Hai Pecinta Musik! Setelah lama terbiasa mendengarkan lagu-lagu kesukaan di music player, jadinya kepingin juga ya menonton para musisi itu membawakan lagu-lagu tersebut secara langsung? Ada sensasi yang berbeda saat mendengarkan lagu-lagu itu langsung dari "sumber"nya, karena itulah acara konser biasanya sangat diminati, terutama oleh fans berat musisi yang tampil. Menonton konser membutuhkan banyak persiapan. Nah, supaya kamu nggak panik, dari sekian banyak persiapan nonton konser ada lima hal utama yang perlu selalu kamu ingat, agar semua dana dan pengorbanan kamu untuk nonton konser terbayar manis.

 

1. Attend for the music, not for the hype

Kecuali kalau kamu punya dana berlebih untuk bisa menonton sebanyak apapun konser dalam setahun. Poin ini perlu kamu pertimbangkan. Tanyakan pada diri kamu, apakah kamu benar-benar akan menyukai musik yang dibawakan di konser itu atau kamu tergoda untuk datang ke satu konser karena kesannya konser itu hits banget dan artisnya juga terkenal? Hanya karena banyak orang di sekitar kamu mendengarkan lagu si artis, bukan berarti kamu harus "memaksa" diri untuk datang ke suatu konser yang kelihatan "wah" seperti orang-orang lain, kalau nantinya merasa bahwa kamu tidak terlalu menyukai musik yang dibawakan di konser tersebut.

Pertimbangkan juga kemana uang yang kamu habiskan untuk konser "gaul" bisa kamu alokasikan. Mungkin untuk menabung untuk menonton konser musisi yang memang kamu suka. Banggalah dengan selera musik kamu, dan jangan merasa "aneh" kalau kamu menyukai musik yang jarang disukai orang kebanyakan, ya!

2. Discography helps you to disco

Jaman sekarang informasi tersebar luas di internet, tidak susah kok untuk sedikit melakukan riset tentang musisi yang kamu minati. Coba cari info mengenai discography musisi tersebut, yang memuat apa saja album musik yang sudah dirilisnya. Siapa tahu ada lagu lain di album terdahulu yang juga sesuai sama selera kamu.

Kamu akan bisa lebih cepat "nyambung" untuk menikmati lagu yang sedang dibawakan si musisi saat konser, kalau perbendaharaan lagu kamu lebih dari satu-dua lagu hit mereka. Soalnya, jelas dalam sebuah konser bahwa si artis tidak mungkin hanya membawakan lagu populer mereka, tapi juga lagu lain dalam album yang sedang dipromosikan atau lagu dari album terdahulu. Biasanya, justru lagu-lagu yang sedang "hits" sengaja disimpan menjelang atau di akhir-akhir konser, karena tahu kalau itu yang ditunggu-tunggu penonton. Garing kan, kalau baru bisa nyambung sama lagu yang dibawakan waktu menjelang konser selesai?

3. Information guarantee satisfaction

Biar kamu nggak gigit jari setelah keluar uang banyak untuk beli tiket, rajinlah mengumpulkan informasi lengkap untuk mendukung persiapan menonton konser kamu secara keseluruhan. Media sosial promotor/organizer konser adalah salah satu sumber informasi paling praktis untuk tahu segala hal yang berkaitan dengan konser yang akan kamu datangi. Kamu bisa tahu promo diskon tiket, lokasi dan waktu penukaran tiket, seluk beluk venue (lokasi) konser, aturan yang harus diikuti saat menonton konser, sampai ke info soal waktu open gate dan banyak hal lain.

Dari promotor/organizer juga, kamu bisa dapat info soal keberadaan event ekstra seperti soundcheck party (akses menonton musisi saat sedang cek sound sebelum konser dimulai) atau fan meeting. Jadi pastikan kamu nggak ketinggalan ya. Karena biasanya, sebelum ditanyakan pun para promotor/organizer sudah menyediakan berbagai informasi secara lengkap.

Kalau konsernya ada di luar kota kamu atau bahkan luar negeri, pastikan kamu juga siap dengan akomodasi dan transportasi yang memadai. Mengetahui info ramalan cuaca juga bisa berguna supaya kamu nggak bete jika harus cari payung atau kepanasan (apalagi kalau konsernya outdoor). Kumpulkan informasi secara detail dan lengkap, kalau perlu juga dicatat sehingga kamu jadi tahu mulai dari apa yang harus dipakai, dibawa, dan dilakukan demi menonton konser dengan nyaman dan aman.

4. Best experience comes from respect

Kamu harus ingat kalau kamu bukan satu-satunya yang sudah membayar dan "berkorban" waktu, uang, dan tenaga demi bisa mendatangi sebuah konser. Ada ratusan atau bahkan ribuan orang lain yang juga ada dalam kondisi yang sama dengan kamu, dan mereka juga ingin pengalaman menonton konser yang terbaik, seperti kamu juga. Hargai sesama penonton dan perlakukan mereka seperti teman, karena kalian akan menonton konser dan bersenang-senang bersama. Ingat juga bahwa semua penonton punya hak yang sama untuk bisa menikmati konsernya. 

Percayai juga kalau promotor/organizer sudah mengatur penyelenggaraan konser dengan sedemikian rupa, sehingga semua penonton mendapatkan kenyamanan. Adanya peraturan yang harus diikuti selama konser bukan tanpa alasan, dan tentunya bukan untuk membatasi pengalaman menonton kamu. Pihak musisi yang tampil juga berhak menentukan suatu aturan agar musisi yang tampil bisa tampil nyaman juga di panggung. Sikap menghargai dan menghormati yang ditunjukkan antar penonton selain ke musisi yang tampil, akan memberikan kesan yang positif, sehingga besar kemungkinan kalau musisi tersebut akan kembali mengadakan konser di lain kesempatan dan nggak kapok karena rusuh atau ketidaktertiban.

5. Enjoy with your senses, not with your smartphone

Iya sih, pastinya selalu ada keinginan untuk mengabadikan setiap momen yang terjadi saat konser. Iya sih, kayaknya kalau nggak update lagi nonton konser itu kurang afdol. Sewajib itu nggak sih kalau akhirnya malah bukannya mata kamu yang ngerekam semua momen konser, tapi kamera HP kamu?

Pencahayaan konser saat sudah dimulai sebenarnya cukup mirip dengan di bioskop, di mana diharapkan agar panggung lah yang menjadi fokus seperti halnya layar. Fokuskanlah perhatian kamu ke panggung, tapi jangan gantikan indra kamu dengan fitur perekam smartphone kamu, apalagi kalau sampai mengganggu penonton lain. Sebenarnya semua kembali ke pilihan kamu sih, mau seberapa banyak dan seberapa lama jepret-jepret dengan HP kamu, tapi alangkah baiknya jika perhatian kamu tidak terus menerus terpecah saat harus mengoperasikan HP kamu di tengah-tengah konser.

Promotor/organizer biasanya sudah menyiapkan semacam photobooth kok untuk tempat kamu berfoto sebagai "bukti" kalau kamu nonton konsernya. Kalau ingin mengabadikan wajah musisi idola saat di panggung, sebaiknya juga jangan memaksakan diri mengingat kamu bukan fotografer profesional. Nikmati saja dengan mata dan perasaan kamu, sensasi saat musik dan musisi yang kamu kagumi tampil langsung di "hadapan" kamu 🙂. Jangan lupa kalau sudah nonton segera ditulis pengalamannya untuk dishare di Hipwee!