Kata orang, mantan itu susah dilupakan. Apalagi kalau yang sudah pacaran bertahun-tahun, tunangan, atau hampir nikah, tapi malah pisah. Banyak pula yang menyebut mantan adalah hal terindah yang pernah dimiliki (eaaa). Gak sampai segitunya juga, kali! Asal kamu tahu, mantan itu adalah bagian dari masa lalumu. Suka-duka yang kalian rasakan dulu hanyalah bagian dari kenangan. Kenangan yang harus dilupakan, demi kebaikan dan masa depan kalian masing-masing. 

Jadi, buat kalian yang masih sibuk mikirin mantan dan bilang "susah lupain dia." Belajarlah melupakannya dari sekarang! Jika kamu memang niat mencoba pasti bisa, kok. Toh, ini demi masa depanmu juga. Dan mungkin 8 cara ini bisa membuatmu perlahan melupakan spesies yang bernama mantan itu!

 

1. Balikin semua barang yang pernah dia kasih. Termasuk hapus foto-fotonya dari kontakmu

balikin aja semuanya

balikin aja semuanya via http://www.instablogs.com

Cara paling awal untuk melupakan mantan adalah dengan menyingkirkan segala hal yang berkaitan dengannya. Apapun yang pernah dia kasih ke kamu, balikin aja. Kalau dia gak mau nerima lagi, ya udah... kamu jual aja. Buat cowok, kalau mantanmu balikin barang yang dulu pernah kamu kasih ke dia, jual aja juga. Itung-itung kalian bisa nambah uang jajan, kan? 

"Karena barang dari mantan itu bisa jadi tambahan pas akhir bulan."

2. Jangan menyendiri! Melupakan mantan itu harus dengan suasana ceria dan semarak

sendiri itu gak enak~

sendiri itu gak enak~ via http://rebloggy.com

Mau ngelupain mantan kok di tempat sepi. Melupakan mantan itu harus dalam suasana semarak alias banyak temennya. Gabung sama temen-temenmu atau main sama mereka. Dengan begitu, pikiranmu tentang si dia akan teralihkan karena hal lain yang lebih seru.

 

3. Cari gebetan, sana!

cari aja yang baru

cari aja yang baru via http://www.youtube.com

Iya sih dia memang udah terlanjur membekas di hati. Tapi, dunia ini kan lebar. Kamu bisa menemukan orang lain yang lebih baik daripada mantanmu itu. Jadi, coba cari gebetan baru! Carilah sosok yang tepat yang benar-benar sesuai dengan hatimu. Kali ini usahakan bahwa gebetanmu itu memang beda sama mantanmu. Agar kamu gak keinget terus sama mantanmu itu.

4. Stop dengerin lagu-lagu yang bisa bikin kamu inget dia lagi!

Mbak Adele, jangan bikin baper!

Mbak Adele, jangan bikin baper! via http://justsomething.co

Kalau mau melupakan mantan, stop dengerin lagu kenanganmu sama dia! Stop juga dengerin lagunya Mbak Adele yang menyayat kalbu hingga membuat air mata terjatuh itu! Jangan sampai hanya gara-gara lagu Adele secuil kamu inget lagi sama mantan dan nekat message mantan dengan lirik lagu Hello-nya Adele seperti gambar di atas. Please... harkat dan martabatmu masih sangat berharga untuk dijaga.

"Karena Adele setitik, rusak move-on selamanya."

5. Pikirin ketidakcocokan kalian! Pikirin sakit hatimu selama bersama dia!

Kita memang tak cocok, Bang!

Kita memang tak cocok, Bang! via http://www.addictionhope.com

Ketika ada niatan bagimu untuk kembali sama dia, ingatlah masa-masa dimana kamu dan mantan saling bersiteru. Ingatlah bahwa kalian memang tidak cocok! Ingat juga sakit hatimu ketika bersamanya! 

"Mau balikan sama mantan? Udah siap hatimu diremukin lagi? Ingat, hatimu itu cuma satu!"

 

6. Yakinkan dirimu bahwa dia memang bukan jodoh yang ditulis Tuhan untukmu!

Tuhan....

Tuhan.... via http://pixabay.com

Jika kamu sudah gak kuat, lambaikan tangan kepada Tuhan. Berdo'alah pada-Nya dan mantapkan hatimu bahwa mantanmu itu memang bukan jodoh yang ditulis oleh Tuhan. 

"Percayalah, jodohmu sedang menunggu di suatu tempat minta dijemput!"

7. Fokus pada karir atau pendidikanmu! Mending mikirin masa depan daripada mikirin mantan!

aku bisa tanpa kamu~

aku bisa tanpa kamu~ via http://www.dailyfinance.com

Sejam buat mikirin mantan? Duh, gak ada gunanya! Mending waktu sejam itu buat ngerjain tugas kuliah atau kerjaan kantormu. Kalau hasil kuliah atau kerjaan kantormu bagus, kamu bakalan punya prestasi membanggakan nantinya. Masa depanmu akan cemerlang. Dengan kesuksesanmu itu kamu bisa meyakinkan mantan bahwa kamu bisa sukses tanpa dia. Kamu pun bisa membuktikan padanya bahwa pilihannya untuk berpisah denganmu itu salah, karena kini ternyata kamu bisa menjadi orang yang sukses!

8. Berhenti hubungi dia jika itu gak penting! Hubungi aja pas kamu pengen ngasih tahu dia kalau kamu bakalan nikah!

kirim undangan aja~

kirim undangan aja~ via http://www.hongkiat.com

Jangan hubungi dia kecuali itu darurat! Misalnya, kamu pengen ngasih tahu dia kalau ada acara reuni kampus. Cukup segitu aja. Bukan berarti kamu menjauhi dia atau memutus tali silaturahim dengannya. Bukan! Itu hanya salah satu cara agar kamu gak ada niatan buat kembali padanya dan fokus melupakan dia. Atau kamu boleh hubungi dia kalau kamu udah punya undangan nikah yang siap disebar. Kayaknya pilihan itu lebih bagus, deh. Sekalian nyombong dikit ke mantan, kalau kamu ternyata bisa bahagia sama orang lain selain dia.

Jadi mulai sekarang, belajarlah melupakan mantan! Fokus pada dirimu dan masa depan! Lagipula, ngapain kamu mengingat mantan kalau dia sendiri saja tidak pernah mengingatmu, iya kan?