Blog sebagai sebuah aplikasi web dalam bentuk tulisan saat ini memang telah menjadi sebuah fenomena yang begitu bombastis. Bagaimana tidak, dengan segala dukungan dan tawaran menguntungkan yang ada pada blog ini maka tak jarang kemudian membuat banyak orang menekuni kegiatan blogging. Orang-orang yang menjalankan blogging yang disebut blogger ini sendiri bukan tak ada alasan melakukan ini.

Dengan blog, mereka para blogger ini bisa mengekspresikan dirinya sekaligus juga mendapatkan penghasilan yang terbilang menggiurkan. Nah dari sinilah kemudian muncul banyak blogger dan blog yang ada di dunia maya. Mereka di jaringan internet berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian dari pengunjung agar blognya jadi eksis dan populer.

Benarkah persaingan di dunia blogging saat ini meningkat tajam?, kalau saya menjadi ya dan signifkan. Lalu, apa yang harus saya lakukan?

Untuk menjawab hal itu, perlu beberapa acuan yang menjadi dasarnya seperti metode, cara penyampaian informasi, tema artikel dan strategi yang ditempuh. Berikut akan saya paparkan secara rinci dengan harapan informasi ini bisa membantu.

 

1. Tetaplah Untuk Memberikan yang Terbaik

komikfeed.com

komikfeed.com via https://i2.wp.com

Tips pertama untuk bisa tetap eksis dari persaingan di dunia blogging adalah dengan tetap memberikan yang terbaik dari blog Anda. Ya, seperti layaknya sebuah persaingan bisnis maka seseorang memang harus memberikan hal yang terbaik bagi para calon konsumennya. Untuk kasus terkait blog ini maka Anda juga harus memberikan yang terbaik juga untuk visitor dan netizen. Bagaimana caranya? Jika bisnis mereka harus memberikan produk dan layanan terbaik, maka untuk blog maka seorang blogger harus membuat konten blog mereka juga berkualitas.

Selain itu jangan lupa juga untuk menjadikan tampilan blog Anda dengan tampilan yang terbaik. Ya, karena blog ini adalah sebuah aplikasi web yang dimanfaatkan dengan cara melihat maka soal tampilan ini memang tidak bisa dikesampingkan. Ia haruslah mendukung dengan adanya konten terbaik tadi. Jika kedua hal ini saja bisa Anda penuhi maka peluang Anda untuk menjadikan blog tetap eksis akan semakin besar.

2. Metode dalam berbagi

komikfeed.com

komikfeed.com via https://i2.wp.com

Memberikan informasi kepada pembaca haruslah disampaikan dengan cara yang tepat, efektif dan efesien. Kita harus mengerti dengan keperluan informasi yang kita suguhkan, sebab jika informasi itu hanya sekedar tulisan yang tidak mengandung banyak manfaat, maka pembaca akan cepat bosan.

Maka dari itu, usahakan semaksimal mungkin untuk memberikan informasi yang memang bisa memberikan pengaruh dan manfaat yang amat penting bagi pembaca, seperti informasi kesehatan yang memang benar-benar membantu.

3. Jadikan Blog Anda Unik dan Memiliki Pembeda

komikfeed.com

komikfeed.com via https://i1.wp.com

Memang saat ini dengan banyaknya blog yang bermunculan maka hampir semua tema (niche) blog sudah ada dan bisa kita jumpai. Maka dari itu jika Anda menghendaki niche blog yang benar-benar baru sepertinya akan akan mustahil. Jika pun ada, sepertinya niche blog yang didapat adalah tema blog yang kurang begitu diminati banyak orang.

Nah untuk itulah bila tema blog Anda memang sudah ada atau bahkan banyak yang memakainya, maka Anda tak perlu khawatir. Anda sebagai blogger bisa melakukan strategi diferensiasi (pembedaan) agar muncul keunikan tersendiri pada blog Anda. Strategi diferensiasi ini sendiri juga sering dilakukan oleh sebuah bisnis untuk bisa membuat pembeda.

Lalu bagaimana caranya untuk menjadikan blog berbeda? Caranya adalah bisa jadi Anda menghadirkan konten yang lebih orisinil atau juga artikel yang didukung dengan riset dan penelitian serta video. Namun ini adalah salah satu contoh saja, Anda bisa menjalankan teknik lain untuk membuat perbedaan dengan terlebih dahulu melihat blog kompetitor.

4. Cara penyampaian informasi

komikfeed.com

komikfeed.com via https://i2.wp.com

Sebaiknya gunakan bahasa yang disesuaikan dengan kebutuhan informasi tersebut. Tentunya akan sangat berbeda jika informasi yang akan disajikan kepada para pelajar dengan para pembaca umum. Untuk kalangan pelajar atau mahasiswa, sajian informasinya akan lebih terstruktur dan terkerangka sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditentukan.

Untuk informasi yang sifatnya opini, tajuk, atau informasi seputar kesehatan, bisnis dan lain sebagainya haruslah disesuaikan dengan pemahaman para pembaca. Oleh karena itu, dalam hal ini kita sudah harus tahu siapakah yang akan menjadi calon pembacanya, sehingga dengan begitu kita akan tahu bagaimana cara menyampaian informasi yang tepat kepada mereka.

5. Tema artikel dan strategi yang ditempuh

komikfeed.com

komikfeed.com via https://i2.wp.com

Pemilihan keyword atau judul tulisan juga menjadi dasar yang penting agar kita mampu bersaing dengan yang lain. Pemilihan judul artikel juga sangat menentukan kualitas artikel kita, maka dari itu sebaiknya kita harus pintar memilih apa saja tema yang menjadi daya tarik yang tinggi bagi para pembaca untuk membacanya.

Strategi adalah cara kita untuk mempromosikan artikel kita kepada para pembaca, baik itu dengan teknik SEO untuk mesin pencari atau share ke media social untuk memancing pembaca.