Apakah diantara kalian pernah ngalamin yang namanya LDR? Atau bahkan sedang ngalamin? Kalo iya, wah, congratulation! Berarti kalian nggak sendirian yang ngalamin betapa beratnya perjuangan LDR. Saya yakin, orang yang bisa menjalani LDR dan berakhir dengan manis alias berakhir di pelaminan itu adalah orang-orang yang hebat, kuat, dan selalu berpikiran positif untuk pasangannya yang jauh disana.

Salut! Buat orang-orang yang lagi dan akan ngalamin yang namanya LDR, pasti punya banyak 'momok' yang menakutkan dipikirannya, seperti takut si dia selingkuh, takut dia jadi menjauh tiba-tiba, takut dia bosan, takut kesepian karena sebelum LDR selalu jalan berdua, takut dia jadi suka bohong, dan banyak lagi, deh! Nah, ketakutan-ketakutan itulah yang selalu menghinggapi para calon dan pejuang LDR.

Padahal, semuanya itu berasal dari pikiran-pikiran negatif kita yang suka takut akan apa yang belum tentu terjadi dan nggak kita tahu. Kalau kita bisa mengontrol itu semua, dijamin, kalian bakalan bisa menjalani LDR dengan fun! Kalau nggak gitu bisa bahaya deh. Jatuhnya kalian bakal ngerasa capek sendiri dan ngerasa berat untuk meneruskan dan memperjuangkan hubungan kalian kalau pikiran kalian terus-terusan negatif ke pasangan.

Dikit-dikit marah, atau yang parah nih, kesalahan-kesalahan kecil pun bisa jadi dibesar-besarkan. Wah pasti rasanya capekbanget tuh kalau begitu terus dan dijamin, hubungan kalian bisa jadi nggak langgeng, guys. Nggak mau kan hubungan yang kalian jaga bisa rusak cuman gara-gara pikiran negatif kalian? Nih, mungkin tips-tips ini bisa berguna ya buat kalian para calon dan pejuang LDR agar hubungan LDR kalian itu sehat dan bisa langgeng. Cekidot!  

1. Saling percaya

trust is the most important thing in any relationship via http://roryvaden.com

This is the most important thing if you guys want your relationship last long! Sebenernya hal ini perlu banget dilakuin buat orang-orang yang ngejalanin hubungan. Tapii, hal ini menjadi hal yang penting-penting banget buat kalian yang LDR. Ya pastilah yaa, secara kalian udah beda kota, atau beda pulau, atau bahkan beda benua, percaya itu adalah kunci kalau kalian mau hubungan kalian nggak stres, nyenengin, bahagia, dan lain-lain. Kebanyakan orang bisa putus hubungan karena kurangnya rasa percaya kita buat orang yang kita sayang. Kita jadi selalu bayangin hal yang jelek-jeleknya. Contohnya nih, kalau si dia nggak bales chat lama banget terus ditelepon nggak diangkat-angkat, duh pasti deh, sebagian besar yang bakal kalian pikirin adalah, "jangan-jangan dia selingkuh". Padahal nggak mesti gitu guys. Bisa aja dia nggak bales karena dia lagi sibuk kerja atau sibuk melakukan hal lain yang positif. Inget, setiap dari kita pasti punya kesibukan masing-masing dan kita harus ngehargain itu. Yang penting kalian udah kasih tau di awal kalau kalian bakalan sibuk dan nggak bisa bales chat atau telepon dalam waktu yang lama. Kalau udah ngasih tau dan masing-masing dari kalian bisa ngerti dan percaya, pertengkaran karena hal kecil pasti jarang banget terjadi. Eits, tapi satu hal yang penting nih! Berikan rasa percaya kalian kepada orang yang kalian anggep worth it ya buat kalian kasih rasa kepercayaan itu. Jangan sampe kita kasih kepercayaan sama orang yang salah, bisa-bisa kita yang makan ati! Inget. Teliti sebelum membeli #eh. 

2. Komunikasi

Cuma bisa komunikasi via telpon,chat,video call via http://pinay.com

Hal kedua yang terpenting adalah "Komunikasi". Komunikasi disini nggak melulu harus kasih kabar dimana, sama siapa, lagi apa tiap detik atau tiap menit. Kamu nggak harus melulu mengontrol pasangan kamu sampai segitunya. Kalau udah dewasa, masing-masing dari kalian pasti ngerti sendiri kok gimana caranya jaga kepercayaan. Tapi ya jangan yang cuek juga, kasih kabar 2 atau 3 hari, hehe. Pinter-pinternya kalian aja gimana jaga komunikasi. Seenggaknya kalian kasih kabar kalau kalian bakalan sibuk dan tetep at the end of the day kalian telepon buat kasih kabar kalian ngapain aja seharian ini. Yang penting nih ya, kalian itu ngejalanin hubungan ini serius tapi santai. Jadi nggak ada beban tuh yang mengharuskan kalian kudu terus-terusan mengintrogasi pasangan kalian yang lagi jauh. Trust and respect, guys!

3. Tahan godaan

Tahan Godaan! via http://segiempat.com

Advertisement

Nah, biasanya buat kalian yang LDR, hal ini adalah hal yang sering menghampiri kalian. Bayangin aja, LDR itu kan sama aja kayak kalian itu single, tapi nggak bisa bebas pergi sama siapapun, kecuali kalo udah dikasih izin. Nggak enak banget, ya? (siapa suruh mau LDR :p). Rintangannya adalah ketika kalian tiba-tiba menemukan seseorang di dekat kalian yang bisa kasih kalian perhatian (yang nggak bisa dilakukan pasangan kalian karena lagi jauh-jauhan), disitulah, ketahanan kalian bakal diuji. Resep biar bisa tahan godaan? Hmm. Bikinlah pasangan kalian masing-masing berpikir kalau yang kaya’ kamu itu cuma ada satu di dunia ini! Jadi mau ada godaan apapun di depan mata, kamu yang paling istimewa. Dari semua wanita/pria, kamu yang juara, hehehe.

4. Kasih perhatian

uhh, ngeri juga nih via https://www.justpo.st

Lanjutan poin keempat, nih. Kalau hal ini nggak cuma buat yang LDR sih, buat yang nggak LDR juga kudu wajib dilakuin. Cuman, hal ini lebih penting buat yang LDR untuk dilakukan. Bisa-bisa kalau kalian lengah, pasangan kalian bakalan diambil sama orang lain yang bisa kasih perhatian disaat kalian lagi sibuk dengan dunia kalian. Bayangin, kalian yang udah kerja banting tulang nyari duit hanya untuk membahagiakan dan rencananya buat melamar si doi, eh ternyata si doi di 'serempet' sama yang lain yang bisa ada disampingnya dan perjuangan kalian pun jadi worthless gitu (rasanya). Bisa di 'serempet' pun dengan alasan kamu yang sibuk jadi perhatiannya berkurang. Duh, nggak banget ya? Banyak cases yang seperti itu, ya. Putus lantaran masing-masing sibuk dengan pekerjaannya. Kalau nggak mau kejadian kayak gitu, tipsnya adalah, kasih perhatian. Bikin perhatian yang kamu kasih selayaknya waktu kalian masih berdekatan, walaupun sebenernya kalian jauh. Bikin little surprises seperti kirim video romantis kalian lagi bikin sesuatu, misalnya lagi masak, bikin kue, lagi nyanyi sambil gitaran, dan banyak lagi di hari penting menurut kalian, atau ekstremnya kalian tiba-tiba ngetok pintu rumah dengan membawakan bunga dengan sejuta cinta (dikira drama kali,ah). Yah, pokoknya kasih dia perhatian, sekecil apapun itu tapi kalau bisa bikin dia merasa kalau kamu worth it buat ditunggu, dijamin kalian nggak bakal kecolongan!

5. Lakukan hal-hal positif

Pertengkaran kecil dalam hubungan LDR bisa terjadi ketika kalian terus-terusan memikirkan pasangan kalian. Jadi berasa kayak dunia itu cuma ada kamu dan dirinya dan tidak ada hal lain yang bisa dilakukan. Kalau sudah begitu permasalahan sepele pun menjadi tak terhindarkan, guys. Padahal banyak hal-hal positif lain yang bisa kamu lakuin untuk nge-distract pikiran kamu dari dia terus. Mikir sih boleh, cuma ya nggak terus-terusan tiap detik tiap menit harus mikirin melulu. Tipsnya adalah kalian bisa dan harus melakukan hal-hal positif yang bisa membuat kalian sibuk dan nggak melulu mikirin dia. Misalnya adalah dengan fokus pada pekerjaan (bagi yang udah bekerja) atau ngelakuin hobi-hobi kalian biar bisa dijadikan sesuatu yang bermanfaat. Jadi dengan begitu pikiran kalian sebagian besar nggak buat dia seorang dan kalau sudah begitu, pertengkaran kecil dan nggak penting yang bisa mengancam pasti bisa terhindarkan.

6. Understand and respect your partner

mengerti dan memahami pasangan kalian is a must via http://lovingfromadistance.com

Yap! Resep terakhir biar LDR kalian tetep langgeng adalah saling mengerti dan menghargai kehidupan masing-masing. Inget. Kalian memiliki hidup kalian masing-masing. Kalian nggak bisa mengontrol hidup pasangan kalian sesuka kalian. Kalian nggak bisa mengontrol hidup dia itu cuma buat kamu.Banyak banget kasus pertengkaran yang terjadi karena masalah kurang memahami dan menghargai ini, apalagi yang LDR. Emang sih, the main problem of LDR adalah kangen, jadi pengen setiap saat berhubungan terus dan ngepantau kegiatan si dia terus. Itu hal yang wajar, tapi ya ada batasannya juga. Kamu nggak bisa minta dia untuk ngeluangin waktu buat kamu terus, karena dia pasti punya hal-hal lain yang harus dikerjakan. Kalau udah punya sifat kaya’ gini susah, kalian jadi maunya dia harus ngelakuin apa yang kalian bolehin. Jatuhnya, itu bukan sayang atau cinta ya, tapi jadi posesif gitu. Wah, sifat kaya gitu yang bahaya buat kalian yang LDR. Tips biar terhindar dari masalah seperti ini? Kalian harus saling mengerti dan menghargai privasi, terlepas dari hal lain yang sudah saya sebutkan di atas. Biarkan dia sibuk dan kamu sibuk dengan dunia masing-masing, tapi yang penting kalian  harus punya komitmen bersama di awal, bahwa yang kalian lakuin ini tujuannya satu dan sama, kalian punya misi sendiri untuk visi kalian yang sama. Selalu berpikir bahwa apapun yang dia lakuin, itu semata-mata buat mencapai tujuan kalian bersama dan itu jelas. So, kesimpulannya LDR itu nggak nyeremin, bagi kalian yang mau mengerti, memahami, dan percaya sama pasangan kalian. Susah emang buat ngelakuin, but it worth the shot. Inget nggak pantun yang terkenal banget? "Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian." Pantun ini juga berlaku bagi para pejuang LDR. Bayangin kalau kalian akhirnya bisa menggapai tujuan kalian sama-sama, kemudian flashback perjuangan dan pengorbanan kalian selama LDR dan in the end bisa berbuah manis ke pelaminan, rasa senengnya bakalan double banget,tuh. Kalau LDR kata mbak Raisa itu, “Tanpamu langit tak berbintang, tanpamu hampa yang kurasa,” hehehe. Ini resep LDR biar langgeng menurut saya. Bagaimana menurut kalian? Bisa kalian tulis di kolom komentar ya. P.S. : Baca artikelnya sambil dengerin lagunya mbak Raisa yang LDR, dijamin bikin tambah kangen! :p