun-tahun selanjutnya, karena hidup ini terlalu berharga jika hanya dihabiskan untuk bekerja saja Guys! Jika kamu sudah menikah, hal ini akan menjadi sangat bagus merancang masa depan keluarga ketika liburan

5. Ibadah Dan Perbanyak Intropeksi Diri.

Berdoa lah, hanya dengan Doa Kita Menjadi tenang.

Berdoa lah, hanya dengan Doa Kita Menjadi tenang. via https://pixabay.com

Nah ini yang paling penting guys! Ketika liburan kita memiliki waktu yang sangat banyak untuk beribadah kepada Allah dan mendekatkan diri kepada Nya, mulai dari membaca Al-Quran, mengikuti majelis pengajian dan intropeksi diri akan dosa-dosa yang sudah diperbuat.

Jika pada hari kerja kita sulit untuk mengikuti kajian-kajian keislaman atau kerohanian, maka waktu libur adalah hal yang sangat tepat. Dengan beribadah dan Intropeksi diri ketika libur, akan membuat kamu menyadari bahwa hal penting di dalam hidup ini sebenar nya Ibadah dan hal ini akan membuat jiwa dan mental kamu menjadi kuat ketika kamu menghadapi masalah dan tekanan yang ada di kantor ataupun kuliah

Itulah 5 Hal yang bisa kamu lakukan ketika liburan guys,  supaya liburan kamu menjadi lebih  bermakna  dan membuat kamu menjadi lebih semangat lagi dalam bekerja ataupun Kuliah.

Selalu semangat dan jangan lupa share tulisan ini ke teman-teman mu ya.

 

Tareq Al Bana, Kairo, Egypt.