1. 1. Kurangi Penggunaan Tissue

Yuk beralih ke sapu tangan! via https://id.pinterest.com

Benda yang satu ini jarang banget absen dari tas cewek terutama buat yang suka make-up. Nggak hanya cewek, bahkan terkadang cowok yang nggak bawa tissue pun sampai minta-minta ke teman ceweknya, kan? Ayo, ngaku! Harganya memang nggak terlalu mahal sih, tapi bukan berarti kita bisa dengan sebebas-bebasnya menggunakan tissue ya, guys. Tau kah kalian dampak besar dari penggunaan tissue yang berlebihan bagi lingkungan? Yup, benda berbahan dasar 100% dari kayu atau pohon ini perlu perhatian dalam pemakaiannya. Karena, semakin meningkat penggunaan tissue akan semakin meningkat pula intensitas penebangan pohon dan perlu waktu bertahun-tahun untuk menunggu pohon hingga siap ditebang kemudian diolah. Hmm.. Sebagai gantinya, kamu bisa pakai sapu tangan yang jelas jauh lebih ramah lingkungan, selain itu juga bisa dipakai berulang dan yang terpenting lebih hemat uang kan guys karena nggak perlu beli tiap hari? Dengan kamu membiasakan memakai sapu tangan, you are the savior of the earth!

2. 2. Bawa Tumbler dan Kotak Makan di Tas

Bukan cuma anak TK doang kok yang bawa bekal via http://fakta.co.id

Jangan minder dulu guys buat bawa bekal ke kampus atau ke kantor. Karena, kebiasaan ini punya efek yang besar buat lingkungan dan diri kita juga, loh. Dengan bawa tumbler dan kotak makan, kualitas makanan yang kita makan jauh lebih terjamin dan yang pasti bisa menghemat uang makan. Secara nggak langsung kita telah beraksi dalam mengurangi penggunaan kemasan makanan atau minuman seperti botol plastik. Buat kamu yang selalu sedia dua benda ini di tas kamu, the real savior of the earth banget lah pokoknya!

3. 3. Cabut Colokan Gadget yang Nggak Terpakai

Colokan di rumah ada yang masih nyolok nggak? via https://encrypted-tbn2.gstatic.com

Advertisement

Kebiasaan kecil ini juga nggak bisa dianggap remeh. Alasannya sepele, karena lupa. Supaya nggak sering lupa, kamu harus pahami hal ini. Hemat listrik bukan hanya sekadar hemat biaya namun juga perlu hemat energi. Pemakaian listrik yang boros akan memicu berkurangnya pasokan listrik sehingga sering terjadi pemadaman bergilir. Nah, buat yang rumahnya sering kena pemadaman bergilir, yuk ingat-ingat buat cabut colokan listrik yang nggak terpakai!

4. 4. Bawa Reusable Bag Tiap Mau Belanja

Cewek yang belanja pakai reusable bag itu cantik. via http://i.huffpost.com

Hai para cewek! Adakah diantara kalian yang menolak ketika diajak belanja? Pasti langka kan? Dan apakah kamu juga selalu menolak ketika kasir menawarkan kantong plastik buat wadah belanja kamu? Pengurangan penggunaan kantong plastik sekali pakai ini merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk mengatasi masalah sampah plastik yang pemakaiannya nggak kekontrol. Sudah sepatutnya kita ikut andil buat dukung program pemerintah ini karena impact-nya juga buat masyarakat luas kok. Daripada sulit mendaur ulang sampah plastik, mending ganti deh pakai reusable bag!

5. 5. Pilah Sampahmu Sebelum Dibuang

Pilah dulu ya Pak, Bu, Om, Tante, Kak, Dek, Sayang *eh via https://s-media-cache-ak0.pinimg.com

Nah ini nih, masalah yang krusial banget. Dari duduk dibangku TK pun kita pasti sudah familiar dengan tagline “Jangan Buang Sampah Sembarangan” tapi sayangnya masih ada aja yang hobi buang sampah sembarangan. Padahal dengan tindakan sederhana “buang sampah pada tempatnya” ini besar banget manfaatnya. Bayangkan jika daerah perkotaan terbebas dari sampah, selain makin indah dan nyaman, hal ini juga bisa menarik minat wisatawan asing untuk berkunjung, selain itu bisa mencegah kerugian akibat terjadinya banjir. Dengan membuang sampah pada tempatnya, berarti kamu telah memberi kontribusi untuk masa depan kota yang lebih baik. Oh, iya jangan lupa untuk selalu memilah sampahmu sesuai jenis sebelum membuangnya ya!

6. 6. Tanam Tanaman di Pekarangan Rumah

Tanamkan cinta di hatimu boleh? hehehe via http://berkebun.id

Menanam tanaman di pekarangan rumah merupakan cara paling ampuh kalau kamu mau rumahmu tetap asri, sejuk dan berpemandangan cantik. Cara ini juga sekaligus membuktikan bahwa kamu sudah memberikan kontribusi untuk lingkungan. Pohon berperan sebagai penyerap CO2, tingginya kadar CO2 di atmosfer bumi juga merupakan masalah krusial selain sampah. Kalau pekarangan rumah nggak terlalu luas bisa dengan menanam tanaman di pot atau menggunakan teknik hidroponik yang didesain untuk mengatasi solusi lahan yang terbatas. Bisa menggunakan paralon atau botol bekas yang ditempel di tembok. Banyak manfaat yang bisa dirasakan dari menanam tanaman di rumah. Salah satunya, misal menanam cabai, proses penanamnya relatif mudah, menggunakan media tanam berupa kombinasi tanah, pupuk kompos atau sekam bakar. Dapat ditanam menggunakan wadah pot plastik atau polybag. Hingga usia siap dipetik memerlukan waktu sekitar 3-6 bulan. Lumayan kan guys buat mengatasi solusi harga cabai kalau lagi melonjak?

7. 7. Jangan Buang Bekas Air Wudhu

Daripada dibuang mending dialihfungsikan! via https://encrypted-tbn3.gstatic.com

Cara satu ini bisa diterapkan demi mengurangi penggunaan air. Dikutip dari laman National Geographic Indonesia (22/03), mengatakan bahwa “Sebanyak 99% lebih jumlah air di bumi adalah air asin atau beku yang tak bisa digunakan untuk minum, mandi, atau menyirami tanaman. Forum Ekonomi Dunia menempatkan isu krisis air pada posisi nomor satu sebagai tantangan global yang akan dihadapi dalam satu dekade mendatang.” Nah, salah satu solusi mudah mengurangi penggunaan air ya dengan nggak membuang bekas air yang biasa dipakai buat berwudhu. Caranya gampang banget, cukup dengan menaruh wadah seperti ember di bawah keran di rumah dan sosialisasikan ke anggota keluargamu agar turut mengurangi penggunaan air. Setelah ember penuh, air bisa dialihfungsikan buat menyirami tanaman. Lumayan kan guys buat menghemat air, daripada harus dibuang gitu aja?

8. 8. Matikan Lampu Saat Siang dan Menjelang Tidur

Tinggal pencet doang kok, nggak susah! via https://encrypted-tbn2.gstatic.com

Kebiasaan satu ini juga masih suka dilupakan oleh sebagian orang. Apalagi, disaat sedang sibuk-sibuknya, sampai lupa buat mematikan saklar lampu yang menyala di ruangan. Tapi, kebiasaan lupa ini bisa dihilangkan kok, asal kita paham dulu masalahnya. Semakin banyak orang yang menyadari dampak pemborosan konsumsi listrik dan memulai kebiasaan hemat listrik, ini sama aja memberi bukti nyata menyelamatkan bumi dari sekarat. Saat siang, kita bisa manfaatkan sinar matahari buat penerangan. Usahakan nggak menyalakan lampu kalau nggak penting. Kalau ternyata rumahmu cukup gelap, bisa diatasi dengan memasang model atap tembus cahaya matahari, jadi nggak perlu pakai lampu siang hari deh. Selain itu, matikan juga lampu kalau mau beranjak tidur. Tidur dalam kondisi gelap dapat memicu otak untuk melepaskan zat melatonin yang berfungsi merangsang cepat tidur. Lumayan kan guys buat mencegah mata panda akibat kurang tidur? Buat yang suka insomnia, bisa dicoba nih caranya!