Tulisan ini merupakan kontribusi eksklusif dari komunitas Blogger Jakarta. Selamat membaca!

Jaman sekarang berbisnis sudah cukup lumrah. Banyak sekali anak muda yang merintis bisnisnya sedari dini, agar di hari senja nya mereka tinggal bisa menikmati hasil kerja kerasnya. Selain itu, banyak juga pasangan yang memutuskan untuk membuka usaha bersama.

Walaupun tekad mereka sudah cukup bulat, faktanya tidak sedikit yang masih bingung tentang usaha apa yang ingin dijalankan. Alih-alih menemukan peluang usaha yang tepat untuk dijalankan, mereka malah gagal buka usaha bersama. Jadinya ya “gagal sebelum berperang”.

Jika kamu dan pasanganmu tidak ingin mengalami hal yang serupa, ada baiknya bila kamu mencoba beberapa ide usaha berikut ini. 

1. Kalo Kamu Dan Dia Sama-Sama Suka Makan Dan Suka Masak, Kayaknya Seru Kalo Kalian Buka Bisnis Kuliner

Kafe Juga Usaha Kuliner Ya! via https://www.pexels.com

Di Indonesia, bisnis ini tidak pernah sepi pembeli. Bersama pasangan yang sama-sama suka makan dan hobi masak, kalian amat kompeten untuk menekuni bisnis ini bersama. Bilapun kalian hanya suka makan saja, kalian bisa kok menyewa jasa juru masak. Cukup mudah kan?

Selain bisa memperoleh laba yang lumayan, kalian juga bisa bisa melatih kekompakan sembari bersenang-senang. Namun, jangan lupa tetap jaga kualitas bahan dan perhatikan selera konsumen ya! Biar usaha kalian bisa maksimal.

2. Kamu pengen jualan dan si dia suka bikin sablon baju? Yaudah, cobain aja buka tempat jualan baju sablonan. Untungnya pasti besar!

Baju Sablon Itu Kece! via http://uangonline.com

Berbisnis itu harus kreatif! Kamu yang suka jualan harus mampu menciptakan desain baju yang unik-unik. Tak sekedar unik, namun juga harus menarik. Sebelum memulai, coba deh kamu cari ide dari internet. Setelah itu, cari-cari bahan baku yang paling berkualitas, namun harganya murah.

Advertisement

Bila kamu sudah bisa menemukan dua item modal utama tadi, yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menjual hasil baju sablonan yang kalian punya.

Kamu dan pasanganmu sudah cukup dengan usaha tempat penyablonan saja? Ya sudah, tinggal buka usaha saja, dan promosi sana-sini. Pasti pelanggan akan datang seiring dengan kualitas yang kamu berikan.

3. Buat kamu yang suka nya memasak, kamu mungkin bisa nyobain buka usaha catering.

Pasti Menantang! via https://www.pexels.com

Jaman sekarang, catering memang sudah umum dihadirkan pada moment sakral yang membutuhkan sajian dalam jumlah banyak. Sebut saja pernikahan, khitanan, acara syukuran dan lain sebagainya.

Seiring dengan berkembangnya waktu, catering juga dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan makan siang ataupun makan malam para karyawan kantoran, arisan ibu RT dan acara non formal lainya.

Bila kamu teliti dengan peluang ini, kamu pasti langsung geregetan pengen buka catering kan? Yasudah, langsung siapkan diri kalian ya. Cari resep terbaik, dan promosikan bisnis cateringmu itu dengan caramu sendiri. Bila sudah ada pelanggan yang nyantol di list pembeli kamu, kamu tinggal bekerja dengan maksimal deh!

4. Buat kalian yang ingin jualan tapi males keluar rumah, mungkin kalian bisa berjualan dari rumah.

Jual Barang Yang Unik Ya! via https://www.pexels.com

“Jaman Kakek dulu, belum ada online shop cu. Kakek harus jalan ke pasar atau naik sepeda dulu buat beli semua kebutuhan. Dan itu pun, kadang nggak lengkap.”

Sebagai generasi milenial, kamu patut bersyukur! Sekarang semuanya sudah mudah, termasuk dalam urusan belanja-belanja. Sebagai seseorang yang ingin membuka usaha, kamu juga bisa turut serta dalam meramaikan perdagangan online Indonesia. Toh, ada beberapa barang yang hanya bisa kita dapatkan secara online toh? Yowis, tunggu apalagi? Take action aja! Coba jual barang pernak-pernik unik juga oke banget!

5. Bila Kamu punya space kecil di rumah yang bisa dimanfaatkan untuk membuka Loket Pembayaran, mengapa tidak dimanfaatkan?

Loket Pembayaran Juga Simple! via https://www.pexels.com

Jaman sekarang semua orang inginya serba instan, serba mudah, serba cepat dan serba dekat. Termasuk juga dalam urasan bayar membayar tagihan. Nah, disini nih peluang kamu buat membuka loket pembayaran. Kamu cuma perlu lisensi loket pembayaran dan ruang kecil untuk di rumah. Harga lisensi loket pembayaran? Tidak mahal kok!

Sebagai contoh, di ig “paytren.alkahf” menerangkan bahwa untuk membuka loket pembayaran online (PPOB) cukup dengan membayar lisensi standar paytren 350rb, beberapa peralatan, dan mengisikan sejumlah formulir. Amat mudah bukan? 

Oke, itulah tadi beberapa ide yang bisa kamu gunakan jika kamu bingung tentang mau membangun bisnis apa bersama pasangan.  Terimakasih sudah menyimak, semoga kalian sukses ya!