Lawan neuropati bisa dilakukan dengan berbagai cara. Neuropati sendiri adalah jenis penyakit yang belum banyak diketahui oleh masyarakat secara umum. Dari riset tim medis yang dilakukan di kota besar tepatnya pada tahun 2014 silam, ada sebanyak 90 persen dari total 900 responden yang tidak tahu apa itu neuropati.

Padahal, hampir setiap orang mengalami gejala penyakit yang satu ini. Setiap orang berpotensi mengalami penyakit ini, khususnya bagi mereka yang sudah berusia lanjut dan pernah mengalami trauma pada bagian saraf, penderita diabetes, dan juga yang kekurangan vitamin neuropatik seperti B1, B6 dan juga B12. Lantas, bagaimana ya cara efektif melawan neuropati? Simak tips berikut ini.

1. Apa sih definisi neuropati itu?

Neuropati via http://sarafsehat.com

Neuropati adalah istilah yang merujuk pada kerusakan saraf yang terdapat pada seluruh tubuh. Mayoritas orang sering kali mengabaikan gejala ini, sebab gangguan hanya terjadi pada beberapa titik saraf dan juga terlihat sepele. Gejala tersebut jika tidak segera diatasi, maka akan segera melebar ke titik-titik saraf lain dan menyebabkan gangguan yang cukup serius.

2. Berikut adalah gejala-gejala neuropati yang perlu kamu tahu

Gejala neuropati via http://google.com

Ada beberapa gejala atau indikasi neuropati yang bisa kamu jadikan referensi. Umumnya, keluhan ini terjadi pada bagian tulang gerak bagian bawah dan tulang gerak bagian atas yang terjadi secara tiba-tiba. Beberapa gejala pasti penyakit ini adalah:

1. Kram terus-menerus dan kesemutan

Advertisement

2. Otot lemah

3. Otot kaku yang disertai dengan mati rasa

4. Organ gerak atas dan bawah kebas atau baal

5. Hilangnya kontrol pada kandung kemih

6. Rasa panas seperti sedang terbakar

7. Kulit mengkilap disertai rambut rontok

8. Sensitif bila disentuh

9. Sering kencing, dan masih banyak lagi indikasi peripheral lain

3. Cara mengatasi neuropati

google.com via http://google.com

Pengobatan yang dilakukan pada penderita neuropati bermacam-macam, tergantung dari penyebab terjadinya penyakit tersebut. Pengobatan ini pada dasarnya dilakukan dengan cara meredakan gejala yang dialami dan juga mengatasi penyebab dasar neuropati yang terjadi pada penderitanya. Otomatis, jenis pengobatan yang dipilih tergantung pada penyebab terjadinya penyakit tersebut. Jika penyebab awal penyakit ini bisa ditangani sampai selesai, besar kemungkinan penderita neuropati tersebut akan sembuh total.

· Pada penderita neuropati diabetes, cara pencegahan atau pengobatannya adalah dengan mengatur kadar gula dalam darah, sehingga akan mencegah kerusakan lebih lanjut pada saraf yang terpengaruh.

· Jika neuropati terjadi akibat adanya tumor, maka cara mengatasinya adalah dengan cara operasi.

· Namun, bila penyakit neuropati tersebut disebabkan oleh autoimun, infeksi, masalah ginjal, defisiensi vitamin, dampak konsumsi obat, cedera, trauma, dan penyebab-penyebab lainnya, maka penanganan yang dilakukan pun akan berbeda.

· Obat-obatan yang biasa dikonsumsi untuk meredakan gejala neuropati adalah antikonvulsan, antidepresan, opioid dan juga obat oles yang meredakan rasa sakit.

4. Cara pencegahan dini neuropati

Google.com via http://google.com

Pencegahan sejak dini yang bisa dilakukan secara mandiri adalah:

1.     Selalu mengenakan alas kaki saat bepergian

2.     Pakailah alas kaki yang sesuai ukuran dan tidak dalam kondisi rusak

3.     Potong kuku jari jika diperlukan

4.     Periksa secara rutin telapak kakimu untuk memeriksa apakah telapak kaki dalam keadaan baik tanpa luka

5.     Berhenti merokok dengan tujuan memperbaiki sirkulasi darah

6.     Siram kaki dengan air hangat setiap hari atau rendamlah bila perlu selama beberapa menit

7.     Gunakan kaos kaki tebal untuk mencegah iritasi

Setiap orang berpotensi terkena neuropati. Untuk itu, bekali dirimu dengan pengetahuan mengenai jenis penyakit yang berbahaya ini, sekaligus mengingat-ingat tips lawan neuropati seperti tersebut di atas.

5. Hiduplah secara sehat agar neuropati lewat!

Hidup sehat tanpa neuropati via http://google.com

Neuropati bisa menjangkiti siapa saja. Hanya gaya hidup sehat yang mampu menangkis penyakit ini. Hidup sehat bisa dimulai dengan membiasakan diri berolahraga seperti contoh, bila kamu setiap hari bekerja di belakang meja, usahakan setiap 10 menit sekali berdiri dan melakukan aktivitas-aktivitas kecil. Selain itu, kamu juga perlu untuk menghindari makanan berkolesterol. Yuk mari hidup sehat agar neuropati lewat!