Twitter sebagai salah satu media sosial paling banyak digunakan, selalu saja bisa menjadi parameter tentang satu isu yang tengah ramai dibicarakan. Walau dibatasi hanya 140 karakter, Twitter buktinya mampu bertahan dan tetap menjadi situs andalan banyak orang. Dengan konsep micro blogging, Twitter seperti memaksa para penggunanya untuk selalu kreatif, interaktif, dan responsif.

Dari cuitan-cuitan yang wara-wiri di linimasa jutaan orang di Twitter, kita mengenal istilah selebtwit. Adalah mereka yang punya akun Twitter dengan jumlah pengikut yang super banyak. Mereka yang biasanya publik figur dan punya pengaruh terhadap banyak orang. 

Seperti biasa, dalam beberapa periode tertentu, Twitter Indonesia melalui PR Agency yang mereka tunjuk. Saya dikirimi siaran pers yang berisi berita tentang konten paling populer di Twitter. Memasuki minggu kedua bulan Ramadhan, berikut ini enam akun Twitter paling populer selama periode minggu pertama bulan Ramdhan tahun ini.

 

1. @jokowi -- akun baru Pak Presiden yang baru ini sukses mencuri perhatian Netizen.

Alhamdulillah ya, pak. Sesuatu!

Alhamdulillah ya, pak. Sesuatu! via https://twitter.com

Isi cuitannya sederhana,

"Alhamdulillah bisa sahur bersama keluarga. Selamat berpuasa saudaraku semua. Ini tweet pertama saya sebagai Presiden"

Yang membuat cuitan Pak Presiden spesial adalah cuitan pertama beliau sebagai seoarang Presiden. Sebelumnya Jokowi menggunakan akun lain dari yang (kita tahu) sempat beliau gunakan. 

Terlepas dari kabar keberadaan akun baru ini, yang menarik justru cuitan pertama ini masuk dalam daftar cuitan paling populer! Dari ratusan akun selebtwit dengan jutaan follower, akun baru milik Pak Presiden ini berhasil mencuri perhatian. Itu artinya sosok Jokowi lebih menarik dibanding selebtwit yang lain.

2. @basuki_btp -- Pak Gubernur yang justru tidak berpuasa.

saya selalu merasakan starstruck tiap kali bertemu beliau

saya selalu merasakan starstruck tiap kali bertemu beliau via https://twitter.com

Akun kedua ini ternyata juga bukan berasal dari dunia hiburan. Nyatanya politikus dan pejabat masih punya taring di dunia maya. Ahok melalui akun Twitter pribadinya, @basuki_btp, mencuri slot akun paling populer minggu ini. Isi cuitan beliau, 

"Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Semoga semangat kerukunan terus membayangi kita semua."

Sebagai seorang pejabat pemerintah, sosok Ahok memang punya porsi yang besar. Baik dalam pemberitaan media, maupun perhatian masyarakat pada umumnya. Ahok hadir dengan karakter yang beda, khas, dan punya nilai jual. Salah satunya adalah dengan memposkan cuitan ini. Bukti Ahok yang menjunjung keberagaman dan toleransi.

3. @MTLovenHoney -- Pak Motivator yang senantiasa super

menurut gue sih, yang juga patut diberi kredit, adalah Ilustratornya Pak MT ;)

menurut gue sih, yang juga patut diberi kredit, adalah Ilustratornya Pak MT ;) via https://twitter.com

Punya program reguler sendiri di teve nasional, membuat Mario Teguh semakin sulit lengser dari daftar motivator paling berpengaruh di Indonesia. Begitu juga dengan tujuh hari pertama di bulan puasa ini. Akun Twitter Mario Teguh masih unjuk gigi.

Sebagaimana seorang Motivator, mereka diberkahi dengan kalimat-kalimat inspirasional yang punya kekuatan magis. Yang bisa membuat ribuan orang kembali bersemangat. Begini isinya:

"Tuhan, aku ingin membahagiakan Ibu dan Ayahku dalam umur yang panjang dan sehat, maka mampukanlah aku. Tuhan, mohon jadikanlah aku anak sandaran kedamaian dan kesejahteraan masa tua kedua orang tuaku"

Coba? Siapa yang nggak tersentuh dengan kalimat itu? (kemudian nangis)

4. @radityadika -- padahal (cuma) foto menu sahur

Akun dia mah wajib banget masuk

Akun dia mah wajib banget masuk via https://twitter.com

Raditya Dika? Saya bukan salah satu dari jutaan pengikut dia di Twitter. Karena jujur, saya tidak menemukan hal menarik dari cuitan-cuitan penulis populer yang satu ini. Tapi apa boleh dikata? Buktinya saya hanya segelintir dari jutaan orang yang menggemari sosoknya. Kaum minoritas istilahnya. 

Buktinya juga, dengan memposkan foto menu santap sahur saja ada ratusan orang yang mencuit-ulang. Bahkan ada yang memasukkannya dalam daftar cuitan favorit mereka. Luar biasa! Isi captionnya pun jauh dari inspirasional,

Menu sahur hari pertama

5. @iqbaale -- anak kecil juga bisa bijak

personil boyband. sudah kuduga

personil boyband. sudah kuduga via https://twitter.com

"Puasa mengajarkan kejujuran! Jujur tetap lebih baik, guys. Selamat berpuasa!!! #GoBetter #GoRamadhan"

Salut! Saya senang membaca cuitan Iqbal yang ini. Dan merasa pantas menjadi salah satu yang populer minggu ini. Karena pesan positif yang ia sebarkan ke ratusan ribu penggemarnya yang fanatik di luar sana. Iqbal menggunakan diksi yang sederhana dan penuh energi positif. Semoga ini menjadi penyemangat dan doa untuk ratusan ribu orang yang membaca cuitannya.

Ohya, yang Iqbal maksud #GoRamadhan itu mungkin adalah "Ayo Ramadhan" kali ya, bukan "Pergi Ramadhan".

6. @xcintakiehlx -- menjadi diri sendiri memang selalu menarik, Cin!

tsakeuuuuppp!

tsakeuuuuppp! via https://twitter.com

Penyanyi, pemain sinetron, pemain film, model, bintang iklan, sekaligus anak Indonesia berprestasi adalah beberapa label yang pantas disandang Cinta Laura. Yang saya suka dari isi cuitan Cinta ini adalah ia dengan baik dan sangat manusiawi menggunakan Twitter sebagai salah satu buku diari paling pribadi yang memang adalah salah satu dari tujuan ber-Twitter.

Cinta memposkan cuitan yang sangat alami,

"First day of fasting. Enjoying my chill day"

Tanpa tedeng aling-aling, Cinta juga menyematkan foto dirinya yang tengah terpejam. Memancarkan kecantikan alaminya. Cuitan yang ini menurut saya adalah cuitan yang paling apa adanya dan paling jujur. Lain kali, fotonya yang pas kamu lagi pakai kerudung ya, Cin!