Pulau Lombok yang kini banyak di minati olh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Pulau Lombok dengan keindahannya menjadikan para wisatawan ingin selelu kembali untuk menikmati panorama alam yang membuat hati adem dan tenang. Lombok yang terkenal dengan pantainya yang masih perawan dan berpasir putih ingin rasanya menetap di pulau ini begitulah ungkap para wisatawan.

Namun, Lombo tidak hanya sekadar pantai saja, bnayka juga obyek wisata alam yang lain di Lombok, salah satunya air terjun. Obyek wisata air terjun di Lombok yang rata-rata airnya bersumber dari Gunung Rinjani ini menjadikan Lombok semakin banyak pemintanya, bayangkan saja apa jenis wisata  yang anda cari di Pulau Lombok ini tersedia dengan akses yang cukup mudah dan tentunya masih alami.

Untuk Obyek Wisata pantai tetunya Lombok sudah tidak diragukan lagi dengan keindahannya namun belum banyak yang tau kalau Lombok juga memiliki obyek wisata air terjun yang terbilang cukup banyak untuk bisa di kunjungi. Berikut ini adalah daftar obyek wisata air terjun di Lombok.

1. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep yang terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Air terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian 42 meter dan bertingkat-tingkat. Air ini cukup terkenal bagi wisatawan lokal, nasional maupun manca negara karena keindahannya yang sangat eksotis. Air Terjun Ini bersumber dari Pegunungan Rinjani dengan air yang dingin membuat anda ingin selalu berada di sini. Anda akan menelusuri hutan dan bebatuan untuk menuju ke obyek wisata ini.

2. Air Terjun Sekeper

Air Terjun Sekeper ini yang berlokasi ada di desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Air Terjun Tiu Sekeper memiliki ketinggian yang mencapai 100 m lebih. Menurut informasi yang didapat, air terjun ini merupakan air terjun yang paling tinggi di Lombok dengan debit air yang begitu besar dan deras sehingga jarang sekali orang bisa mendekati bawahnya. Tentunya air terjun ini airnya bersumber dari Gunung Rinjani.

3. Air Terjun Benang Kelambu

Advertisement

Wisata di Lombok via http://www.wisatadilombok.com

Air Terjun Benang Kelambu ini berdekatan dengan Air Terjun Benang Stokel yang Terletak di daerah Kabupaten Lombok Tengah, Desa Batukliang Utara. Ketinggian air terjun ini sekitar 40 meter dengan curahan air yang begitu banyak disekitar tebing yang penuh ditumbuhi tumbuhan air.

Akses untuk menuju air Terjun ini terbilang mudah dan tentunya akan menelusuri hutan tropis, namun jika anda ingin dengan meudah untuk menuju obyek wisata ini dari lokasi parkir anda bisa memesan ojek yang akan mengantar anda ke lokasi Air Terjun Benang Kelambu.

4. Air Terjun Umar Maya

Lokasinya Air Terjun Umar Maya berada di Desa Bilok Petung, Sembalun, Lombok Timur. Kalau dari arah BukitSelong, kita tinggal ke utara aja, ke arah Desa Sajang, kemudian lanjut ke Desa Bilok Petung. Kalau sudah sampai desa Bilok Petung, tinggal tanya ke warga sekitar, pasti mereka tahu. Air Terjun Umar Maya tingginya kira kira cuma 10 meter. Keunikan Air Terjun ini memiliki terbing yang melingkar seperti kolam dan disekitarnya ada bebatuan yang menjadikan tempat ini terlihat Exotic.

5. Air Terjun Dewi Selendang

Wisata Lombok via https://1.bp.blogspot.com

Air Terjun ini Lokasinya ada di Desa Sambik Elen Lombok Utara. Air terjun ini terbilang unik dari pada air terjun yang ada di Pulau Lombok ini, karena bentuknya tidak berbentuk tebing tegak berdiri namun ia adalah aliran sungai yang cukup miring dan panjang sehingga aliran sungainya cukup deras dan keras.

Batu-batu yang membentuk air terjun ini cukup indah karena hampir semua alirannya terbuat dari batu cadas yang halus dan berwarna warni. Kolamnya besar bisa digunakan memanjakan tubuh anda sambil berendam menikmati pemandangan sekitar. 

Masih banyak Obyek Wisata Air Terjun di Lombok yang belum di Explore dari informasi yang di dapat ada sekitar 39 Air Terjun yang ada di Pulau Lombok ini.