Apa sih kewarganegaraan itu? Kewarganegaraan merupakan keanggotaan seseorang dalam kontrol satuan politik tertentu (secara khusus: negara), yang dengannya membawa hak untuk berpartisipasi dalam kegiatan politik. Seseorang dengan keanggotaan yang demikian disebut warga negara. Seorang warga negara berhak memiliki paspor dari negara yang dianggotainya.

Kewarganegaraan merupakan bagian dari konsep kewargaan (bahasa Inggris: citizenship). Di dalam pengertian ini, warga suatu kota atau kabupaten disebut sebagai warga kota atau warga kabupaten, karena keduanya juga merupakan satuan politik. Dalam otonomi daerah, kewargaan ini menjadi penting, karena masing-masing satuan politik akan memberikan hak (biasanya sosial) yang berbeda-beda bagi warganya.

1. Kita jadi paham keanekaragaman budaya di Indonesia

Keanekaragaman budaya Indonesia via http://www.tebarilmu.xyz

Pakaian adat. Setiap daerah di Indonesia memiliki pakaian adat yang berbeda. Seperti kemben yang berasal dari Bali, batik serta kebaya yang berasal dari Jawa, baju koko dan caping yang berasal dari Jakarta. Dan masih banyak pakaian adat lainnya dari setiap daerah di Indonesia.

2. Wah, ternyata ada banyak perbedaan yang menyatukan

Berbeda tetapi tetap satu jua via http://www.tebarilmu.xyz

Seni sastra. Sastra Indonesia adalah sebuah istilah yang melingkupi berbagai macam karya sastra di Asia Tenggara. Istilah “Indonesia” sendiri mempunyai arti yang saling melengkapi, terutama dalam cakupan geografi dan sejarah politik di daerah tersebut. Sastra Indonesia sendiri dapat merujuk pada sastra yang dibuat di wilayah kepulauan Indonesia.

3. Keanekaragaman seni dan budaya. Fix, Indonesia memang kaya!

Banyaknya seni di Indonesia via http://www.tebarilmu.xyz

Advertisement

Tarian. Tarian Indonesia mencerminkan keanekaragaman suku bangsa dan budaya Indonesia. Terdapat lebih dari 700 suku bangsa di Indonesia, dapat terlihat dari akar budaya bangsa Austronesia dan Melanesia, yang dipengaruhi oleh berbagai budaya negeri tetangga di Asia, bahkan pengaruh barat yang diserap melalui kolonialisasi. Setiap suku bangsa di Indonesia memiliki tarian khasnya sendiri.

Di Indonesia terdapat kurang lebih 3000 tarian asli Indonesia. Tradisi kuno tarian dan drama dilestarikan di berbagai sanggar-sanggar dan sekolah seni tari, yang dilindungi oleh piihak keraton atau akademi seni yang dijalankan pemerintah. Penggolongan tarian di Indonesia terbagi dalam beberapa kategori di antaranya kategori sejarah, kategori pelindung dan pendukungnya dan kategori tari rakyat. Berdasarkan tradisinya, tarian Indonesia dibagi menjadi dua kelompok yaitu: tari tradisional dan tari kontemporer.

4. Kita pun jadi tahu, bahwa ragam masakan di Indonesia itu banyaknya luar biasa

Aneka ragam makanan Indonesia via http://www.tebarilmu.xyz

Makanan. Masakan Indonesia merupakan pencerminan beragam budaya dan tradisi yang berasal dari kepulauan nusantara, yang terdiri dari sekitar 6.000 pulau dan memegang tempat penting dalam budaya nasional Indonesia secara umum.

Hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu yang berasal dari rempah-rempah seperti kemiri, cabai, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa, dan gula aren dengan diikuti penggunaan teknik-teknik memasak, menurut bahan dan tradisi adat yang terpengaruh oleh perdagangan yang berasal dari negara lain seperti India, Tiongkok, Timur Tengah, dan Eropa.

Pada dasarnya, tidak ada bentuk tunggal “masakan Indonesia”, tetapi lebih kepada keanekaragaman masakan regional yang dipengaruhi secara lokal oleh kebudayaan Indoonesia serta pengaruh asing. Sebagai contoh, beras yang diolah menjadi nasi putih, ketupat atau lontong (beras yang dikukus) sebagai makanan pokok bagi mayoritas penduduk Indonesia, namun untuk bagian timur lebih umum dipergunakan juga jagung, sagu, singkong, dan ubi jalar.

Bentuk lanskap penyajiannya, umumnya disajikan di sebagian besar makanan Indonesia berupa makanan pokok dengan lauk-pauk berupa daging, ikan atau sayur diisi ke sebuah piring atau mangkok.

5. Lengkap juga dengan pengetahuan seputar musik dan alat-alatnya

Aneka ragam musik Indonesia via http://tebarilmu.xyz

Seni suara. Selain memiliki seni gambar dan seni patung yang khas, Indonesia juga mempunyai ragam seni suara yang tidak akan bisa dijumpai di belahan negara manapun di dunia. Contohnya seni suara sinden dari Jawa, seni suara Talibun dari Sumatera Utara, dan seni suara Dikili dari Gorontalo.

Sumber referensi: http://www.tebarilmu.xyz