1. Bayar zakat mal (penghasilan) terlebih dahulu, sedekah tidak ditinggalkan.

Zakat dan sedekah via http://yesmuslim.blogspot.co.id

Tips pertama buat kamu yang muslim sudah jadi kewajiban untuk membayar zakat mal (pengasilan). Hal yang menyenangkan dari zakat mal adalah sudah ditentukan berapa jumlah yang harus dikeluarkan yakni 2,5%, jadi berapapun penghasilanmu cukup 2,5% saja kok yg wajib dikeluarkan. Zakat sudah, rasanya kurang afdol jika tidak sekalian mensedekahkan/memberi dikala kita berlebih.

Bisa kita alokasikan juga sebesar 2,5%. Jadi total pengeluaran kita untuk zakat dan sedekah adalah 5%. Mungkin bisa kita simulasikan apabila kamu mendapatkan THR sebesar Rp 3.500.000, kemudian kita keluarkan untuk zakat dan sedakah 5% yakni Rp 175.000. Hmm jumlah yang tidak beratkan untuk berbagi ke sesama bukan.

2. Bayar hutangmu.

Tips kedua adalah bayar hutangmu. Ingat hutang merupakan salah satu hal yang akan dibawa sampai mati. Hmm sangat mengerikan bukan, bahkan kebanyakan orang bisa gak tidur gara-gara memikirkan hutang. Di moment dapat THR ini bisa kamu manfaatkan dengan baik lho.

Advertisement

Memang tidak semua sisanya digunakan untuk bayar hutang karena masih banyak kebutuhan yang ingin dipenuhi. Jadi cukup kita pakai 20% dari uang THR untuk bayar hutang. Masih dengan uang THR sebesar Rp 3.500.000, kemudian kamu keluarkan 20% untuk bayar hutang yakni Rp 700.000. Wih lumayan lah ya bisa bayar hutang segitu.

3. Menabung atau investasi.

Nabung atau invenstasi via http://idebisniskreatiff.blogspot.co.id

Hal yang ketiga bisa pakai untuk ditabung atau investasi. Meski kita merutinkan untuk menabung tiap bulannya namun, kapan lagi memiliki kesempatan untuk membuncitkan tabungan. Kalau menurut kamu itu hal yang biasa saja bisa kita alihkan berinvestasi lho, invenstasi emas misalnya. Harga emas bisa berbeda tiap waktu, dikesempatan mendapat THR ini bisa kita manfaatkan dengan baik.

Alokasinya bisa 20% saja cukup. Kalau uang THR kamu sebesar Rp 3.500.000, kemudian kita keluarkan 20% untuk menabung atau investasi bisa didapatkan Rp 700.000. Bisa kok untuk beli emas atau menggendutkan tabungan.

4. Penyediaan dana darurat.

Dana darurat itu perlu lho, namanya juga jaga-jaga kalau terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Misalnya saja teman atau keluarga kamu sakit sehingga membutuhkan dana lebih, kamu bisa bantu dengan dana darutat yang kamu miliki. Bisa pula kondisi itu yang kita dapatkan, jadi tidak ada salahnya bukan kita berjaga-jaga.

Alokasi yang diperlukan sekitar 10% cukup lah ya. Masih dengan uang THR sebesar Rp 3.500.000, kemudian kita keluarkan 10% untuk dana darurat kita akan mendapatkan sebesar Rp 350.000.

5. Sisanya untuk pribadi.

Suasana berburu baju via http://infonitas.com

Oke setelah mengalokasikan atau mengkotak-kotakkan uang THR kamu, kamu juga berhak menghibur diri. Sisanya sekitar 45% dengan uang THR Rp 3.500.000 kita bisa mendapatkan Rp 1.575.000. Wah lumayan banget ya, bisa buat bayar ongkos pulang kampung.

Namun, bersyukurlah buat kamu yang tidak perlu pulang kampung sehingga uang pribadi bisa digunakan untuk hal lain seperti beli baju baru, jalan-jalan dengan keluarga, memberi angpao untuk saudara/keponakan.

Demikian tips pengalokasian uang THR secara bijak. Semoga bermanfaat buat kamu yang masih bingung uang THR baiknya di kemanain dan pingin belajar memanfaatkan uang lebih baik lagi. Kali aja kalau kamu masih sendiri ramadhan ini, dengan belajar memperbaiki diri lewat alokasi dana tahun depan sudah tak sendiri lagi jadi hehe.

Selamat Hari Raya Idul Fitri teman-teman, semoga ketaatan bulan ini bisa meningkatkan ibadah dan amal kita di bulan-bulan berikutnya. Selamat mencoba tips dan triknya.