1. Langit Tak Perlu Menjelaskan Bahwa ia Tinggi

Dari langitlah kita harus belajar dan mengerti akan arti rendah hati. Semua orang sudah mengetahui langit terletak sangat jauh dari tanah, mungkin sekitar ribuan dari atas kaki kita dari bumi. Lalu untuk apa kita sibuk mencari pujian kesana kemari  hanya untuk mendapatkan  pujian semata. Lantas apakah kita tidak paham bahwa jika kita memperbaiki kualitas diri dan memperbaiki akhlak. Semua orang akan menghargai diri kita sendiri. Tanpa perlu menjelaskan segala sesuatunya tentang diri kita.

2. Segala Sesuatu yang Terjadi adalah Kehendak Tuhan

Baik panas, hujan, badai ataupun angin kencang.  Langit hanya lah sebagai  perantara. Ia tak bisa memilih kenapa hari ini harus hujan?, mengapa matahari bersinar sangat terik?, haruskah sore ini mendung ataupun segala sesuatu yang berhubungan dengan cuaca. Baginya sang Maha Pencipta lah penentu segalanya. Maka tak usah menyalahkan keadaan.

Advertisement

Memaki diri  kita sendiri atau bahkan menyesali apa yang telah terjadi. Ibarat pepatah nasi sudah menjadi bubur, tak akan ada waktu yang bisa di ulang. Tetaplah berjalan, menatap hari esok, dan berjanji pada diri sendiri tidak akan mengulangi kesalahan untuk yang kedua kalinya.  Sabar dan ikhlas itulah yang harus dilakukan.

3. Langit Tetap Terlihat Indah Tak Peduli Siapapun yang Memandangnya

Di langit begitu banyak ciptaan Tuhan yang ada. Bintang-bintang, matahari, bulan, awan dan beserta seluruh partikel dan molekul lainnya. Langit tak pernah meminta siapapun untuk melihatnya baik dari kalangan manapun. Entah itu kaya, pejabat, guru, pegawai swasta, seniman ataupun pekerjaan lainnya. Jadi, tak peduli siapapun kita dari mana kita berada, siapa kita atau melihat penampilan kita, baik tua ataupun muda. Diri kita sangat berharga. Tak berkurang sedikitpun.

4. Sederhana lah, Tak usah Berlebihan

Perlukah segala seuatu yang kita punya di perlihatkan? Haruskah kita menjadi sombong dan berlebihan hanya karna kita memiliki sesuatu yang orang lain tidak punya? Ingat selalu ada alasan untuk untuk rendah hati. Langit tak memiliki batas. Selalu bersahaja dengan segala keindahannya. Memiliki milyaran misteri yang bahkan kita tak akan pernah sanggup mengetahuinya.

5. Bersikap Adil

Di langit bukan hanya ada bintang, matahari dan bulan. tapi ada begitu banyak partikel-partikel kecil lainnya. Semua saling beriringan satu sama lain. Saling membutuhkan dan keterikatan.