Artikel ini merupakan kontribusi eksklusif dari Komunitas Blogger Jakarta

Teknologi informasi jadi salah satu jurusan kuliah yang paling diminati. Tak ayal, banyak dari mereka yang antusias menekuni dunia ini. Tak cuma otak-atik komputer, tapi juga jadi developer. Salah satu bukti nyatanya, yakni jadi pengembang aplikasi mobile.

Perkembangan mobile sangatlah pesat, dari waktu ke waktu terus ada pembaruan. Mungkin di suatu tempat A, sebuah aplikasi baru dikenalkan. Namun di suatu tempat B, aplikasi tersebut sudah mulai ditinggalkan. Ya, begitulah siklus teknologi yang terjadi saat ini.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Apakah perkembangan aplikasi mobile sudah bisa dikatakan bagus? Biar kamu yang menilai. Tapi yang jelas, sudah ada yang membuktikannya. Ini dia, aplikasi buatan anak bangsa yang berhasil memikat seluruh dunia.

1. Infinite Sky

Sudah pernah install game ini? via https://twitter.com

Suka permainan seru dan menantang? Mungkin kamu pernah meng-install game ini, yakni Infinite Sky. Sesuai dengan namanya, yang berarti langit tanpa batas, pengguna bisa memainkan game ini dengan seru dan leluasa, bahkan tanpa henti sebelum pesawat hancur.

Ya, game ini adalah game dengan tampilan grafis tiga dimensi. Di dalamnya, kita disuruh untuk menerbangkan pesawat dengan gesit. Prestasinya, game ini pernah masuk ke dalam TOP 10 aplikasi paling populer di App Store.

2. Save the Hamster

Coba main game ini yuk! via https://www.facebook.com

Suka permainan strategi dan berhubungan dengan matematika? Suka melatih logika? Save the Hamster bisa jadi pilihannya. Game yang diciptakan oleh tiga orang mahasiswa Universitas Trunojoyo ini, sebagai bukti bahwa anak Informatika juga harus dipandang seutuhnya.

Advertisement

Game yang berhasil meraih Juara 2 Imagine Cup 2013 di Rusia  ini berisikan strategi-strategi matematik, dan punya beberapa level. Sangat cocok dimainkan oleh anak-anak untuk melatih kemampuan berlogika. Namun, bisa juga dimainkan oleh orang dewasa. Semuanya tergantung selera.

3. Catfiz

Ayo kita dukung mereka berkarya via http://wmotion.co.id

Tak melulu soal WhatsApp, LINE, atau Facebook Messenger. Indonesia juga berhasil menelurkan karya di bidang aplikasi chatroom. Yakni, mahasiswa Institut Teknologi Surabaya yang berhasil menciptakan aplikasi chatting bernama Catfiz.

Saat ini, sudah ada lebih dari 6,5 juta pengguna, di mana terdapat 3,5 juta pengguna aktif. Sebuah prestasi yang tak boleh dipandang sebelah mata, bukan? Bahkan, tak cuma pengguna dari Indonesia, tetapi juga dari luar negeri pun turut menggunakannya.

4. Picmix

Apa kamu juga sering pakai Picmix? via https://www.instagram.com

Kaum hawa mungkin sudah tak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Ya, Picmix ialah ciptaan karya anak bangsa. Kita patut berbangga, karena aplikasi ini tak hanya populer di Indonesia, namun juga dunia. Sudah ada jutaan pengguna yang turut merasakan manfaatnya.

Banyak fitur yang bisa kita dapatkan dari Picmix. Mulai dari efek filter, frame, hingga mempercantik wajah supaya terlihat lebih cerah dan tanpa jerawat. Hingga sekarang, Picmix sudah digunakan lebih dari 10 juta pengguna.

5. Icon Pop Quiz

Mari bermain quiz! via http://wmotion.co.id

Kuis memang menjadi favorit pengguna ponsel pintar untuk menghilangkan penat sejenak. Tebak-menebak jadi salah satu aktivitas paling nagih saat bermain game. Sebut saja Icon Pop Quiz. Jangan salah, aplikasi game ini adalah buatan Indonesia.

Bekerja sama dengan perusahaan ternama Alegrium, game ini berisikan instruksi buat pengguna untuk menebak ikon-ikon yang kerap muncul di film, nama orang, brand, dan karakter imajinatif. Bagusnya, game ini pernah jadi TOP FREE di Amerika, Inggris, Kanada, Australia, Filipina, dan Indonesia.

Kalau sudah begini, masihkah kamu mau meremehkan anak Informatika? Khusus buat para calon mertua, tolonglah, jangan menunda-nunda. Segerakan saja!