Berkebun sepertinya menjadi hal yang kurang diminati oleh sebagian orang dikarenakan hal ini terkesan melelahkan dan hasilnya kurang cepat di dapat. Identik manusia modern zaman ini lebih suka yang instan/cepat. Tapi jika kita lihat lebih jauh seandainya sebagian penduduk indonesia adalah hobby berkebun kemungkinan kita gk akan mendengar kata indonesia mengimpor makanan dari luar negeri seperti Thailand.

 

1. Manajemen Tata Ruang.

Hydoponic Dubai

Hydoponic Dubai via https://www.google.com

Sekarang hobby berkebun kamu saja tidak hanya bisa dilakukan di lapangan terbuka tapi juga di area terpencil sekalipun yang masih dapat terkena paparan sinar matahari. Hobby berkebun terkadang membuat kamu  dapat untuk mensiasati area-area yang mungkin dapat ditanami oleh tanaman. Tidak heran orang-orang maju sangat pandai dalam menata aturan tanaman. memisahkan Tanaman hias, tanaman sayur, dan Buah.

2. Menurunkan tingkat stres

garden green

garden green via http://kumpulan.info

Berkebun juga mampu menurunkan tingkat stres seseorang. Setelah menyelesaikan hari atau minggu yang penuh kesibukan dan penuh stres, akan sangat menyenangkan untuk pulang ke rumah dan mulai berkebun pada akhir hari ataupun pada akhir pekan. Kegiatan berkebun dapat berfungsi sebagai penghilang rasa stres, sakit dan frustasi. Selain itu, saat menunggu tanaman bertunas dan menjadi kuncup bunga, itu akan membantu seseorang melatih kesabaran dan memandang ke depan dengan pikiran positif.

Bagi mereka yang sudah lanjut usia (lansia), kegiatan berkebun juga memiliki banyak manfaat. Merawat tanaman mampu membuat para lansia merasakan bahwa mereka tetap dibutuhkan dan tidak kesepian.

Bagi mereka yang mengalami masalah kesehatan mental atau memiliki gangguan psikologi, kegiatan berkebun juga memiliki dampak positif. Dengan berkebun, seseorang bisa merasa nyaman dan tenang. Apalagi jika mengerjakan kebun dengan tanaman dan bunga yang indah serta lingkungan yang tenang. Selanjutnya, kegiatan merawat bunga dan berkebun bisa membantu seseorang memperoleh rasa percaya diri.

Namun, bukan hanya orang yang berkebun yang memperoleh manfaat dari lingkungan hijau yang dibuatnya. Orang-orang yang tinggal atau berada di sekitar rumah dengan taman yang indah juga akan memperoleh manfaat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang akan merasa lebih senang dengan lingkungan yang banyak tumbuhan hijau.

3. Menyembuhkan penyakit dan mempercepat proses pemulihan kesehatan

Beberapa pasien rumah sakit didapati akan lebih cepat sembuh jika berada di lingkungan hijau atau berada di ruangan yang memiliki tanaman indoor. Ketika diukur tekanan darah dan detak jantung, penderita penyakit yang sedang dalam masa pengobatan lalu berada di lingkungan hijau akan lebih cepat sembuh. Sehingga jika ada anggota keluarga yang sakit, maka dengan berkebun membuat rumah indah dan mempercepat penyembuhan anggota keluarga tersebut.

Selain itu, dengan berkebun, maka bisa menurunkan tekanan darah seseorang sehingga terhindar dari hipertensi. Kegiatan berkebun juga mampu membantu penderita diabetes. Karena banyaknya kalori yang terbakar, akan berpengaruh langsung terhadap kadar gula dalam tubuh.

4. Rasa Banga Tersendiri

Gardener hotel

Gardener hotel via https://www.google.com

Apa yang kita tabur itu yang kita tuai, pernah gak melihat orang-orang berfoto pada tanaman yang kamu susun secara rapi dan cantik, atau melihat anak-anak menggambil mangga hasil buah tangankamu menanamnya selama 5 Tahun. tentu ada rasa bangga tersendiri selain menjaga kestabilitasan lingkungan, mengurangi strees, dan memiliki dampak positif untuk kesehatan.

5. Berkebun itu tidak harus luas

minimalist garden

minimalist garden via https://www.google.com

Banyak orang beranggapan bahwa untuk berkebun itu butuh tempat yang luas dan peralatan yang rumit jika kita mampu mensiasatinya saya rasa tidak ada yang mungkin kita dapat memakai botol-boto minuman bekas atau sebagainya untuk digunakan sebagai hidroponik.