Pengen deh punya wajah menawan kayak artis di layar kaca. Tapi gak mungkin ah! Mereka kan pake kosmetik mahal. Tiap minggu perawatan ke salon lah, skincare. Hasilnya memang ganteng dan cantik, sih. Tapi bisa-bisa kantong ane jebol dah!

Yup! Pasti itu yang ada di pikiran ketika ketika lagi nonton tv atau gak sengaja ketemu artis keren di Pasar Turi Mall. Tapi untuk mendapatkan kulit wajah yang mempesona gak harus mahal kok! Buat saja masker dari bahan alami di rumah! Hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin membuat masker wajah sendiri adalah memilih bahan. Berikut ini adalah beberapa bahan yang mudah dicari karena kemungkinan kamu sudah memilikinya di dapur. Silahkan cek bahan yang cocok sebagai masker sesuai jenis kulitmu!

 

 

1. Madu untuk kulit berminyak.

Masker dari pisang, madu, dan jus lemon

Masker dari pisang, madu, dan jus lemon via http://www.thinkstockphotos.com

Vitamin C yang terkandung di dalam pisang dapat  mengangkat minyak, sedangkan air lemon dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Masker madu ini berfungsi untuk mengontrol dan mengurangi kelebihan minyak pada permukaan kulit. Cara membuatnya, lumatkan sebuah pisang yang sudah matang dengan 2 sendok makan madu. Tambahkan jus lemon dan oleskan pada wajah sekitar 10 menit.

2. Madu untuk kulit kering.

Masker dari madu dan yoghurt

Masker dari madu dan yoghurt via http://www.thinkstockphotos.com

Gunakan yoghurt dan madu sebagai masker. Kekuatan untuk melembabkan dari masker ini sangat ampuh karena kandungan lactic-acid di dalam yoghurt dan madu merupakan bahan alami untuk menjaga dan mempertahankan kelembapan kulit. Cara membuatnya, campurkan dua sendok makan yoghurt dengan satu sendok makan madu. Oleskan pada wajah sekitar 10 menit.

3. Madu untuk kulit rentan berjerawat.

Masker dari madu, pala, dan kayu manis

Masker dari madu, pala, dan kayu manis via http://www.thinkstockphotos.com

Madu merupakan anti-bakteri sekaligus pelembab alami yang dapat menenangkan kulitmu. Kayu manis dan merica berfungsi untuk membersihkan jerawat dan memperlancar peredaran darah pada wajah. Masker ini membuat wajahmu terasa hangat. Ini karena efek dari kayu manis dan pala. Cara membuatnya, campurkan 2 sendok makan madu dengan satu sendok teh kayu manis serta satu sendok teh pala bubuk.

Aplikasikan pada wajah, kecuali daerah mata dan biarkan selama 10-15 menit.

4. Oatmeal untuk kulit berminyak.

Masker dari oatmeal, yoghurt, dan madu

Masker dari oatmeal, yoghurt, dan madu via http://www.thinkstockphotos.com

Yoghurt mengandung lactic acid yang berfungsi untuk pengelupasan, sedangkan oatmeal dapat membersihkan kulit dari minyak. Beberapa tetes madu yang digunakan untuk mencampur kedua bahan tersebut berfungsi untuk melembutkan kulit. Cara membuatnya, haluskan oatmeal dengan blender sampai menjadi bubuk (Takaran 1 gelas agar mudah dihaluskan). Ambil 1 sendok makan oatmeal bubuk dan campurkan dengan 1 sendok makan yoghurt.

Tambahkan beberapa tetes madu lalu aplikasikan pada wajah. Biarkan selama 10 menit.

5. Oatmeal untuk kulit kering.

Masker dari oatmeal, putih telur, dan minyak zaitun

Masker dari oatmeal, putih telur, dan minyak zaitun via http://www.thinkstockphotos.com

Putih telur dalam masker ini berfungsi untuk mengencangkan kulit. Sedangkan oatmeal dan minyak zaitun untuk merawat dan melembapkan kulit. Cara membuatnya, Kocok putih telur dari 1 butir telur sampai berbusa. Tambahkan 1 sendok makan oatmeal matang dan 1 sendok teh minyak zaitun. Kemudian aplikasikan pada wajah selama 15 menit.

 

6. Oatmeal untuk kulit rentan berjerawat.

Masker dari oatmeal, baking soda, jus lemon, dan air hangat

Masker dari oatmeal, baking soda, jus lemon, dan air hangat via http://www.thinkstockphotos.com

Oatmeal mengandung amino acid yang berfungsi untuk mengembalikan elastisitas kulit. Baking Soda adalah bahan pengelupasan kulit yang lembut. Jus lemon berfungsi untuk membersihkan dan mengelupas kulit mati. Cara membuatnya, haluskan oatmeal dengan blender sampai menjadi bubuk (Takaran 1 gelas agar mudah dihaluskan). Ambil 1 sendok makan oatmeal bubuk, kemudian tambahkan setengah sendok teh baking soda dan 1 sendok teh jus lemon.

Tambahkan sedikit air hangat, aduk sampai berbentuk pasta. Lalu aplikasikan pada wajah selama 15 menit.

7. Alpukat untuk kulit berminyak.

Masker dari buah alpukat, putih telur dan jus lemon

Masker dari buah alpukat, putih telur dan jus lemon via http://www.thinkstockphotos.com

Lemon adalah astringent alami, masker ini baik untuk mengurangi minyak berlebih dan membuat wajah segar, bersih, dan lembab. Cara membuatnya, kocok putih telur sampai berbusa, kemudian tambahkan 1 sendok the alpukat yang sudah dilumatkan dan 1 sendok teh jus lemon. Aplikasikah pada wajah dan biarkan selama 10 menit lalu bersihkan. Lakukan secara rutin dan kulit akan terasa lembut dan bebas minyak.

8. Alpukat untuk kulit kering.

Masker dari buah alpukat dan madu

Masker dari buah alpukat dan madu via http://www.thinkstockphotos.com

Madu dan alpukat merupakan paduan pelembab yang sangat baik. Jadi, masker ini memiliki “double power” untuk mengembalikan kelembapan pada kulit wajah yang kering. Cara membuatnya, lumatkan setengah buah alpukat lalu tambahkan seperempat cangkir madu. Campurkan dan aplikasikan ke wajah. Biarkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.

9. Alpukat untuk kulit rentan berjerawat.

Masker dari buah alpukat dan jus mentimun

Masker dari buah alpukat dan jus mentimun via http://www.thinkstockphotos.com

Campuran alpukat dan mentimun sangat baik untuk mebersihkan pori-pori kulit dan mencegah jerawat. Untuk membuatnya, lumatkan setengah buah alpukat dan 2 sendok makan jus mentimun (kamu bisa hancurkan mentimun kemudian disaring dan ambil sarinya). Aplikasikan campuran tadi pada wajah dan biarkan selama 10 menit lalu bersihkan. Kamu bisa menggunakan irisan mentimun ditempelkan di atas kelopak mata untuk mengurangi tampilan mata panda. :)

10. Susu untuk kulit berminyak.

Masker dari pisang dan susu

Masker dari pisang dan susu via http://www.thinkstockphotos.com

Lactic acid yang terkandung di dalam susu dapat mengurangi minyak pada wajah. Sedangkan vitamin C yang terkandung di dalam pisang akan menutrisi kulit. Cara membuatnya, lumatkan setengah dari buah pisang lalu tambahkan satu sendok makan susu. Aplikasikan pada wajah dan biarkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

11. Susu untuk kulit kering.

Masker dari susu dan kulit jeruk kering

Masker dari susu dan kulit jeruk kering via http://www.thinkstockphotos.com

Susu dapat menutrisi dan mengembalikan elastisitas kulit. Sedangkan kulit jeruk kering berfungsi untuk membersihkan kotoran dari permukaan kulit sehingga kulit lembab. Untuk membuatnya, siapkan kulit jeruk dari 2-3 buah jeruk yang sudah dikeringkan. Blender kulit jeruk sehingga menjadi bubuk. Campurkan bubuk tersebut dengan sedikit susu dan diaduk sampai menjadi pasta. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.

 

12. Susu untuk kulit rentan berjerawat.

Masker dari susu, kunyit, dan jus lemon

Masker dari susu, kunyit, dan jus lemon via http://www.thinkstockphotos.com

Kunyit merupakan antioksidan yang baik, dan jika dikombinasikan dengan kekuatan membersihkan dari lemon, serta kekuatan melembapkan dari susu maka jadilah masker yang baik untuk membersihkan dan mengembalikan kemulusan dari kulit berjerawat! Untuk membuatnya, campurkan satu sendok makan susu dengan sejumput kunyit dan satu sendok teh jus lemon. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 15 menit.

 

 

Nah, yang saya sebutkan di atas adalah beberapa masker alami yang bisa anda buat sendiri dengan mudah. Jangan lupa menggunakannya seminggu 2 kali secara teratur yaa.. Kalau tidak ingin repot, beli saja masker alami yang sudah banyak dipasarkan secara online. Selamat mencoba.