Bandeng dan udang merupakan ikon dari kota Sidoarjo. Dilihat dari topografinya, wilayah kabupaten Sidoarjo berbatasan langsung dengan kota Surabaya dan juga wilayah Gresik di sebelah utara, sebelah timur dengan selat Madura, sebelah selatan dengan Pasuruan dan sebelah barat dengan Mojokerto. Sebagai salah satu penyangga kota Surabaya, Sidoarjo memiliki berbagai potensi diantaraya seperti industri dan perdagangan, pariwisata usaha kecil dan menengah. 

 

1. Nikmati pantai Kepetingan di pedalaman Sidoarjo.

Disini kamu akan merasakan ketenangan

Disini kamu akan merasakan ketenangan via http://dprd-sidoarjokab.go.id

Siapa bilang Sidoarjo gak punya tempat wisata alam? Sedikit menjauh dari pusat kota Sidoarjo, tepatnya berada di Desa Sawohan kecamatan Buduran, kamu dapat menikmati keindahan pantai. Satu hal yang unik, kamu hanya bisa melaluinya hanya dengan menggunakan perahu yang disediakan nelayan setempat.

Bak sungai di pedalaman Kalimantan, sepanjang perjalanan menyusuri pantai kamu akan disuguhkan dengan hijaunya daun dari hutan bakau, merdunya kicauan burung yang bersahutan bertengger seakan menjadi hiburan tersendiri. Pantai ini sangat ramai dikunjungi diakhir pekan, terlebih lagi ketika diadakan upacara Nyadran, ritual sedekah laut yang dilakukan sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2. Selayang pandang di museum Mpu Tantular.

Mari belajar sejarah

Mari belajar sejarah via http://dibidik.com

Di atas lahan seluas 3,28 hektar di Jalan Raya Buduran museum Mpu Tantular dibangun. Koleksi benda bersejarah yang dimiliki membuatmu betah berkeliling di dalamnya, mulai dari koleksi emas, etnografi, numismatik, geologi biologi hingga seni rupa pada abad ke-14.

3. Asah keahlianmu melempar kail di kolam pemancingan Delta Fishing.

Tidak hanya memancing, kamu juga bisa menikmati ikan-ikan besar berenang seperti mujaer, bandeng, gurami nila dan bawal. Tidak perlu iri dengan ikan yang bisa berenang sesuka hati, karena di Delta Fishing juga disediakan fasilitas untuk kamu yang hobi berenang dan jangan lupa uji adrenalinmu dengan mencoba fasilitas outbond dan flying fox!

4. Nikmati lontong kupang sembari duduk bersila di tugu alun-alun kota Sidoarjo.

Jangan takut kepanasan deh di Alun-alun,

Jangan takut kepanasan deh di Alun-alun, via http://skyscrapercity.com

Rasakan sedap-pedas-asam panganan khas Sidoarjo lontong kupang dengan ditemani sejuknya udara di alun-alun Sidoarjo. Tak hanya menemukan hijaunya pemandangan, kamu juga bisa menikmati monumen Sidoarjo dengan logo udang dan bandeng raksasa di atasnya. Di tiap akhir pekan, alun-alun Sidoarjo selalu ramai dikunjungi.

Bukan hanya sekadar duduk di taman, banyak warga yang menghabiskan waktu paginya dengan jogging ringan dan bersepeda santai. Banyak komunitas anak muda dengan segudang prestasi akan mudah kamu temui di sini, tunggu apalagi mari bergabung…

5. Kunjungi kampoeng batik Jetis Sidoarjo.

Bisa belajar bikin batik juga nih

Bisa belajar bikin batik juga nih via https://travelmatekamu.com

Tak perlu minder berangkat kerja atau ngampus dengan menggunakan baju batik asli kota Sidoarjo, beraneka motif modern dengan mudah akan kamu dapatkan. Batik dengan motif burung merak merupakan motif batik asli Sidoarjo dijamin akan menambah rasa percaya dirimu.

Selain membeli untuk oleh-oleh sanak saudara atau mungkin calon mertuamu, kamu juga bisa melihat proses pembuatannya. Karena terletak di pusat kota atau tepatnya di jalan Diponegoro Sidoarjo, kamu bisa dengan mudah menemukan lokasinya. Hari gini pakai batik di bilang kuno? Gak lah yaw…

6. Pecinta tas wajib datang ke sentra tas Tanggulangin.

Cintai produk Indonesia,

Cintai produk Indonesia, via http://peluangusaha.kontan.co.id

Bagi kamu pecinta tas belum afdol kalau belum berkunjung ke sentra tas Tanggulangin, produk lokal berkelas dunia. Di sepanjang jalan Desa Kludan kamu akan menemukan berbagai model tas, kamu juga bisa memesannya secara eksklusif desain tas yang kamu inginkan.

Tak perlu risau dengan harga, karena disini harga tas yang ditawarkan cukup miring, hal ini karena perajin lokal yang sudah berpengalaman membuat tas. Salah satu produsen besar tas Tanggulangin adalah INTAKO. Wisatawan asing aja banyak yang suka, masa kamu enggak sih?

 

7. Wisata hamparan lumpur lapindo Sidoarjo.

Ayo yang belum pernah kesini,

Ayo yang belum pernah kesini, via https://bisniskeuangan.kompas.com

Lumpur lapindo, nama yang cukup familiar di telinga kamu bukan? Sejak 29 Mei 2006 silam, Desa Renokenongo kecamatan Porong ramai diperbicangkan hingga kelas Dunia. Bencana alam yang konon katanya akibat ulah manusia memang sudah menyengsarakan warga Sidoarjo.

Namun seiring perkembangannya, Lumpur Lapindo kini menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Sidoarjo. Semburan lumpur berasap yang kini mesih mengepul di tengahnya menjadi daya tarik tersendiri, kamu bisa menikmati dengan jelas dengan naik diatas tanggul. Layaknya di Bali kamu bisa menikmati sunset dan sunrise dengan naik di atas tanggul, yakin masih ragu datang ke Sidoarjo? 

8. Kunjungi candi bergaya arsitektur Vietnam.

Buruan ke candi pari,

Buruan ke candi pari, via http://nusapedia.com

Peninggalan sejarah yang cukup menarik terletak tidak jauh dengan Lumpur Lapindo akan kamu temui yaitu Candi Pari. Candi pari ini merupakan candi satu-satunya peninggalan kerajaan Majapahit yang terletak di Desa Candi Pari kecamatan Porong. Tidak jauh dengan lokasi Candi Pari juga terdapat Candi Sumur. Bergaya arsitektur Campa Vietnam menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

9. Pulau hasil sedimentasi Sarinah dan wisata bahari Telocor.

Kalian wajib kesini!

Kalian wajib kesini! via http://eastjavatraveler.com

Tidak hanya pantai kepetingan yang dapat kamu kunjungi di Sidoarjo, kini kamu dapat mengunjungi Pulau Sarinah yang merupakan pulau baru hasil dari sedimentasi Lumpur Lapindo, Terletak di Desa Kedugpandan kecamatan Jabon. Karena keindahan Pantai Telocor, Pulau Sarinah kini menjadi daya tarik warga untuk dikunjungi tiap akhir pekan.

Kamu akan disuguhkan dengan hijaunya tanaman bakau di samping kiri kanan pesisir. Desiran ombak kecil membuat perahumu sedikit bergoyang menjadi tantangan tersendiri untuk kamu coba. Terdapat juga dermaga buatan yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan perahu merapat. Karena  areal yang dimiliki Pulau Telocor cukup luas, kamu juga bisa mengajak kekasihmu duduk santai menikmati Pulau Dem di depan mata. Hmm romantic, cepat ajak kekasihmu kesini!

 

Masih ragu datang ke Sidoarjo setelah baca artikel ini?