Orang yang pinternya nggak ketulungan pun akan KO saat bertemu dengan yang namanya malas. Ide sebagus apapun hanya akan tersimpan rapi kalau nggak dikerjakan. Ahhhhh malas ini bandel banget sih, udah diniatin buat ngusir dia pergi tapi namanya juga malas ya tetap aja nongkrong. Gimana ya cara ngusirnya?

1. Malas itu kepribadianmu yang lain, tanya dia kenapa betah banget nongkrong dipikiranmu!

kamu butuh memahamimu kepribadianmu terlebih dahulu via http://ssclive.org

Berdamailah dan terimalah dirimu apa adanya. Nggak ada orang yang terlahir malas. Merenunglah sejenak dan bertanyalah pada dirimu sendiri, segala sesuatu pasti ada penyebabnya dan nggak muncul begitu aja,

Akan lebih mudah mengatasi si Malas kalau udah ketemu akar permasalahannya. Bisa jadi si malas betah nongkrong karena kita nggak tahu harus mulai mengerjakan darimana atau pekerjaan ini terlalu sulit dan bukan keahlian kita. Jadi bertanyalah pada orang yang ahli atau lebih senior! Atau mungkin pekerjaan ini bukan passion kita, tapi bukan berarti kita harus menundanya kan? Kita hanya harus bersahabat dan berusaha mengenalinya, betul nggak?

2. Katakan pada dirimu bahwa kamu itu rajin!

kata-kata adalah doa via http://ssclive.org

Advertisement

Loh apa maksudnya? Orang malas kok dibilang rajin. Ingat, kata-kata adalah sugesti loh. Jangan biasakan memulai pagi dengan berkata "Malas Ah" tapi mulailah dengan kalimat sugesti yang positif.

"Aku rajin, aku rajin, aku rajin."

Ulangi itu terus di dalam pikiranmu bahkan kalau perlu tulis kalimat positif lainnya dan lihat efeknya dalam beberapa waktu. Setidaknya si malas lama-lama akan ragu juga pada jati dirinya kan?

3. Miliki hobi yang dapat membangkitkan semangatmu!

melakukan hal-hal positif akan membantumu berpikir positif via https://littlewawan.wordpress.com

Kalau digambarkan, saat malas melanda awan mendung dan gelap akan berada di sekitar kita, semua energi positif akan hilang entah kemana dan untuk bangkit pun terasa berat.

Saat itu terjadi segera pikirkan dan lakukan hal-hal menyenangkan yang dapat membuatmu bersemangat dan lihat apa yang terjadi, pekerjaan yang terbengkalai nggak akan terlihat seberat itu lagi!

Pilihlah hobi yang tidak hanya sekedar menghabiskan uang tanpa ada bekasnya. Menghamburkan uang dan waktu sah-sah saja asalkan pengalaman serta skillmu bertambah, setidaknya itu bisa menambah rasa percaya dirimu dan bermanfaat bagi orang lain juga loh.

4. Jangan berharap dalam waktu singkat pekerjaan akan selesai! buat target harian!

membuat daftar kegiatan membantumu untuk lebih teratur via https://pulangpagi.wordpress.com

Pekerjaan yang menumpuk hanya akan menambah bebanmu dan mengundang rasa malas untuk bertamu. Mulai saat ini ambil secarik kertas dan pulpen kemudian tulis apa yang akan kamu lakukan hari ini untuk menyelesaikannya! Walaupun itu hanya sekedar mengumpulkan bahan-bahan atau mengetik 1 kalimat, lihat apa yang akan terjadi? Bukan 1 kalimat tapi satu paragraf bahkan mungkin lebih! Ayolah secarik kertas dan pulpen bukan barang yang mahal dan sulit kan?

5. Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain! Kamu juga punya kelebihan!

bersyukur membawa kebahagiaan via http://www.isigood.com

Membandingkan diri dengan orang lain nggak akan pernah membantu kita menyelesaikan masalah! Kalau mau jangan membandingkan tapi contohlah hal baik sebagai referensi. Kalau kamu terus saja memikirkan apa yang tidak kamu miliki, kamu hanya akan semakin frustasi dan pastinya bukan lagi rasa malas yang muncul tapi bisa juga lembah keputusasaan akan menelanmu!

Tersenyumlah dan syukuri apa yang kamu miliki sampai hari ini dan jangan membandingkannya dengan orang lain! Setiap orang itu berproses dan mungkin inilah proses yang harus kamu jalani. Namun ingat, jangan berlama-lama berkubang dalam lumpur masa lalu, masa depan masih menantimu dengan mentari yang cerah.

6. Kuatkan dirimu untuk melakukan apa yang kamu niatkan!

Kumpulkan kekuatanmu dan bertindaklah via https://www.thenationalcouncil.org

Berubah itu nggak semudah berbicara. Berubah itu membutuhkan kekuatan dan tekad yang besar!

Stop berangan-angan! It's time for action! Jangan mudah menyerah,

Ingat! Saat-saat yang paling sulit itu adalah permulaan, namun hidup kita tidak dilihat di awal namun di akhir.

Tetap Semangat guys, selama ada kemauan pasti ada jalan!