Bahkan sebagian mereka produk ini dianggap  sampah yang harus disingkirkan dari lahan pertanian dengan cara di bakar atau dibuang. Jika mampu mengolahnya, jerami adalah produk sampingan yang menjanjikan sebagai penambah penghasilan selain dari hasil bumi berupa padi untuk bahan makanan pokok baik manusia dan binatang ternak. Jerami padi di daerah saya (kebumen) sering disebut  oman ataupun  damen.  Oman itu batang padi yang sudah di bersihkan , sedangkan damen batang padi yang tidak di olah atau di bersihkan.  Adapun manfaat oman dan damen sebagai berikut :

 

1. 1. Oman sebagai pewarna makanan yang alami

"Jongkong" via https://m.facebook.com

Batang padi yang kering dan sudah di bersikan dari padi itu di jadikan bahan pewarna alami makanan. Warna yang di hasilkan dari pembakaran oman tersebut sehingga menjadi warnanya hitam. Cara pembuatanya, oman yang dibakar kemudian dicampurkan ke air kemudian direbus setelah mendidih saring air tersebut kemudian campurkan ke bahan-bahal lainya. Nama makanan tersebut di daerah saya bernama “Jongkong” tetapi mungkin didaerah lain makananya sama tapi namanya berbeda.

2. 2. Oman sebagai alat pembersih tempat tidur

Oman untuk membersihkan tempat tidur

Oman untuk membersihkan tempat tidur via https://m.facebook.com

Adapun caranya Oman yang sudah di bersihkan,kemudian oman di jemur di terik matahari agar kuat dan tahan lama. Setelah di rasa sudah cukup menjemurnya ikat oman tersebut. Agar lebih keliatan cantik dan menarik ikatan oman dapat di hiasi dengan kain perca warna-warni. Dan siap untuk membersihkan tempat tidur.

 

3. 3. Oman sebagai pengikat tempe daun

oman untuk mengikat tempe

oman untuk mengikat tempe via https://m.facebook.com

Di daerah saya terkenal dengan tempe buntel, orang- orang juga memanfaat kan omansebagai alat ikat tempe karena oman itu kuat. Agar oman kuat , oman di rendam air cukup 5 menit saja, lalu oman di jemur di bawah terikmata hari. Cara mengunakanya ikat tali ke tempe lalu di pertemukan di sisi kanan tempe lalu oman di putar-putar setelah itu masukan oman ke dalam ikatan tersebut.

4. 4. Oman sebagai alat ikat untuk taman padi yang hendak di tanam

ikat untuk benih

ikat untuk benih via https://m.facebook.com

Oman yang di gunakan untuk alat ikat padi itu berbeda dengan tempe , oman yang di gunakan untuk mengikat padi itu lebih panjang dari pada oman yang di gunakan untuk mengikat tempe karena ukuran yang di ikat untuk tanaman padi itu lebih bayak. Cara pengunaanya sama seperti mengikat tempe.

5. 5. Oman sebagai shampo

rambut hitam

rambut hitam via https://www.google.com

Oman sebagai shampo itu sudah terkenal di kalangan masyarakat karena berfungsi menghitamkan rambut dan memberi nutrisi pada akar rambut. Cara menggunakan ambil beberapa ikat oman taruh di tempat / wadah tahan api , bakar omansampai menjadi abu. Oman yang sudah menjadi abu di beri air secukupnya sambil di aduk-aduk, diamkan semalaman, saring air di masukan ketempat yang bersih, setelah itu gunakan sebagai shampo.

6. 6. Damen sebaga pakan ternak

sapi makan damen

sapi makan damen via https://www.google.com

Ternak sapi yang mengkonsumsi damen menghasilkan kotoran (pupuk kandang), yang nantinya apabila dikelola secara baik, akan menjadi pupuk organic dan akan bermanfaat optimal bagi tanaman. Hambatan pemanfaatan damen secara luas sebagai sumber pakan ternak adalah rendahnya nilai nutrisi bila dibandingkan dengan hijauan pakan.

7. 7. Damen sebagai pupuk

pupuk untuk tumbuhan

pupuk untuk tumbuhan via https://www.google.com

Damen bisa langsung digunakan sebagai pupuk organic dengan cara menebarkan pada lahan persawahan. Biasanya di lakukan pada musim tanaman lainya (selain padi) contoh kacang hijau. Apabila kacang hijau sudah di tebar di lahan sawah, lalu damen juga di sebar di lahan persawahan setelah semua tertutup damen kemudian dibakar. Cara tersebut bisa menumbuhkantanaman kacang cepat subur.

8. 8. Damen digunakan sebagai atap

tepi pantai menganti

tepi pantai menganti via https://www.google.com

Di tempat –tempat wisata, terutama yang berada di tepi pantai, damen juga sering digunakan sebagai atap atau bahkan dinding bangunan. Ide ini sebenarnya berasal dari pengunaan damen sebagai material utama untuk atap dan juga dinding bangunan tradisional yang ada di daerah pedesaan. Dan kesan yang ditimbulkan oleh oman/jerami tersebut adalah rasa sejuk dan kenyamanan bagi penghuninya.

 

9. 9. Damen digunakan sebagai orang-orangan sawah

banyak di temui orang-orangan sawah dipersawahan

banyak di temui orang-orangan sawah dipersawahan via https://www.google.com

Oranga-orangan sawah biasanya di letakan di tengah-tengah sawah untuk menakut-nakuti burung yang hendak makan padi. Cara membuat orang-orangan sawah yang pertama buatlah kerangka orang-orangan,lalu damen tempelkan di setiap kerangka dengan menggunakan tali yang kuat, untuk membuat kepalanya damen di bentuk sampe menyerupai kepala manusia, tambahkan manik-manik agar lebih menyerupai wajah manusia.