Memulai hidup sehat dimulai dari hal hal yang kecil. Namun terkadang banyak di antara kita yang menyepelekan hal hal yang bersifat kecil seperti tertawa. Ternyata tertawa juga penting untuk kesehatan. Tertawa itu sangat mudah. Cukup menggerakkan bibir anda keatas. Mudah kan. Tapi jangan tertawa terlalu sering loh entar disangkain ma orang anda lagi gila. Tertawa secukupnya saja. Ada beberapa manfaat yang wajib anda ketahui diantaranya :

1. Bikin awet muda

tertawa itu sehat via http://gejalahamil.com

Ternyata tertawa bikin awet muda loh. Gak percaya? Begini penjelasannya. Tertawa akan memberikan tarikan pada wajah anda, sehingga otot-otot pada wajah menjadi lebih lentur dan lebih kenyal. Otot wajah yang sering di latih akan membuat wajah menjadi lebih muda. Berbeda dengan orang yang jarang tertawa. Mereka akan tampak lebih tua dari umurnya. Tertawa memiliki manfaat bagi otot wajah yaitu sebagai relaksasi. Selain tertawa terkadang dalam dunia kecantikan biasa dilakukan dengan cara memijat mijat wajah dengan arah keatas agar tetap kencang dan kenyal.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

daya tahan tubuh via http://gejalahamil.com

Kondisi stress akan memicu kondisi tubuh menjadi berkurang dan mudah sakit. Orang yang sedang stress akan Nampak pada wajah mereka. Wajahnya akan keliatan lebih tegang. Dengan tertawa itu akan memberikan efek pada otot wajah sehingga menjadi rileks. Kondisi yang rileks akan membuat tubuh menjadi lebih tahan meski diserang oleh penyakit.

Advertisement

Sebagai contoh, pernahka anda melihat orang gila jatuh sakit. Tentu tidak kan, mereka bahkan sering tertawa tanpa ada alasan jelas. Hal ini lah yang menjadi system kekebalan tubuh mereka menjadi kuat. Tertawa bukan hanya bisa meningkatkan kesehatan tubuh tapi bisa membuat hormone dalam tubuh menjadi teratur sehingga kekebalan tubuh bisa terus terjaga

3. Menghindarkan stress

manfaat tertawa via http://gejalahamil.com

Orang yang stress dan banyak pikiran lebih banyak akan duduk terdiam atau terkadang berteriak tidak jelas. Tapi pernahkan anda melihat orang yang lagi stress, tertawa. Tentu tidak, karena stress memicu hormone berlebih dalam tubuh yang diekspresikan pada wajah. Agar anda terhindar dari stress biasakan tertawa setiap hari agar dapat memicu hormone penyebab stress tetap seimbang.

4. Membantu membakar kalori

manfaat tertawa via http://gejalahamil.com

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para praktisi kesehatan di amerika serikat dalam situsnya healthy.Com tertawa lepas akan meningkatkan denyut jantung sehingga bisa membakar kalori 10-40 kalori dalam 15 menit. Wah ..hebat juga yah.

5. Melancarkan aliran darah

manfaat tertawa via http://gejalahamil.com

Orang yang sedang marah akan menyebabkan aliran darahnya menjadi terganggu sehingga bisa memicu tekanan darah. Anda mungkin sering mendengar “jangan sering marah marah nanti tekanan darahnya naik”. Secara medis emosi yang berlebihan bisa meningkatkan resiko tekanan darah menjadi naik. Sebaliknya tertawa akan menyebabkan aliran darah menjadi lancar sehingga kebutuhan tubuh akandarah bisa terpenuhi.

Luar biasa bukan, ayo tertawa.