Banyuwangi tidak hanya terkenal dengan nasi tempongnya atau rujak soto yang bikin ketagihan, masih banyak kuliner Banyuwangi yang wajib anda jajali , harga nya pun tpas dikantong , cocok banget untuk anak kos yang lagi liburan di Banyuwangi,  berikut beberapa Kuliner yang wajib anda jajal ketika berkunjung ke Banyuwangi , rugi banget kalau nggak nyoba :

 

1. Sego Cawuk

Sego Cawuk Banyuwangi

Sego Cawuk Banyuwangi via http://portalkbr.com

Sego Cawuk yang artinya makan nasi langsung dicawuk atau langsung menggunakan tangan tanpa sendok ini merupakan nasi dengan campuran kuah yang terbuat dari parutan kelapa dicampur air matang dilengkapi jagung muda yang dibakar yang dicampur dengan timun yang dibumbui cabai, bawang putih dan sedikit asam. bisa juga dicampur kuah pindang khas Banyuwangi yang dibuat dari gula pasir yang di masak gendam. sego cawuk ini biasanya didampingi lauk telur dan ikan asin , dan cocok sekali untuk sarapan pagi, karena yang menjual sego cawuk ini masih langka di Banyuwangi , anda dapat mencarinya di beberapa tempat yang menjual Sego Cawuk , salah satunya warung yang terletak di samping Gedung Wanita Banyuwangi dan warung Mak Mantih di Dusun Prejengan Desa Rogojampi , Kecamatan Rogojampi Banyuwangi , jangan datang siang hari ya  ,karena warung ini hanya bua jam 06.00 - 10.00 pagi.

2. Es Cendol Bunga Mawar , selain melati , mawar juga harus bisa dimakan biar nggak iri

Es Cendol Bunga Mawar Banyuwangi

Es Cendol Bunga Mawar Banyuwangi via http://cdn-2.tstatic.net

hah mawar buat cendol? nggak muungkin lah ya bagusan buat kado ke pacar hahaha, iya memang bunga mawar identik dengan sesuatu yang romantis , namun selain itu , bunga mawar juga bisa dimakan tidak hanya melati saja lho hahaha, iya salah satunya es cendol mawar ini, es cendol mawar yang pastinya terbuat dari sari bunga mawar. Cara membuat cendol bunga mawar sangat mudah. Bunga mawar terlebih dahulu direndam lalu diblender. Setelah halus, disaring diambil sari bunga mawarnya dan dimasak hingga mendidih. Kemudian diberi tepung maizena. Selanjutnya adonan dibuat cendol menggunakan cetakan. Es cendol bunga mawar pun siap.Untuk bisa menikmati seporsi es cendol bunga mawar cukup merogoh kocek antara Rp 3.000 sampai Rp 5.000, cendol bunga mawar ini dapat anda temukan di gerai Pak Tri Krisbiantara, warga Jalan Letkol Istiqlah no 80 Singonegaran, Banyuwangi, Jawa Timur. yuk sehakan tubuh dengan cendol mawar.

3. Botok Tawon , asli beneran dari Tawon

Botok Tawon , asli Tawon

Botok Tawon , asli Tawon via https://www.google.com

Botok Tawon , cukup ekstrem juga ya namanya ,Tawin yang dkenal akan sengatan nya yang sakit , sellau dihindari ketika mendekat dan terbang mengiang-ngiang deket tubuh (rasanya pengen banget mukul pake sengatan nyamuk) , tapi sekarang bisa diolah sebagai makanan , lumayanlah untuk anda yang pernah disengat Tawon , makanan ni bisa sebagai ajang balas dendam anda hahaha, iya Botok Tawon ini sudah jelas terbuat dari tawon yang dikukus bercampur cabe, gula merah , asam dan tomat yang dibungkus dengan daun pisan , Botok Tawon ini termasuk makanan yang cukup langka , anda dapat menemukan botok tawon ini di rumah Bu Misnah salah satu penjual Botok Tawon di Desa Lemahbang Kulon , Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi, anda bisa mendapatkan Book Tawon ini dengan harga 5.000 - 10.000 rupiah.

4. Sambel dan Sayur Lucu , beneran deh ini Lucu

Sayur Lucu hahaha

Sayur Lucu hahaha via http://2.bp.blogspot.com

sesuai namanya Sambel atau Sayur Lucu , bukan berarti ketika kalian makan kuliner ini bakalan dihibur sama Dodit atau Raditya Dika , tapi emang nama bahanya Lucu , duh gimana ya , bukan bahanya Lucu tapi namanya , iya namanya itu "Lucu" hahaha , sulit juga ya menjelaskan , Lucu merupakan tanaman yang secara fisik mirip Lengkuas bagian batang atau bunga ini oleh masyarakat suku using serng dibuat untuk bahan makanan salah satunya sambal dan sayur lucu ini , saat dicicipi kuahnya sayur lucu ini , rasanya segar asam manis seperti sayur asam, baunya hampir mirip sereh , dan biasanya disajikan dengan ayam di dalam kuahnya , sayur ini sangat sulit ditemukan , hanya ada di hajatan masyarakat using dan ritual menaikan killing atau dikenal dengan baling-baling tradisional di Pertanian , jadi untuk anda yang ingin mencicipi sambel atau sayur lucu ini ,datang saja ke Hajatan masyarakat Using , walaupun tidak diundang , hahaha lucu banget kan? , *nggak banget deh -_-

5. Cawuk , kok Cawuk lagi? tadi kan udah

minuman cawuk

minuman cawuk via http://budaya-indonesia.org

iya , tadi Sego Cawuk sebagai pembuka dan sekarang minuman yang namanya juga Cawuk sebagai Penutup , minuman yang bernama Cawuk ini , beda jauh dari Sego Cawuk tadi , nggak mungkin lah ya , minumanya diminum dengan cara dicawuk seperti Sego Cawuk tadi, yups , minuman Cawuk ini terbuat dari campura pandan dan gula yang diebus bersama dan diminum dalam keadaan hangat , minuman ini sebagai minuman penghangat oleh Suku Using asli Banyuwangi , jadi jika ingin mencicipi gimana rasanya Cawuk ini , dateng langsung aja ke Kampung Using Banyuwangi.