Kabupaten Sleman merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki banyak destinasi wisata baik wisata alam maupun wisata sejarah.

Berikut adalah destinasi wisata di Kabupaten Sleman yang kerap dikunjungi wisatawan.

1. Obyek wisata Kaliurang

Obyek wisata Kaliurang via http://tempatwisatadijogja.com

Obyek wisata Kaliurang sudah bukan lagi menjadi tempat wisata yang asing bagi pengunjung. Disini kalian akan mengunjungi tempat-tempat menyejukkan yang sangat cocok untuk melepas penat. Dengan rimbunan pepohonan hijau yang menyejukkan mata, suara burung juga menyambut kehadiran pengunjung dan akan sangat nyaman untuk relaksasi. Selain itu, obyek wisata kaliurang juga kerap dijadikan tempat berkemah bagi para wisatawan, mahasiswa, maupun komunitas. Misalnya untuk keperluan pelatihan kepemimpian ataupun malam keakraban.

2. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi via http://tempatwisatadijogja.com

Museum Merapi masih terletak satu kompleks Kaliurang. Tepatnya di Jl. Boyong, Dusun Banteng, Desa Harjobinangun, Pakem, Sleman. Museum ini dibangun dengan tujuan untuk sarana pendidikan dan informasi mengenai gunung api dan wawasan edukatif lainnya. Dibangun sejak adanya amukan gunung Merapi yang menewaskan juru kunci Merapi yaitu mbah Marijan.

3. Tlogo Putri

Advertisement

Tlogo yang berarti danau bertempat di kawasan Kaliurang ini juga menjadi spot yang cukup banyak dikunjungi wisatawan. Merupakan suatu wahana bermain dengan taman dan sepeda air yang bisa menjadi referensi liburan bersama keluarga khususnya bersama anak-anak. Selain menikmati kesegaran udara di Kaliurang ini, Anda sekaligus bisa bermain bersama orang tersayang.

4. Omah Salak

Salak Pondoh merupakan salah satu buah tangan yang dapat dijadikan referensi anda untuk bekal kembali ke asal. Salak yang tumbuh dengan subur di daerah Turi, Sleman ini menjadi ladang usaha bagi masyarakat sekitar. Salah satunya yaitu adanya Omah Salak. Omah Salak merupakan wadah edukasi bagi pengunjung yang ingin melihat proses penamanan salak hingga pengolahan salak.

5. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu via http://tempatwisatadijogja.com

Museum Ullen Sentalu merupakan museum yang berada di dekat kawasan Kaliurang. Di museum ini pengunjungan dapat disuguhkan mengenai peninggalan kerajaan Mataram Kuno. Berwisata ke Ullen Sentalu selain menambah pengetahuan dan wawasan terhadap sejarah, di museum ini pengunjung dapat menikmati sejuknya udara khas pegunungan.