Manusia hidup di dunia tidak pernah jauh dari kata masalah, hanya saja seberapa tingkatan level masalah tersebut. Bukan karena tidak sayang tapi masalah ini adalah ujian kita dalam hidup. Semakin tinggi iman yang dimiliki manusia maka semakin tinggi tingkatan masalah yang datang tapi tidak akan melebihi batas kemampuan batas manusia tersebut. Berikut adalah cara untuk menyelesaikan masalah :

 

1. Dengan mendirikan sholat, membuat jiwa menjadi tenang

Makna di Balik Sholat Lima Waktu

Makna di Balik Sholat Lima Waktu via http://michiru-uchiha.blogspot.co.id

Bersujud dan berdoa kepada Yang Maha Esa merupakan obat yang paling manjur dalam menyelesaikan masalah di dunia ini. Penuhnya sholat lima waktu ditambah sholat-sholat sunnah akan menjamin insan lebih kuat dalam menghadapi ujian kehidupan.

2. Sering berdzikir dan Mengagungkan Asma'ul Husna

Bertasbih dan Berzikir

Bertasbih dan Berzikir via http://www.elhooda.net

Subhanallah, Alhamdulillah, Astagfirullah, AllahuAkbar, La ilaha illallah dan Allahu Akbar merupakan kumpulan kata yang sangat indah untuk diucapkan setiap hari dan di dendangkan dalam hari. Insya Allah dapat membuat hari menjadi lebih tegar dalam menghadapi semua persoalan.

3. Membaca Al-Qur'an Setiap Hari Serta Mengamalkannya

Al Qur'an

Al Qur'an via http://wahdah.or.id

Dalam kitab suci Al-Qur'an terdapat banyak pelajaran yang bisa dipahami untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari karena Al-Qur'an merupakan pedoman para umat muslim. Mendengarkan pembacaan ayat Al-Qur'an membaut kita lebih nyaman dan tegar menghadapi segala masalah sebesar apapun.

4. Mendatangi Pengajian dan Berkumpul dengan Orang Sholeh maupun Sholehah

Berkumpul dengan para alim ulama serta berada dalam lingkungan orang sholeh maupun sholehah adalah hal yang paling menyenangkan di dunia. Karena kita akan berjalan pada jalan yang benar dan terhindar dari kekhilafan. Dengan berkumpul dengan mereka, kita bisa mengungkapkan masalah dan mereka bisa membantu menyelesaikan dengan cara yang tepat sesuai kaidah islam.

5. Meminta Maaf Atas Kesalahan Yang Telah di Perbuat

Minta Maaf dan Memaafkan

Minta Maaf dan Memaafkan via http://penakehidupan.com

Diwajibkan kita meminta maaf dan saling memaafkan terhadap saudara sesama muslim atau lain agama. Karena dengan ucapan maaf kita bisa meredakan masalah yang ada dan dipikirkan. Terlebih lagi seseorang yang hebat adalah orang yang dengan ikhlas memaafkan kesalahan atas yang diperbuat orang lain.