Bali adalah salah satu destinasi wisata favorit para pelancong, baik dari luar negeri maupun dalam negeri. Suasana Bali yang super duper ngangenin, dengan pantai yang indah, budaya yang masih kental, dan masyarakatnya sendiri yang ramah – ramah. Tak lupa pula, ada “kenikmatan pribadi” ketika melihat turis lokal, turis luar negeri (aka bule), dan juga masyarakat Bali berbaur dalam sebuah kesempatan tanpa melihat darimana asalnya, apa kepercayaannya.

Nah, kalau liburan ke Bali nggak lepas sama kuliner disana dong pastinya! Semakin kesini, semakin banyak tempat “makan cantik” (makan di tempat yang bagus, dengan harga yang cukup menguras kantong, namun instagramable) yang ada di Bali, hal ini membuat para pelancong menjadi kurang tertarik akan makanan warung di Bali (walaupun masih banyak juga yang tertarik), padahal rasanya menggoyang lidah dan juga nggak  bikin perih kantong. 

 

1. WARUNG NASI BALI MEN WETI (halal)

Nasi Bali Men Weti (dokumen pribadi)

Nasi Bali Men Weti (dokumen pribadi) via http://DOKUMENPRIBADI.com

Kalau yang ini sih hukumnya wajib banget dicoba di Bali. Warung yang terletak di dekat Pantai Sanur ini udah terkenal banget, sampai SBY aja udah pernah makan disini. Warung Nasi Bali Men Weti ini adalah tempat sarapan yang paling pas banget, karena pagi – pagi lidah kalian bakal dibuat goyang dengan perpaduan sayur, ayam, kulit ayam, sate ikan, dan juga sambalnya. Nah, kalau saat musim liburan warung ini nggak pernah sepi, jadi harus ngantri sebentar hehe. Harganya pun sangat pas di kantong, dengan 20.000an kalian udah bisa menyantap nasi bali ini. Saran dari gue, kalian datang dibawah jam 10 pagi biar ngantrinya nggak panjang dan nggak kepanasan. 

Alamat: Jl. Segara Ayu, Sanur, Denpasar 

2. SATE BABI BAWAH POHON (non halal)

Sate waktu dibakar.. (dokumen pribadi)

Sate waktu dibakar.. (dokumen pribadi) via http://DOKUMENPRIBADI.com

Warung sate babi yang terletak di dekat Lapangan Trisakti memiliki bumbu sate yang khas, menurut gue  bumbu yang super menggoyang lidah hanya bisa dirasakan di warung ini. Nggak heran kalau setiap hari warung ini selalu penuh. Selain karena bumbuya yang khas, harganya pun sangat ramah dengan kantong, dengan 20.000 kalian sudah bisa menyantap 10 tusuk sate ini. Ohiya, selain sate disini juga ada sop babi, pepes ikan, dan juga rujak yang rasanya nggak kalah enak. 

Alamat: Jl. Patih Jelantik, Legian, Kuta, Kabupaten Badung

3. WARUNG MAK BENG (halal)

Ini dia paket komplitnyaa (dokumen pribadi)

Ini dia paket komplitnyaa (dokumen pribadi) via http://DOKUMENPRIBADI.com

Awalnya gue mencoba makanan ini karena Om Bondan Winarno pernah kesini. Ternyata banyak artis yang sudah pernah kesini, jadi rasanya nggak perlu diragukan lagi. Di warung ini, hanya menyediakan 1 menu makan yaitu paket komplit yang berisi nasi, ikan bakar, dan juga sop ikan, dengan harga yang terjangkau yaitu 40.000an. Kalau menurut gue, sop ikan disini juara banget karena sueegeer parah dan ikannya juga fresh banget. 

Alamat:Jl. Hang Tuah No.45, Sanur, Denpasar

4. WARUNG BABI GULING MEN DOGLAG (non halal)

Babi Guling (dokumen pribadi)

Babi Guling (dokumen pribadi) via http://DOKUMENPRIBADI.com

Kalau yang ini, menurut gue belum banyak orang yang tahu karena lokasinya yang jauh dari pusat kota. Kebanyakan yang makan disini adalah warga lokal. Padahal, rasa babi guling disini bener bener enak, apalagi di warung ini ada salah satu makanan yang khas, yaitu sosis babi buatan sendiri, yang tentu tidak dapat ditemukan di warung lain. Harga babi guling disini pun sangat amat ramah dengan kantong, dengan harga 20.000an, kalian sudah bisa mendapatkan satu porsi babi guling, dibanding dengan babi guling lainnya yang harganya sudah mencapai 50.000 per porsi, tentu babi guling Men Doglag menjadi idaman bagi kantong yang sudah menipis di akhir bulan. 

Alamat:  Jl. Raya Sibang Kaja No.3, Sibang Kaja, Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali

5. (bonus) GUSTO

Seger seger gimana gitu...

Seger seger gimana gitu... via https://sharontravelogue.files.wordpress.com

Naah yang ini sebenernya bukan warung sih hehehe. 

Setelah makan makanan yang berat, pasti butuh pencuci mulut dong. GUSTO Gelato adalah tempat yang pas banget buat kalian yang mencari es krim gelato, karena disini tersedia banyak banget varian rasa yang semuanya enak enak (favorit gue disini adalah rum raisin dan raspberry, gatau kenapa hehehehe). Dan yang pasti adalaahh harganya nggak bikin dompet bersedih, kenapa? Karena hanya dengan 25.000 kalian sudah bisa mendapatkan 2 scoop gelato (yang cukup besar) + cone, disini juga ada pilihan lainnya selain pakai cone yang harganya bersahabat dan menjadi pencuci mulut yang mmmhh banget deh.

Alamat: Jl. Mertanadi No.46B, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali