Naruto adalah sebuah serial manga karya Masashi Kishimoto yang cukup populer ditelinga anak – anak muda Indonesia. Cerita ini mengisahkan kehidupan seorang anak ninja yang bernama Uzumaki Naruto. Ia adalah sosok utama yang berambisius menjadi seorang Hokage, pemimpin dan ninja yang terbaik. Dibalik seru dan menariknya serial manga ini, ada beberapa nilai yang dapat kita ambil untuk dijadikan motivasi dalam hidup. Berikut nilai-nilai tersebut!

1. Naruto adalah sosok yang pantang menyerah dalam setiap kegagalannya

Naruto belajar rasengan via http://3.bp.blogspot.com

Sikap Naruto yang energik, gigih, dan pantang menyerah sudah terlihat dari cara Ia menghadapi setiap permasalahannya. Bahkan, jika itu berhubungan dengan orang yang Ia kasihi, semangat dan usahanya akan bertambah berlipat – lipat. Kita mampu mencontoh sikap ini ketika kita menemui hambatan dan masalah dalam hidup. Sungguh hebat!

Betapapun sulitnya rintangan yang ada, ia tak pernah mundur.

2. Naruto tidaklah pandai dan berbakat, tetapi ia selalu mempunyai niat yang paling besar dari yang lainnya

Advertisement

Di dalam serial manga Naruto, sosoknya tidaklah digambarkan begitu wah, Ia banyak sekali kekurangan dan kelemahan. Namun, niat didalam hatinya yang membuat bakat dan kelebihannya muncul satu per satu. Sama halnya dengan kehidupan kita, setiap individu tidaklah dilahirkan sama satu dengan yang lain. Bakat dan kemampuan pada dasarnya dapat dibentuk apabila niat yang ada didalam diri ini begitu besar.

3. Naruto diceritakan menyukai teman sekelompoknya, namun pada akhirnya dia berbahagia dengan orang yang lebih mencintainya

Naruto dan Hinata via http://img02.deviantart.net

Diakhir serial manga ini, tokoh – tokoh yang berperan didalamnya akhirnya memiliki pasangan hidupnya masing – masing. Yang paling menarik adalah tentunya tokoh Naruto sendiri. Dia pada akhirnya hidup bersama orang yang mencintainya dan bukan orang yang Ia sukai dahulu kala. Cinta tumbuh seiring Anda berkembang menjadi dewasa, tak perlu khawatir dengan kelemahan pribadimu karena mungkin ada seseorang yang didalam diam mengagumi kelebihan didalam dirimu.

4. Guru adalah sosok yang membuat Naruto menjadi bertambah kuat dan berbakat. Ini sama seperti guru kita masing-masing di sekolah

Guru dan Ayah Naruto via http://i553.photobucket.com

Di dalam cerita serial manga Naruto, Dia memiliki beberapa guru yang begitu menyayangi dan mengasihinya. Guru – guru inilah yang membantu Naruto untuk terus berkembang dari waktu ke waktu. Seiring dengan kehidupan kita sebagai manusia, kita tentunya juga memiliki guru – guru yang berperan dalam meningkatkan bakat dan kemampuan kita. Ada yang mengatakan bahwa guru seperti orang tua kita yang kedua, maka dari itu kita juga harus menghormati dan berterima kasih kepada guru kita masing – masing.

5. Cinta orang tua takkan pernah tergantikkan, sama halnya dengan cinta dari orang tua Naruto

Naruto’s Family via http://images6.fanpop.com

Poin menarik selanjutnya adalah mengenai orang tua Naruto. Seperti yang telah kita ketahui, kedua orang tuanya telah meninggal sedari Naruto masih bayi. Dia memang hidup sendiri dan penuh dengan rasa sepi, akan tetapi pada akhirnya Dia menyadari bahwa ternyata kasih sayang orang tuanya selalu mendampinginya setiap waktu. Didalam hidup, Tuhan telah begitu baik menitipkan 2 malaikat yang senantiasa menyayangi dan mengasihimu. Mereka adalah kedua orang tua kita, dan tentunya kita perlu bersyukur dan berbakti pada mereka.

6. Diakhir cerita Naruto, ia berhasil memenuhi impiannya menjadi seorang Hokage.

Naruto Hokage via https://i.ytimg.com

Pada akhir cerita Naruto, Ia mampu memperoleh gelar Hokage yang diinginkannya sedari kecil. Kita dapat melihat bagaimana mimpi dan impian setinggi apapun dapat kita capai jika kita bersungguh – sungguh berjuang untuknya. Banyak motivator yang mencetuskan kita untuk berani bermimpi setinggi – tingginya karena didalam diri kita sendiri dibekali kemampuan dan talenta yang luar biasa. Mari bermimpi !

Wah, tak disangka ada banyak sekali nilai – nilai sederhana yang dapat kita ambil dari serial manga Naruto ini. Segala sesuatunya seperti Tuhan ciptakan untuk memberikan kita tambahan ilmu dan pengetahuan bagi diri sendiri dan sesama. Dan yang terpenting, kita diharapkan dapat membagikan pengetahuan dan bakat kepada sesama kita yang membutuhkan. Berbagi akan membuat Anda lebih kaya dan bijaksana.