Tabanan merupakan salah satu kabupaten dari 8 Kabupaten di Provinsi Bali. Berbatasan langsung dengan Kota Madya Denpasar di sebelah timur membuat Kabupaten Tabanan sering dilalui oleh kendaraan-kendaraan dari Pulau Jawa. Sebagai salah satu kabupaten yang cukup luas di Provinsi Bali, Tabanan juga menyimpan banyak destinasi-destinasi wisata yang sayang jika dilalui. Apabila sedang di Bali, luangkanlah waktu untuk mampir ke Tabanan.

Gak hanya Kuta, Nusa Dua, dan Ubud , Tabanan juga layak masuk sebagai tempat dengan objek wisata terindah di Bali. Objek Wisata Di Tabanan juga banyak varian, dari laut, daratan, hingga pegunungan semuanya lengkap. Berikut, ini dia 7 destinasi wisata di Tabanan yang sedang mandangin kamu yang belum mampir ke sana.

 

1. Hmmmm, Kepingin Lihat yang Ganteng-Ganteng dan Cantik-Cantik, Alas Kedaton Tempatnya

https://www.google.com

https://www.google.com via https://sarangpenyamun.wordpress.com

Alas Kedaton dikenal sebagai tempat wisata yang menyimpan banyak monyet didalamnya. Terdapat hutan lebat dengan pepohonan beringin yang berdiameter sangat besar sehingga pas untuk menyimpan banyak jumlah kaum-kaum tampan didalamnya. Keistimewaan Alas Kedaton tidak lain dan tidak bukan karena terdapat monyet-monyet yang lucu dan bergelantungan di banyak pohon dengan suasana sejuk dan terbuka.

Cuman kalau pingin ke sini, harus siap dengan kenakalan beberapa monkey yang adakalanya suka bikin kesel. Tapi gak apalah, namanya resiko ketemu orang ganteng, pasti ada ajalahh tantangannya.

2. Belum Ke Tanah Lot, Berarti Belum Ke Bali

https://www.google.com

https://www.google.com via https://www.balimagictour.com

Kalau objek wisata yang satu ini udah mendunia banget. Keistimewaan Tanah Lot terletak pada keletakan Pura di tengah lautan. Dan yang paling herannya lagi, Pura tersebut kuat terhadap hantaman air laut yang menggerus kekuatan batu karang penyangganya.

Selain Pura, di Tanah Lot juga terdapat ular suci yang dapat kamu lihat dan sentuh. Meskipun Tanah Lot tempatnya deket laut dan suka panes kalau siang hari, namun tetap terdapat ruang terbuka hijau dan taman yang membuat tetep sejut dan betah berlama-lama di Tanah Lot.

3. Desa Wisata Mangesta, Wisata Alam Petualangan

https://www.google.com

https://www.google.com via https://www.traveloka.com

Letaknya di Kecamatan Penebel, Tabanan. Terletak di dataran tinggi yang tentunya membuat suasana pedesaan dengan dikelilingi persawahan sangat terasa di Desa Wisata Mangesta ini. Pembenahan demi pembenahan juga intens dilakukan oleh penyelenggara desa, dengan melibatkan secara aktif masyarakat Desa Mangesta untuk memperkenalkan cara hidup tradisional masyarakat Bali kepada tamu-tamu Eropa dan Amerika.

Desa Wisata Mangesta juga sering dijadikan tempat Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa yang berasal dari Bali dan juga dari luar Bali. Hal tersebut menjadikan Desa Mangesta sebagai desa wisata dengan kualitas pelayanan yang terbaik di Bali.

Keistimewaan dari Desa Wisata Mangesta adalah anda bisa ber-tracking mengelilingi lingkungan sekitar persawahan dengan menggunakan kendaraan ATV motor. Selain asyik karena lingkungan sawahnya yang subur, asyik juga sebab jalur trackingnya ada yang landai, curam, bahkan harus masuk sungai-sungai kecil, tapi dijamin bikin nagih terus kalau udah selesai tracking.

4. Mau Belajar Cara Masyarakat Bali Bertani, Sempatkanlah Ke Museum Subak

https://www.google.com

https://www.google.com via http://baliweathermap.blogspot.co.id

Subak merupakan organisasi sosial masyarakat tradisional Bali yang bergerak dalam sistem irigasi lahan persawahan. Sistem perairan sawah di Bali menggunakan subak dengan membuat sistem perairan persawahan akan terus dilintasi air sepanjang masa tanam.

Pingin tau cara membuat sistem perairan Subak di Bali, maka datang aja ke Museum Subak. Terdapat juga banyak peninggalan kuno bekas teknologi masyarakat Bali aga/Bali Asli pada jaman prasejarah.

Di Bali, Tabanan di kenal sebagai daerah lumbung padi, artinya daerah penghasil beras terbanyak dengan lingkungan persawahan yang dominan. Untuk itu, Museum Subak didirikan sebagai bentuk eksistensi Kabupaten Tabanan sebagai daerah lumbung padi.

5. Di DKI Ada Kebun Raya Bogor, Kalau Di Bali Namanya Kebun Raya Bedugul

https://www.google.com

https://www.google.com via http://blog.vokamo.com

Kebun Raya Bedugul terletak di daerah ketinggian dengan curah hujan yang sangat tinggi. Mau siang mau malam, tetap saja dingin. Di Kebun Raya Bedugul tempatnya cocok untuk rekreasi bagi kalian yang datang berwisata dengan keluarga. Tempatnya yang dikelilingi rerumputan sejuk, membuat kalian ingin membentangkan tikar sambil makan siang bareng sama keluarga. Rasanya nikmat banget dehh.

Di Kebun Raya Bedugul bisa di jumpai berbagai jenis bunga-bunga dan tanaman hias yang dilindungi. Selain itu terdapat pula jalur lintasan yang mengelilingi kebun raya, pasnya jika sambil bersepeda. Kalau ke Bali pingin banget ke tempat wisata yang berbukit sejuk, maka gak ada salahnya jika Kebun Raya Bedugul menjadi alternatif yang rekomended banget.

Gak Jauh dari Kebun Raya Bedugul juga terdapat sebuah danau, yang namanya Danau Beratan. Danau Beratan sangat indah karena terdapat sebuah Pura yang dikenal dengan nama Pura Ulun Danu. Danau Beratan dan Pura Ulun Danu juga pernah diambil sebagai sample gambar dari uang kertas Rp. 50.000. Selain itu, di sekitar danau Beratan sudah disiapkan banyak hotel dan villa yang membuat anda dapat lebih menikmati suasana alam di sekitar Danau Beratan.