Buat umat muslim, bulan suci Ramadhan adalah saat-saat yang dinantikan setiap tahunnya. Banyak banget momen-momen seru yang cuma bisa ditemui di bulan suci Ramadhan aja, nggak akan ada di bulan-bulan biasanya. Bulan-bulan biasa mana ada yang harus bangun sebelum shubuh untuk sahur? Ngabuburit yang seru sama teman-teman sorenya? Atau wisata takjil sama orang tua? Dan atau rebutan kolak pisang sama adik? Lalu dengerin ceramah agama malamnya? Dan masih banyak lagi deh momen-momen seru lainnya yang cuma ada di bulan suci Ramadhan aja. Masih mau ngelewatinnya dengan gitu aja? Yakin?

Kalau keseruan-keseruan di atas masih kurang menyemangatimu, hal-hal dibawah ini bahkan lebih dari sekedar seru. Baca dulu deh, biar kamu benar-benar nggak mau ngelewatin Ramadhan kali ini dengan biasa aja.

1. Bermanfaat Bagi Kesehatan Fisik.

banyak banget keuntungannya kalau kamu telaah via http://www.sehatmagz.com

Puasa ramadhan bermanfaat bagi kesehatan jiwa kita lho, subyek penelitian dari mahasiswa di sebuah Universitas di Iran, menunjukkan skor kesehatan jiwa yang lebih baik setelah bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan sebelumnya, seperti keluhan fisik, depresi, kecemasan, disfungsi sosial, dan insomnia.

2. Meningkatkan Kemampuan Otak.

puasa dapat menurunkan tingkat stress via http://ayokesehatan.blogspot.co.id

Puasa juga dapat meningkatkan neurotropik yang diturunkan dari otak, lalu membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel-sel lagi didalam otak yang pada akhirnya dapat meningkatkan fungsi otak. Penurunan jumlah hormon kortisol pada saat berpuasa yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal juga dapat membuat seseorang menurunkan tingkat stress lho.

3. Berhemat.

Advertisement

nilai lebihnya dapat juga berhemat via http://kemanaajaboleeh.com

Puasa Ramadhan seringkali membuat kita lebih senang didalam rumah aja, jadi malas kemana-mana karena hanya akan membatalkan puasa yang disebabkan oleh letih diperjalanan. Masa udah gede batal? Malu dong sama anak SD. Dari kegiatan yang sehari-harinya cuma di rumah aja inilah menjadikan uang di dompetmu utuh, tanpa harus pergi hangout sana-sini, beli cemilan, ngopi, atau biaya bensin.

4. Kumpul Keluarga.

inilah saatnya yang paling TOP.. via http://www.kesekolah.com

Puasa Ramadhan juga meningkatkan keharmonisan keluarga lho. Kalau dari bulan-bulan sebelumnya meja makan cuma jadi hiasan aja, saat Ramadhan jadi paling yang dicari-cari. Ibu, bapak, adik-adik kalau sudah mau beduk pasti langsung tongkrongin meja makan deh tanpa harus dipanggil-panggil duluan. Momen ini paling top deh.

5. Menghapus Dosa.

Bulan Ramadhan Allah swt obral rahmatnya.. via http://www.boombastis.com

Puasa Ramadhan adalah tempatnya bertaubat, memohon ampun, dan menghapus dosa. Saat bulan suci Ramadhan inilah pintu tobat dibuka selebar-lebarnya oleh Allah SWT. Nggak cuma menahan haus dan lapar aja terus dosa-dosa kita diampuni gitu? Di bulan Ramadhan ini juga perbanyaklah amal kebaikan, dan hindari maksiat sekecil apapun ya.

Semoga Allah selalu meridhoi kita, aamiin.

6. Dekat Dengan Allah SWT.

dekat dengan Nya, laksanakan perintah Nya via http://log.viva.co.id

Puasa Ramadhan adalah tempatnya kita dekat dengan “yang di atas”, perbaiki sholat menjadi lebih baik, perbanyak dzikir sehabis sholat, jalankan sholat sunnah, khatamin Al-Quran, murahkan tangan untuk bersedekah. Karena jika ingin Allah dekat dengan kita, maka dekatkanlah diri kita kepadaNya, agar doa-doa kita dikabulkan Allah SWT. Mau dong?

7. Kemenangan.

Hari Raya, siapa yang nggak rindu.. via http://www.plimbi.com

Puasa ramadhan selesai, hari kemenangan pun datang. Siapa sih yang nggak mau menanti-nantikan hari besar ini, Hari raya umat Muslim. Namanya aja “Hari Raya” yang berarti hari besar, maka dari itu nikmatinlah hari kemenangan ini dengan rasa syukur. Ada yang bilang kalau saat takbir berkumandang dan kamu menitikkan air mata karena rasa syukurmu, berarti puasamu sempurna. Itu katanya ya.

Bagaimana? Masih mau melewatkan Bulan Suci Ramadhan dengan yang biasa aja, setelah tahu manfaat-manfaat di atas? Kalau saya sih nggak mau. Maunya dekat dengan Allah. Aamiin.