Libur lebaran telah usai. Sebagian besar karyawan baik negeri maupun swasta sudah mulai kembali ke rutinitas bekerja meski ada beberapa yang masih menikmati liburan. Banyak dari kita yang sulit move on dari jenis libur yang satu ini. Gimana enggak, libur lebaran memanjakan kita dengan banyak makanan lezat, waktu berkualitas dengan keluarga dan hal–hal menyenangkan lainnya. Wajar jika libur lebaran usai, kita sering merasa malas untuk kembali beraktifitas lagi.

Kalau kamu mengalami hal ini, tips–tips di bawah ini layak kamu lakukan :

1. Kamu harus menerima kenyataan

Terimalah kenyataan dalam hidup via http://www.jendelacito.info

Libur lebaran telah usai, kamu sudah sangat menikmatinya dan sekarang waktunya kembali beraktifitas. Kalimat tersebut yang harus kamu tanamkan dalam hati jika rasa malas beraktifitas muncul. Kamu harus menyadari bahwa segala pilihanmu memiliki konsekuensi. Jika kamu memilih menjadi karyawan kantoran atau pegawai negeri, kamu harus mengikuti aturan libur tempatmu bekerja dan kamupun harus bersemangat mengemban tugasmu di tempat tersebut dengan penuh tanggung jawab. 

2. Coba ingat mimpi–mimpi yang ingin kamu raih

Phuket-Thailand via http://cari-homestay.com

Mimpi–mimpi seperti ingin berlibur ke Thailand di akhir tahun nanti, ingin membeli motor atau mobil baru tahun depan, ingin naik pangkat menjadi menejer di kantormu, dan sebagainya harus kamu ingat–ingat terus untuk membosting semangat kerjamu. Waktu–waktu santaimu telah berakhir dan sekarang saatnya kamu mengejar mimpimu kembali. 

3. Susun kembali rencana dan jadwal–jadwalmu

susun jadwal mingguan dan bulanan via https://www.lidera.ca

Advertisement

Hari libur yang terbilang lama sering membuat kamu lupa pada planning dan jadwal–jadwalmu. Jangan stress dulu, coba ingat kembali pelan–pelan. Buka note book kamu dan susun lagi jadwalmu. Apa yang sudah kamu lakukan dan apa yang akan kamu lakukan setelah liburan ini. Tulis kembali resolusi–resolusi terbaikmu di sana. 

4. Mulai hari dengan kondisi fisik dan fikiran yang fresh

Mulai hari dengan fikiran fresh via http://allwomenstalk.com

Hari pertama masuk kerja setelah rehat berhari – hari harus kamu persiapkan dengan sangat baik. Jika tidak, bisa jadi kamu akan melewati hari pertamamu dengan rasa malas, lesu dan tanpa semangat. Tentu saja hal ini akan mengurangi kualitas hasil kerjamu, apalagi jika kondisi ini terjadi berlarut–larut. Oleh sebab itu kamu harus mempersiapkan diri menyambut hari pertama ini dengan baik. Kamu harus tidur lebih awal sehingga kamu bisa bangun pagi dan tidak telat datang ke kantor.

Dengan bangun pagi dan mandi kamupun akan merasa lebih segar dan bersemangat untuk menjalani harimu. Jangan lupa rencanakan di malam hari apa yang akan kamu kerjakan di hari pertamamu supaya kamu bisa langsung beraktifitas saat sampai di kantor dan tidak menghabiskan waktumu untuk melamun dan merasa bingung mau mengerjakan apa. 

5. Jangan melakukan pekerjaan dalam satu waktu

Prioritaskan pekerjaanmu via https://www.cosmolife.sg

Ingat, kamu baru saja libur berhari–hari tanpa menggunakan otakmu untuk memikirkan pekerjaan yang berat. Jika kamu langsung memaksa otakmu untuk mengerjakan setumpuk pekerjaan di hari yang sama, itu bisa jadi akan membuatmu stress. Jangan tergesa–gesa, buatlah prioritas. Mulailah dengan pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu. Jika semuanya penting dan mendesak, mulailah dengan pekerjaan yang paling mudah dahulu sehingga kamu akan merasa nyaman mengerjakannya.