Saat sedang traveling, hal yang paling umum dan sudah biasa dilakukan para traveller, terutama mereka yang dari Indonesia adalah belanja oleh-oleh. Oleh-oleh ini pun beragam, dan yang paling umum dibeli adalah gantungan kunci, tempelan kulkas, dan juga baju yang bertuliskan kota atau negara tempat kamu traveling. Jika gantungan kunci dan tempelan kulkas akan awet dan terjaga namanya, beda halnya dengan baju. Apabila sudah lama dan berulang kali dipakai kemudian dicuci, warna baju bisa pudar dan kemudian terlihat usang. Nah, kalau kamu punya banyak baju-baju traveling lama, manfaatkan saja untuk dijadikan 5 alternatif barang 'baru' atau recycle ini.

 

 

1. Dijadikan sebuah tote bag.

Totebag from T-Shirt

Totebag from T-Shirt via http://www.instructables.com

Kamu hanya perlu menggunting beberapa bagian, kemudian melipat-lipat dan menjahitnya kembali untuk dijadikan sebuah tas kecil yang lucu. Jika tidak bisa, kamu juga bisa membawanya ke tukang jahit untuk dimodifikasi. Bahkan, kamu juga bisa menambahkan ornament lain, misalnya menjahit nama kamu di tote bag tersebut.

 

2. Gunakan untuk sarung bantal.

Pillowcase from T-Shirt

Pillowcase from T-Shirt via http://Snapguide.com

Tak usah membeli sarung bantal baru, karena kamu bisa memanfaatkan baju lama tersebut untuk dirubah menjadi sarung bantal. Lumayan juga kan, sarung bantal kamu jadi beragam dan berasal dari beberapa kota bahkan negara?

 

3. Sambung menyambung menjadi sebuah selimut.

Blanket from T-shirts

Blanket from T-shirts via https://id.pinterest.com

Koleksi kamu banyak? Gunting semua bagian agar datar, kemudian sambungkan dengan baju-baju lainnya agar menjadi sebuah kain yang panjang dan lebar. Nah, kain ini bisa kamu jadikan selimut atau bahkan seprai. Lain daripada yang lain tentunya.

 

4. Gunakan sebagai baju tidur.

Jika selama ini kamu menggunakan baju tersebut untuk bepergian, karena warnanya sudah kusam maka sekarang kamu bisa merubahnya untuk digunakan pada saat tidur saja. Ini juga berlaku untuk kamu yang memang sayang atau tidak mau merubah bentuk dari baju tersebut.

 

5. Kumpulkan dan buat sebagai hiasan dinding.

T-shirt wall decor

T-shirt wall decor via http://www.pylonpress.net

Agar tetap bisa mengenang perjalanan atau oleh-oleh yang diberikan kerabat maupun teman kamu tersebut, kamu bisa mengumpulkannya jadi satu, entah itu bajunya atau bisa juga kamu foto seluruhnya jadi satu, kemudian print dan dicetak untuk hiasan dinding kamar tidur ataupun ruang tamu. Menempelkan baju-baju tua disebuah pigura juga akan jadi pajangan lucu lho untuk rumah kamu!

Selain 5 alternatif diatas, masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan untuk kaos traveling yang sudah lama tersebut. Kmau juga bisa merubahnya menjadi taplak meja, sapu tangan dan lain sebagainya sesuai ide kreatif kamu. Nah, tak perlu membuang-buang barang lagi, kan?