Hello guys tau kota JAKARTA kan? Kalo BANDUNG? BALI? RIAU? SEMARANG?

Gimana kalo KOTA TEGAL? Pasti tau dong??. Kalo belum pernah tau kota nya seenggaknya pernah denger kan kota tegal itu kira-kira seperti apa?.

Pasti yang kalian ingat di dalam fikiran kalian adalah kota yang identik dengan logat ngapak nya yang mendhoknya lucu banget hahaha. Iya Tegal ini adalah kota yang sedang berkembang di Jawa Tengah dengan pembangunan besar-besaran oleh pemerintah. Kini Tegal menyuguhkan berbagai destinasi yang apik. Sebelum aku kasih tau destinasi apa saja yang ada di Tegal aku kasih tau slogan kota Tegal dulu ya guys , sloganya “TEGAL NGANGENI LAN MBETAHI” inget-inget slogan ini sampai kalian bener-bener sampai dan mampir di kota TEGAL ya guys dan buktiin kalau slogan ini benar adanya haha.

“TEGAL NGANGENI LAN MBETAHI”  dalam bahasa indonesia berarti “tegal kota yang akan selalu bikin kangen dan selalu bikin kita betah berada disana”.

Udah nggak sabar ya... yuk cuzzz aku kasih liat destinasi yang ada disana.

 

1. Pemandian air panas guci

Pemandian air panas guci

Pemandian air panas guci via https://www.google.com

Pemandian air panas Guci merupakan salah satu maskot kab.tegal dimana pemandian ini benar-benar mengalirkan air panas. Guci, tempat yang wajib di kunjungi untuk melepas lelah setelah beraktifitas. Suasananya masih asri dan udaranya sangat sejuk. Lokasi Obyek Wisata Guci adalah sekitar 30 km dari Slawi atau 40 km dari Kota Tegal menuju ke selatan. Guci berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa yaitu kecamatan paling selatan di Kabupaten Tegal yang berada tepat di bawah kaki Gunung Slamet(3.428 M).

Untuk menuju ke OW (Obyek Wisata) Guci kita akan melewati perbukitan dan jalan yang cukup terjal. Namun dibalik itu semua, kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang luar biasa. Banyak bukit-bukit, sungai, perkebunan yang bisa ditemui di sepanjang jalan.

Sesampainya di Guci, kita akan merasakan kesegaran udara dan hawa yang cukup dingin. Para penjaja oleh-oleh bisa ditemukan di sepanjang jalan. Ada banyak pilihan pemandian yang ditawarkan, ada yang berbentuk pemandian terbuka, tertutup, maupun kolam renang. Kita tinggal pilih sesuai dengan keinginan. Jika kita merasa lelah, di sini banyak penyewaan kuda juga lho. Jika belum mahir, ada joki yang siap membantu.

Air panas yang ada di Guci konon berkhasiat untuk menyembuhkan gatal-gatal pada kulit. Karena memang mengandung belerang.

biaya masuk Rp.7.500 per orang, tiket parkir Rp.3.000.

Untuk yang takut dan sedikit risih kalau harus berendam sama-sama di pemandian ini bisa aja pilih waterboomnya yang ada disana ada waterboom GUCIKU. Pemandian dengan nuansa modern yang menyuguhkan bukan sekedar berendam air panas tetapi juga outbond air, flying fox di air, juga botol tampung air panas raksasa yang akan menumpahi tubuhmu menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan.

Biaya yang dikeluarkan : tiket masuk dewasa @Rp.25.000/ orang, dan @12.500 untuk anak-anak.

Masih terjangkaukan untuk para mahasiswa?

Berani coba?

2. Curug Penganten Cawitali

Curug Penganten Cawitali

Curug Penganten Cawitali via http://wisatategal.com

Hello guys tau air terjun niagara kan? Iyap bener banget air terjun terbesar yang ada di amerika utara, tapi gak perlu jauh-jauh kesana hanya dengan melancong ke kota tegal juga nggak ada salahnya. Selain kota yang dikenal dengan medhoknya pasti belum pada tau kan kalau ternyata Tegal menyimpan banyak sekali air terjun atau sebut saja curug. Salah satunya Curug Penganten yang lokasinya terletak di Desa Cawitali, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Seger banget kan liat gambarnya, gimana kalo beneran nyebur disitu?? Ayoo anda penasaran? Sesekali kunjungi destinasi ini ya yang masih asri dan alaminya terjaga.

3. Curug Kembar Bumijawa

Curug Kembar Bumijawa

Curug Kembar Bumijawa via http://wisatategal.com

Letak Curug Kembar ini ada di dekat dengan Guciku Hot Waterboom, tepatnya sebelah Villa Syariah, masuk dalam Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Namun kita harus turun ke bawah, namun harus hati-hati karena jalan yang cukup licin. Hanya cukup berjalan beberapa meter saja melewati sawah kita sudah bisa mencapai curug yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter ini.

Abadikan fotomu dengan berbasah-basahan ? no problem kan untuk seorang yang bilang "MY Trip My Adventure"?

4. Curug Monyet

Curug Monyet

Curug Monyet via http://wisatategal.com

Curug Monyet merupakan salah satu curug atau air terjun yang ada di Dusun Gunung Guntur, Desa Cawitali, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Dari namanya saja bisa kita tebak bahwa memang dahulu di tempat ini banyak monyet liar yang berkeliaran. Curug ini cukup dimitoskan oleh warga sekitar, namun tujuan utamanya adalah agar air terjun ini tetap alami. Untuk menuju tempat ini, tergolong cukup sulit, karena sepinya lokasi dan jalannya yang cukup berliku. Jika dari pertigaan Tuwel, ambil ke kanan (barat) ke arah Bumijawa, lurus hingga ketemu dengan gerbang desa Jejeg lurus sedikit ke barat hingga ketemu pertigaan, lalu kemudian ambil kanan (utara). Lurus hingga bertemu dengan desa Pagerkasih dan lurus ke utara ke arah desa Cawitali. Sebelum masuk Cawitali, ada sebuah jembatan besar yang ciri-cirinya sungainya kering dan ada sebuah warung setelah jembatan. Jika menamukan jembatan tersebut, ambil jalan kecil yang belum diaspal sebelum jembatan, lurus hingga ketemu gapura Kandang Ayam. Biasanya kendaraan seperti motor diparkir di dekat sini. Lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit di jalan setapak sebelah kiri sebelum gapura Kandang Ayam. Naik terus mengikuti jalan kemudian turun ke sungai melawan arus. Hati-hati dengan jalan yang terjal. Tertarik untuk mengeksplore Curug Monyet? Pastikan untuk tidak malu bertanya kepada warga sekitar ya. Disarankan untuk tidak menganggu habitat di sana seperti monyet yang kemungkinan akan ditemui. Jangan juga membuang sampah sembarangan atau melakukan aksi vandalism. Yuk, Tegal itu indah lho!

5. Wana Wisata Guci (WAGU)

Wana Wisata Guci (WAGU)

Wana Wisata Guci (WAGU) via http://wisatategal.com

Abadikan fotomu disini bersama keluarga, sahabat atau kekasih.

Wana Wisata Guci atau Wagu merupakan salah satu obyek wisata yang bernuansa alami di dekat Pemandian Air Panas Guci, Bumijawa, Kabupaten Tegal.

fasilitasnya terbilang lengkap, mulai dari villa, kolam renang dewasa hingga anak-anak, out bound, play ground, rumah pohon, resto, bumi perkemahan, paint ball, dan Curug Jedor. Tak ayal, hampir setiap musim liburan, tempat ini selalu penuh terlebih untuk penyewaan villanya. Biaya yang dikeluarkan murah sekali.

Biaya Masuk

Anak-anak Rp. 10.000.
Dewasa Rp. 15.000

Kami sarankan juga untuk reservasi jauh-jauh hari jika ingin menginap di Wagu. Ada diskon khusus diluar hari libur. Siapkan juga tikar dan makanan yang cukup ya :)

Kunjungi juga wanawisata-guci.com.

6. Bukit Batu Agung

Bukit Batu Agung

Bukit Batu Agung via http://wisatategal.com

Bukit Batu Agung atau daerah setempat menyebutnya dengan nama Gua Lawa sebenarnya adalah satu tempat yang sama. Terletak di 3 desa yaitu Desa Batu Agung, Desa Harjawinangun, dan Desa Bukateja. Semua berada dalam wilayah administratif Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal.

Bukit Batu agung ini sebenarnya sedang ngehits banget di kalangan anak muda Brebes-Tegal sebagai wisata alternatif yang berbau alam yang memang sedang populer belakangan ini setelah adanya slogan My Trip My Adventure. 

 

Sebenarnya, Batu Agung ini adalah nama sebuah desa di kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Indonesia. Di desa ini terdapat sebuah bukit yang disebut dengan "gunung lawa" karena banyaknya lawa (bahasa jawa) yang artinya kelelawar yang hidup di goa-goa yang terdapat di gunung lawa. Tetapi sekarang, bukit ini lebih dikenal dengan nama Batu Agung karena bukit ini terdiri dari tumpukan bebatuan yang sengaja disusun.

Dari SMA N 1 Balapulang lurus terus nanti akan menjumpai pertigaan dan ada gapura besar di sisi kanan jalan dengan tulisan Desa Batuagung. Dari situ silahkan kalian melihat-lihat petunjuk jalan yang memang sudah di siapkan oleh warga dan ikuti jalan yang ada hingga bertemu dengan kebun tebu. Dari kebun tebu, kendaraan hanya bisa sampai sini.

 

Untuk masuk ke bukit Batu Agung di kenakan tarif masuk sebesar Rp. 5.000/ orang, jalan yang di lalui cukup terjal jadi diharuskan selalu hati-hati. Jalanan yang sangat rusak juga memerlukan kewaspadaan tinggi apalagi ketika musim hujan sekarang ini. Selanjutnya kalian harus berjalan kaki dari tempat penitipan motor sekitar 25-40 menit untuk mencapai puncak bukit Batu Agung. Diperjalanan menuju puncak bukit akan di suguhkan dengan keindahan pepohonan yang tertata rapi dan rindang serta batu-batuan yang sangat besar di sepanjang jalan.

Benar-benar TRIP.. you wanna try?

Selfi sekalian uji adrenalinmu disini !

7. Danau Beko Margasari

Danau Beko Margasari

Danau Beko Margasari via https://www.google.com

Satu lagi tempat wisata baru yang ada di Tegal, sebenarnya bukan tempat wisata. Namun akhir-akhir ini menjadi pusat perhatian masyarakat karena memang tempat tersebut terbilang indah dan langka. Ya, Danau beko, begitu warga sekitar menyebutnya. Bukan waduk atau merupakan cekungan bekas penambangan batu kapur oleh warga. Cekungan tersebut terisi oleh air hujan dan lama-kelamaan penuh dan terbentuklah sebuah danau. Tidak hanya satu lho, namun ada lima buah. Kesemuanya memiliki daya tarik tersendiri.

Danau Beko ini berlokasi di Dusun Karangdawa Desa Karangasem, Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Dari Perempatan pasar Margasari, ambil jalan ke utara sekitar 4 KM. Nanti ketemu gerbang Dusun Karangdawa di sebelah kanan, kemudian lurus hingga 200 meter sampai ketemu pertigaan, ambil kiri. Nah dari situ kita bisa melihat danau yang airnya berwarna hijau yang dikelilingi bukit-bukit kapur. Kalian pasti pingin tau biaya masuknya berapa? Dan yang satu ini gratis haha.

 

8. Guci Paintball

Guci Paintball

Guci Paintball via http://wisatategal.com

Untuk sarana dan prasarana sudah cukup memenuhi standar keamanan, karena dalam paket penyewaan sudah termasuk safety mask/ google full face, body protector, sarung tangan, senjata, dan peluru khusus paintball (berjumlah 6 buah). Meskipun sudah sesuai standar keamanan, tetap patuhi peraturan dalam permainan ini ya. Arena permainan juga masih alami, banyak semak-semak dan pepohonan besar yang membuat permainan menjadi semakin seru bahkan terkadang kita bisa lupa waktu karena serunya permainan ini. Jika masih pemula, pengelola siap kok mendampingi dan menjelaskan secara detail apa yang harus diperhatikan dalam permainan ini.

Permainan ini sendiri dikelola mandiri secara professional oleh beberapa entrepreneur muda asli Guci yang ingin memberi warna baru wisata di daerah Guci. Harga yang ditawarkan juga cukup murah. Jika peluru habis, bisa juga lho reload peluru, namun dikenakan biaya tambahan.

Lokasi Guci Paintball sendiri ada di Wanawisata (yang sebelumnya merupakan Bumi Perkemahan).

9. Jembatan Gantung Danawarih

Jembatan Gantung Danawarih

Jembatan Gantung Danawarih via http://wisatategal.com

Jembatan gantung yang berada di desa Danawarih kecamatan Balapulang kabupaten Tegal ini terletak tidak jauh dari Bukit Sitanjung. Bendungannya sendiri mulanya dibangun oleh pendiri Tegal yakni Ki Gede Sebayu. Fungsi utama dari bendungan Kali Gung ini adalah sebagai sarana irigasi. Sedangkan fungsi utama dari jembatan gantung ini adalah sebagai penghubung yang menghubungkan desa Danawarih dengan desa Sangkanjaya Kecamatan Balapulang. Jembatan ini dibangun pada tahun 1992 dengan panjang 273 meter dan lebar hanya 1 meter. Di jembatan ini juga sering buat foto pre wed loh. Mau coba juga?

10. Rita park

Buat yang lagi capek dan nggak pengin wisata alam, kalian bisa kesini aja guys "RITA PARK" uji adrenalinmu dengan wahana-wahananya. Setelah uji adrenalinmu kalian juga bisa shoping dimall dibagian depan rita park guys namanya "RITA MALL". Rita Park ini merupakan wahana permainan yang terbesar di Jawa Tengah untuk saat ini. Tempat ini masih satu komplek dengan Rita Supermall Jl. Kol. Sugiono No.155, Tegal. Jadi lokasinya sangat strategis.

Wahana yang baru dibuka pada 31 Maret 2013 (grand opening) kemarin, menawarkan 21 wahana permainan baik untuk anak-anak maupun dewasa. Bagi Anda yang suka memacu adrenalin, juga wajib mencoba salah satu wahana yang ada di Rita Park. Karena ada yang menyebut bahwa Rita Park adalah “Dufan Mini”. Jadi tidak perlu jauh – jauh ke luar kota jika ingin mencoba wahana permainan – permainan tersebut.

Tiket Rita Park terbagi menjadi dua golongan yaitu tiket perwahana dan tiket terusan. Apa sih bedanya? Tiket perwahana adalah tiket yang menyesuaikan wahana apa saja yang akan kita naiki. Tiketnya nanti berbentuk seperti tiket elektronik. berbeda dengan tiket terusan. Yaitu kita bisa mencoba semua wahana yang ada di Rita Park. Nanti tiket terusan ini berbentuk gelang. Asyik bukan?

Makanya, liburan ke Tegal belum lengkap rasanya jika belum mencoba wahan yang ada di Rita Park.

Rita Park buka mulai jam 09:30 – 21:00 WIB (hari Senin – Jum’at dan Minggu) dan 09:30 – 21:30 WIB khusus hari Sabtu.

11. Pantai Alam Indah (PAI) dan monumen bahari

Pantai Alam Indah (PAI) dan monumen bahari

Pantai Alam Indah (PAI) dan monumen bahari via http://wisatategal.com

Daritadi kita bicara daerah pegunungan terus ya guys , di Tegal juga ada suasana berbeda selain curug,guci dan lainya. Tegal juga terkenal dengan bahari nya.

Pantai alam indah atau yang sering disebut PAI . Untuk Anda yang suka dengan suasana alam pantai bisa berkunjung ke tempat wisata yang satu ini nih jika sedang berada di kota Tegal. Kalau saya pribadi sih paling suka dengan suasana pantai maupun laut atau tempat yang masih berbau alam. Lokasi Pantai Alam Indah ini tidak jauh kok jika dari kota Tegal, dan tempatnya juga sangat strategis karena berada di jalur pantura. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pemandangan yang indah, disini pengunjung dapat melihat hamparan pantai yang indah serta laut jawa yang memiliki ombak besar.

Selain menikmati indah pantainya anda beserta keluarga juga bisa mengedukasi putra-putrinya dengan mampir ke monumen bahari yang terletak di pintu masuk pembelian tiket. Anda dan keluarga juga bisa mengabadikan foto bersama keluarga disana.

12. Patung-patung poci

Patung-patung poci

Patung-patung poci via http://wisatategal.com

Kalian yang mengunjungi kota Tegal dan kab.tegal pasti melihat beberapa patung poci disana. Loh kenapa bisa patung poci kenapa nggak patung piring atau lainya? Iya guys tradisi moci dilesehan sudah turun temurun di kab.tegal ini. Moci? Iya moci. Itu loh minum air teh panas dengan teh yang wasgitel atau wangi, panas , legi, kenthel, yang disuguhkan menggunakan poci yang dibuat dengan tanah liat. Makanya patung-patung poci besar dijadikan maskot kab.tegal. Kalau kalian mampir kesini jangan lewatkan coba moci ya guys. Ada juga patung tahu haha. Kok tahu? Iya tahu pletok asli slawi ini juga merupakan maskot kota yang tak tertandingi tahu pletok panas yang disuguhkan bersama teh poci wasgitel menambah kemesraan indahnya malam di tegal. Kalau kalian bingung mau cari oleh-oleh apa disini beli aja tahu pletok(tahu aci) dan teh kemasan juga pocinya.

 

Demikian tentang kab.tegal dan kota Tegal yang bisa aku informasikan guys. Ditunggu kalo kalian punya nyali nge-Trip ke kota kami tercinta.

 

13. Patung Tahu Pletok/ tahu aci

Patung Tahu Pletok/ tahu aci

Patung Tahu Pletok/ tahu aci via http://wisatategal.com

Patung Tahu Pletok/ tahu aci maskot kota slawi kab.Tegal