Salah satu penyebab utama kematian di Indonesia adalah kanker. Penyakit ini timbul akibat pertumbuhan sel yang tidak normal, sel terus membelah tanpa henti dan menyebar ke jaringan sekitarnya. Kanker dapat terjadi hampir di manapun di tubuh manusia.

Untuk mengidentifikasi kanker di tubuh manusia, para ilmuwan di University of Texas berhasil menemukan MasSpec Pen. MasSpec Pen adalah pena yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi jaringan kanker hanya dengan 10 detik. Berikut adalah beberapa informasi mengenai MasSpec Pen.

1. Operasi menjadi lebih cepat, aman, dan tepat

Dari segi waktu, dengan menggunakan MasSpec Pen maka analisis akan menjadi lebih cepat dan akurat. Dengan begitu, operasi menjadi lebih cepat, tepat, dan aman. Tidak perlu khawatir lagi menunggu operasi yang tak selesai-selesai di luar ruangan.

2. Cara kerjanya yang super simple

how it works via http://reliawire.com

Cara bekerja MasSpec Pen adalah dengan menempelkan pena pada kanker yang dicurigai, kemudian pena akan melepaskan tetesan air kecil. Bahan sel kimia hidup akan bergerak ke tetesan dan disedot oleh pena untuk dianalisis. Pena akan dicolokkan ke spektrometer massa dan menghasilkan sidik jari kimia yang memberitahu dokter apakah hasilnya jaringan sehat atau kanker.

3. Walaupun canggih masih tetap ada kekurangan

Advertisement

mass spec via https://pbs.twimg.com

Salah satu kekurangan dari MasSpac Pen adalah terletak pada spektro massa. Spektro massa adalah alat untuk mengukur massa ribuan bahan kimia setiap detiknya. Walaupun penanya murah, tapi spektro massa masih terlalu besar dan harganya mahal.

4. Meminimalisir sel kanker tertinggal

Pena akan membantu dokter memastikan tidak ada satupun kanker yang tertinggal, karena apabila ada sel yang tertinggal maka sel kanker akan tumbuh menjadi tumor yang lain. Akan dilakukan pengujian yang lebih untuk memperbaiki perangkat sebelum melakukan uji coba operasi pada tahun depan. 

5. Teknologi medis masa depan

medical via http://www.ti.com

Dengan ditemukannya teknologi yang mutakhir ini diharapkan dapat membantu tim dokter dalam mengidentifikasi dan melakukan operasi kanker secara tepat,cepat, dan aman.

 

Wah, teknologinya canggih ya. Semoga dengan ditemukannya teknologi ini, masalah kanker yang terjadi bisa diatasi dengan baik. Sehingga orang-orang yang mengidap kanker bisa disembuhkan dan kembali beraktivitas normal.