Mungkin bagi sebagian orang pernah mengalami dilema apalagi tentang pacar dan sahabat. Cukup menyakitkan bukan jika diberi pilihan antara orang-orang yang kita sayang. Sebenarnya untuk masalah seperti ini kembali lagi ke masalah masing-masing, semua tergantung keadaan dan perlu diketahui siapa saja yang terlibat, akan tetapi saya disini akan berbagi pengalaman untuk kalian semua bagaimana menghadapi permasalahan seperti itu. Yup langsung saja

1. Doa adalah salah satu solusi

Rasamu cukup kamu yang tau via http://pixabay.com

Biarkan rasamu cukup kamu yang tau dan semua serahkan pada Allah, karena bagaimanapun keadaannya, hanya Allah yang menentukan pada akhirnya. Ikhtiarkan rasamu meskipun sakit kau akan terbiasa. Tak ada cinta yang tak terbalas bahkan sekalipun kau jomblo sampai nanti cintamu terbalas mungkin bukan dari manusia tapi dari Allah langsung. Kau bahagia meskipun sendiri itulah cinta murni dari Allah. Jangan biarkan hatimu mati karna rasa patah hati, hatimu perlu diperbaiki dengan do'a.

2. Tidak kah sahabat lebih penting dari cowok?

Memang bimbang sih ya via https://id.pinterest.com

Menurut banyak orang sahabat memang lebih penting dari cowok tapi ketahuilah dulu seluk-beluk dari keduanya. Jika sahabatmu bisa membawamu ke jalan Allah maka dengan hati yang pasti kau harus memilihnya dan juga sebaliknya. Wahai temanku jika kamu sakit hati karena cowok bukankah itu peringatan dari Allah? Jika kamu dilema antara sahabat atau cowok bukankah itu juga peringatan dari Allah? Allah melarangmu untuk pacaran karena itu tidak ada dalam hakikat islam. Lalu harus bagaimana? Apa harus memilih sahabat dan meninggalkan orang yang aku cintai? Lupakan cowokmu dan tinggalkan dia karena itu akan menghancurkan akhlakmu pelan-pelan. Dan jika sahabatmu menyukai cowokmu ingatkanlah dia bahwa tidak ada pacaran dalam islam. Ajaklah dia untuk ke jannah bersama-sama.

3. Lambat laun hilang seiring berjalannya waktu

Advertisement

waktu adalah teman terbaik via https://id.pinterest.com

Masa ini mungkin masa paling ribet dan ruwet bagi wanita karena memulai halaman baru tanpa orang yang disayangi dan itu memang wajib dilakukan. Masa dimana mengubah sedikit kebiasaan dari sebelumnya. Bukankah lebih enak begitu? Kita melakukan apapun atas kehendak kita sendiri dan akan merasa bebas, kita melakukan semuanya tanpa ada batasan, melakukan apa yang kita suka dan akan terhindar dari zina. Ketahuilah waktu dan semesta tidak akan membiarkan orang baik menderita terus-terusan. Kau ditemani mereka, jika kau merasa kesepian cobalah ke tempat terbuka dan hening lalu resapilah setiap waktu dan hembusan angin. Itu akan membuatmu merasa sedikit tenang.

4. Ini waktunya menyimpan cinta untuk jodohmu

hingga akhirnya kau menemukan cinta yang sesungguhnya via http://pixabay.com

Mungkin setiap kau melihat sahabatmu atau cowokmu hatimu seakan teriris tapi disitulah kedewasaanmu bertambah, disitulah kesabaran dan keikhlasan yang akan menaikkan derajatmu. Hingga akhirnya kau terus berikhtiar di jalan-Nya dan kau menemukan cinta yang kau nanti selama ini, tanpa mencari dan tanpa dicari tapi dipertemukan. Bukankah rencana Allah seindah itu? Cinta yang tidak dicari dan mencari tapi dipertemukan. Kau hanya perlu menanti dengan memperbaiki diri karena jodoh adalah cerminan kita.

5. Kejutan tak terduga?

kuatkan imanmu untuk dirimu sendiri via https://id.pinterest.com

Semua sudah ditetapkan wahai temanku, semua sudah ada garisnya bahkan ada yang bilang di garis tanganmu sendiri. Jadi masih ragu dengan ketentuan Allah? Ketentuannya sungguh indah jika kau sabar menanti dan tetap berjalan di jalan-Nya Kau akan mendapatkan kejutan diluar pikiranmu mungkin cinta yang selama ini kau tunggu. Jangan kau benci sahabatmu karena itu peringatan dari Allah, relakan apa yang tidak pantas untukmu, berdoalah kepada-Nya supaya dia di beri kesadaran atas apa yang telah dia perbuat.