Hayo rencanakan liburan Anda dengan baik. Simak tipsnya berikut ini:

 

1. Cari Airport Alternatif

airport dadakan

airport dadakan via http://www.fabulousubud.com

Pikirkan opsi ini jika kota tujuan memiliki beberapa airport. Biasanya terbang ke airport yang skalanya lebih kecil bisa jadi sedikit lebih murah ketimbang airport besar (internasional) di kota yang sama. Bahkan pada beberapa kasus, tempat yang Anda tuju mungkin berjarak lebih dekat dengan airport alternatif tadi, dan oleh karenanya bisa menghindari macet-macetan di jalan. Pastikan Anda menghitung biaya transportasi (bus, taksi, kereta) sebelum Anda memutuskan airport yang ingin Anda tuju.

2. Pesan Tiket dan Terbang pada Hari yang Tepat

cari hari baik

cari hari baik via http://www.fabulousubud.com

Menurut salah seorang travel expert, hari yang baik untuk beli tiket adalah hari Selasa dan Rabu. Kebanyakan airline biasanya memberikan diskon pada hari Selasa, dan biasanya para pelaku bisnis penerbangan akan berlomba-lomba memberikan tiket dengan harga terbaik. Selain itu, Anda juga mungkin akan mendapat penawaran terbaik jika terbang pada hari Selasa, Rabu, atau Sabtu. Meski mungkin harus menunda kepergian karena menunggu hari yang tepat, tapi cara ini ampuh untuk menghemat biaya tiket pesawat.

3. Bayar Tiket dengan Rewards card sewaktu Pergi Rombongan

Pergi Rombongan lebih asyik...

Pergi Rombongan lebih asyik... via http://www.kalkulatorkredit.com

Dapatkan bonus miles sewaktu membayar tiket dengan kartu kredit reward. Jangan ragu untuk menalangi biaya perjalanan anggota rombongan dengan kartu Reward Anda karena bonus yang terkumpul akan langsung tersimpan di dalam akun Anda. Nantinya, mereka bisa langsung membayar tunai ke Anda. Cara ini bisa dibilang cara cerdas dalam membeli tiket pesawat, apalagi jika Anda tipe orang yang doyan travelling.

4. Hindari Berpergian pada Saat Liburan Panjang

Liburan sepi meski murah

Liburan sepi meski murah via http://www.fabulousubud.com

Kalau memang tidak harus, lebih baik hindari berpergian pada saat liburan panjang. Karena pada saat-saat tersebut, bisa dipastikan semua harga-harga seperti biaya tiket dan akomodasi akan melambung tinggi. Tentunya hal tersebut tidak baik untuk dompet Anda. Jadi kalau memungkinkan, pergi satu minggu setelah atau sebelum liburan panjang dimulai, supaya Anda mendapatkan harga terbaik.

5. Cari Penawaran pada saat tidak Peak Season

Jangan Pergi pas Musim Kawin eh Liburan

Jangan Pergi pas Musim Kawin eh Liburan via http://www.fabulousubud.com

Pelajari atau cari tahu, destinasi mana saja yang tidak peak season sewaktu Anda ingin berlibur. Beberapa destinasi di Eropa misalnya, hadir dengan penawaran yang lumayan menarik selama musim semi dan awal summer. Travelling pada saat tidak peak season bisa menghemat seluruh biaya liburan Anda hingga 50%.

6. Jangan Lupa Perpanjang Passport (Visa atau Masa Berlaku)

Gagal liburan

Gagal liburan via http://www.fabulousubud.com

Jangan menunda hinga detik-detik terakhir untuk memperpanjang masa berlaku passport Anda. Proses aplikasi bisa memakan waktu hingga 6 minggu, belum lagi biaya yang harus dibayarkan untuk layanan tersebut. Jika Anda sering terbang, pastikan masa berlaku passport Anda dalam rentang waktu aman.

7. Gabung dengan Situs-situs Diskon

Cari diskonan

Cari diskonan via http://www.fabulousubud.com

Situs seperti Groupon, Lakupon, dsb, biasanya memiliki deal-deal dan diskon menarik seputar tujuan wisata dan akomodasi yang bisa Anda beli. Oleh karena itu, jangan lupa mendaftar di situs-situs tersebut supaya Anda selalu update dengan penawaran-penawaran terbaru.

8. Packing koper Anda dengan Benar

Kelebihan muatan

Kelebihan muatan via http://www.fabulousubud.com

Hindari overweight atau overpacking sewaktu berpergian supaya Anda tidak dibebankan biaya tambahan. Bawalah barang yang perlu. Jika Anda berniat pergi untuk jangka waktu yang lama, ada baiknya mencari tahu biaya shipping dari beragam jasa pengiriman barang yang bisa mengirim ke tempat tujuan Anda. Menggunakan jasa pengiriman barang bisa jadi lebih murah ketimbang harus membawa barang-barang tersebut bersama Anda melalui airport.

9. Cari Akomodasi dengan Harga Terbaik

Hubungi hotel

Hubungi hotel via http://www.fabulousubud.com

Jika Anda tidak menemukan penawaran yang cocok dengan budget Anda di situs-situs travel, hubungi langsung pihak hotel atau resort untuk mengetahui penawaran terbaik. Kadang kala, rate yang diterbitkan secara online bisa saja lebih mahal. Ingat, hotel butuh tamu untuk mengisi kamar-kamarnya yang kosong, dan oleh karenanya jangan sungkan untuk nego dengan pihak hotel untuk mendapatkan paket atau rate terbaik.

10. Pelajari Opsi Moda Transportasi Darat

Lebih murah naik umum

Lebih murah naik umum via http://www.fabulousubud.com

Jangan tunda hingga akhirnya Anda tiba di airport dan masih bingung untuk bagaimana bisa mencapai hotel tujuan. Pelajari jenis-jenis transportasi yang tersedia, seperti kereta bawah tanah, layanan taksi, jasa penyewaan mobil sebelum Anda berangkat. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui perkiraan biaya transportasi dan cara mencapai tempat tujuan Anda.

11. Cari Tahu Tempat-tempat Gratisan

Hiburan gratisan

Hiburan gratisan via http://www.fabulousubud.com

Mungkin saja di kota tujuan terdapat tempat-tempat yang menggelar acara tanpa dikenakan biaya. Nah, ada baiknya Anda cari tahu mengenai hal tersebut untuk menekan pengeluaran. Jangan lupa untuk membeli voucher pada situs-situs diskon untuk memperoleh potongan harga di tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi.