Mempunyai usaha atau bisnis sendiri merupakan sebuah prestasi yang bisa menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Menjadi pengusaha merupakan pekerjaan yang mulia selain memperoleh penghasilan yang lebih besar, bisa juga membantu orang lain memperoleh pekerjaan darinya. Namun untuk menjadi pengusaha yang sukses membutuhkan proses yang panjang, akan banyak permasalahan dan rintangan yang dihadapi untuk bisa membuat usahanya berhasil.

Di tengah kondisi perekonomian yang serba sulit seperti ini, seorang pengusaha haruslah memiliki kekuatan dan mental yang hebat untuk menjadikan bisnisnya berhasil dan senantiasa bertahan. Jika Anda adalah ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses, dan bisa mempertahankan bisnis maka Anda harus menerapkan beberapa langkah berikut ini.

 

1. Lakukan Inovasi

Menjadi seorang pengusaha sukses diharuskan selalu melakukan inovasi agar masyarakat tidak jenuh pada produk Anda. Sebuah ide atau produk yang sudah lama beredar memang akan membuat pasar menjadi jenuh. Maka untuk membuatnya kembali bergairah, Anda harus berinovasi mengkreasikan produk lama menjadi menjadi sesuatu yang lebih bernilai kembali.

2. Jangan Cepat Puas

Memiliki rasa cepat puas sangatlah tidak baik apalagi bagi seorang pengusaha, karena pengusaha yang terlalu cepat puas biasanya akan membuat bisnisnya berhenti dan tidak berkembang. Maka dari itu rasa cepat puas haruslah dihilangkan dari dalam diri seorang pemimpin bisnis karena perkembangan dan pertumbuhan bisnis tidak ada batasnya. Anda bisa mengembangkan bisnis Anda bahkan melampaui ekspektasi Anda sendiri.

3. Perluas Jaringan

Perluas Jaringan

Perluas Jaringan via http://harianhargahp.com

Seorang pengusaha diharuskan memiliki jaringan yang luas karena tanpa jaringan atau networking seorang pengusaha bagaikan mayat hidup. Jaringan memang sangat penting dan akan membantu Anda untuk menjadikan bisnis tetap sukses dan bertahan lama. Semakin banyak Anda memiliki jaringan atau koneksi maka semakin besar pula peluang Anda untuk bisa membuat usaha Anda eksis dan mungkin juga berkembang lebih pesat.

4. Tambah Wawasan

Di tengah kondisi perekonomian yang serba sulit seperti saat ini, seorang pengusaha haruslah memiliki wawasan yang luas, Anda tidak perlu malu untuk menggali ilmu dari senior, bahkan junior atau bawahan Anda. Dengan ilmu dan wawasan yang semakin banyak, Anda akan mampu membuat dan mengaplikasikannya untuk bisa mempertahankan bisnis Anda dari persaingan bisnis yang sangat ketat ini.

5. Tingkatkan Pelayanan

Tingkatkan Pelayanan

Tingkatkan Pelayanan via http://androidcourt.com

Sebuah pelayanan atau service kepada para customer memang suatu yang sangat penting. Karena dengan adanya pelayanan yang baik maka konsumen pun akan terpuaskan. Dan bila konsumen terpuaskan maka mereka akan senang dan terus berlangganan pada Anda. Dengan adanya hal ini maka Anda akan sangat mudah untuk menjadikan bisnis Anda tetap berjalan dan bertahan diantara himpitan persaingan dan ekonomi yang serba tak menentu ini. Jangan lupa juga untuk meminta saran dan kritik yang membangun dari para konsumen Anda. Dengan demikian Anda akan lebih mudah untuk mengakomodasi konsumen untuk bisa memperbaiki dan menyesuaikan pelayanan terhadap pelanggan.

6. Waspada Ancaman Terhadap Bisnis Anda

Terakhir, langkah untuk menjadikan Anda sebagai pengusaha sukses adalah dengan tetap waspada dan sigap dengan segala ancaman yang datang pada bisnis Anda. Saat ini orang memang bisa melakukan apa saja untuk bisa mengancam perjalanan bisnis Anda. Bukan hanya dari kompetitor, rekan bisnis dan mantan karyawan Anda juga bisa membuat ancaman kepada usaha Anda. Umumnya para pengusaha yang terlalu lengah terhadap ancaman ini mereka bisa jatuh tiba-tiba.