Hore, Liburan sebentar lagi tiba! Nah, apakah sudah kamu siapkan kegiatan di liburan nanti? Camping, piknik ke luar kota? Berpergian ke luar negeri? Berpanas - panasan di pantai? Atau shopping di mall?

Hmm, liburan itu tidak harus dengan berjalan - jalan ke luar kota atau menghabiskan banyak uang loh, guys. Bahkan, kamu yang ingin menghemat uang demi masa depan juga bisa berlibur walaupun hanya di rumah saja. Dan tentunya kualitas liburan di rumah tak kalah mengasyikkan dengan menghabiskan banyak uang untuk berpergian ke luar negeri hanya demi memenuhi feeds instagrammu itu. Masa sih? Yuk, simak!

1. Membaca buku memang liburan yang paling gratis. Selain menambah pengetahuan juga bisa mengurangi stress, lho!

Baca buku yuks! via http://whydothings.com

Membaca buku merupakan liburan paling simpel dan tidak memakan biaya. Manfaat yang kamu dapatkan dari membaca buku selain mengurangi stress adalah memperkaya kosakata, meningkatkan daya ingat juga meningkatkan fokus dan konsentrasi juga.

Bagi kamu yang tidak punya buku untuk dibaca, jangan khawatir. Kamu bisa meminjam di perpustakaan daerah, perpustakaan sekolah ataupun meminjam dari teman.

Namanya juga membaca buku, berarti membaca buku apa saja. Yang penting, sesuaikan dengan minat bacamu sendiri. Seperti, kamu lebih menyukai komik daripada novel. Atau, kamu yang lebih suka membaca hal – hal yang menyangkut masalah dunia, dan lain sebagainya.

Advertisement

Membaca buku, ketenangan yang menghampiri, ditemani musik klasik dan segelas teh hangat akan membuat liburanmu tidak akan sia – sia loh. Terutama buat anak kost nih.. Hehe

2. Menonton film secara marathon di rumah.

Liburan tidak harus mahal, kan? via http://cdn.static-economist.com

Bagi kamu yang tidak menyukai membaca buku, kamu juga bisa mencoba cara ini. Seperti menonton film horror, anime atau drama korea yang bisa kamu dapatkan dengan cara di download (siapkan kuota yang cukup), dari channel televisi, ataupun dengan membeli kaset CD.

Menonton tentunya lebih asik kalau berame – rame. Dengan cara ini, bisa membuat orang yang tadinya jauh karena gadget menjadi dekat (walaupun hanya sebentar). Gimana? Liburan memang tidak harus mahal, kan?

3. Menghabiskan waktu liburanmu dengan berkreasi.

DIY = Do It Yourself via http://i.huffpost.com

Jika kalian bosan hanya dengan membaca buku atau menonton film saja, kalian juga bisa kok mencoba untuk membuat kreasi. Dimulai dari level termudah dimana alat dan bahan yang mudah di dapat sampai level tersulit dimana kalian harus menggunakan gergaji untuk membuat suatu karya. Di website maupun Youtube, banyak sekali tutorial DIY.

Selain itu, kreativitas kalian akan semakin bertambah. Dan kalian pun bisa memamerkan hasil kalian kepada teman sekolah atau sebagai hadiah untuk rekan satu kerja kalian juga.

Jadi, tertarik untuk membuat DIY?

4. Sambil membersihkan rumah, dua-tiga kilogram berat badan terkurangi.

Uwuwuu, Bersih – bersih jadi kurus deh 😀 via http://www.stroytrans.net

Siapa sih yang gak mau kurus? Apalagi tanpa harus diet ekstrim atau merogoh kocek yang dalam untuk biaya pendaftaran di gym. Membersihkan rumah adalah salah satu solusi terbaik untuk menurunkan berat badan!

Sama halnya berolahraga, tanpa disadari aktivitas bersih-bersih rumah ternyata dapat membakar timbunan kalori dalam tubuh. Ternyata ada lebih dari 5 pekerjaan rumah yang bisa menurunkan berat badan loh!

Salah satunya adalah, membersihkan kamar mandi. Aktivitas bersih-bersih kamar mandi ini dapat membakar hingga 200 kalori setiap 60 menit.

Selain itu, membersihkan dan menyikat lantai, dinding, dan bak kamar mandi sambil jongkok/ berlutut juga dapat membantu membakar lebih banyak kalori dan mengencangkan/ membentuk otot.

Uhhh, rumah bersih dan rapi, badan pun tidak buncit lagi. Horeee!

5. Melakukan kegiatan barbeque/memasak bareng calon mertua, keluarga atau teman.

Wuidiih, sedap puolll! via http://i1.mirror.co.uk

Nah, bagi yang sedang melakukan 'pdkt' ke calon mertua, inilah saat – saat yang terbaik dimana kamu bisa menunjukkan bahwa kamu juga bisa memasak makanan yang enak kepada calon mertua. Atau kamu juga bisa membantu mama kamu membuat masakan dan menyantap bersama dengan keluarga kecil kamu. Walaupun harus menghabiskan beberapa lembar uang untuk membeli bahan makanan, sih. Tapi tidak apa – apa. Yang penting liburan puas, hati senang, perut pun kenyang! Yeayyy..

6. Istirahat penuh untuk mengisi tenaga dan pikiran secara maksimal untuk bertempur kalau sudah masuk kerja.

Yuk, mari tidur! via http://s2.favim.com

Tidur juga termasuk liburan tergratis sedunia. Tinggal rebahan, pejamkan mata dan tidur deh. Namun ada yang perlu diperhatikan saat hari libur. Hindari menghabiskan waktu hanya dengan bermalas-malasan di tempat tidur, karena akan membuat tubuh menjadi lemas dan tidak memiliki energi untuk melakukan hal lain sepanjang hari.

Tidak berarti kamu harus bangun jam 5 pagi, tapi bisa menambahkan waktu tidur sekitar 1-2 jam dibandingkan hari biasa. Bangun pagi hari sebelum matahari tinggi dapat membuat pikiran kamu lebih segar dan bisa mengurangi stres. Kondisi ini membuat tubuh lebih sehat, serta membuat penampilan lebih terlihat cantik dan menarik.

7. Berkunjung ke rumah keluarga atau teman terdekat.

Berpelukan~ via http://m5.paperblog.com

Kamu juga bisa berkunjung ke rumah keluarga atau teman terdekat kamu. Selain mengobati rasa kangen, juga bisa meningkatkan komunikasi sesama anggota keluarga dan bisa mempererat tali pertemanan dan persahabatan. Asalkan tidak sibuk dengan gadget masing – masing, Liburan yang kamu jalani pun tidak akan sia – sia.

8. Menghabiskan waktu dengan melakukan perawatan wajah dan tubuh.

Maskeran dari bahan alami~ via http://onthefourthfloor.com

Kebanyakan sih, orang – orang yang baru habis berlibur pasti wajahnya gelap, kusam dan sebagainya deh. Tapi itu tidak buatmu, kenapa? Karena kamu bisa mekakukan perawatan sendiri saat berlibur di rumah!

Banyak sekali kegiatan perawatan dari ujung rambut sampai ujung kaki. Macam – macam bahan untuk melakukan perawatan sendiri juga banyak. Kamu bisa membuatnya sendiri dari bahan alami seperti scrub bibir dari madu dan gula atau masker rambut dengan minyak zaitun.

Atau buat kamu yang anti ribet, kamu bisa membeli beberapa produk perawatan wajah dan tubuh di toko atau supermarket terdekat. Harga pun bervariasi. Asal sesuaikan dengan jenis / kondisi kulit terlebih dahulu ya!

Nah, berikut 8 cara yang bisa kamu lakukan di rumah saat liburan. Kamu pun tetap bisa menghemat uang kamu deh. Selamat berlibur!