Artikel ini ditulis oleh Reyhan Ivandi blogger asal Sumatera Barat

Perkembangan internet yang begitu pesat mampu membawa berbagai keuntungan di beragam bidang kehidupan. Hampir setiap orang pada saat ini bergantung pada teknologi. Hampir 50% pengguna internet di Indonesia menggunakan media sosial online setiap harinya. Dan data dari AC Nielsen menunjukkan pada tahun 2009 saja transaksi online di Indonesia mencapai 35 trilyun.

Sebagai pedagang dan pengusaha hal ini tidak boleh kita lewatkan untuk menggaet pasar yang lebih luas dan tak kenal waktu. Strategi yang dapat kita gunakan untuk menggaet pasar yang lebih luas hingga ke luar negeri adalah dengan internet marketing (pemasaran melalui internet).

Dengan adanya internet marketing toko kita akan buka 24 jam dan calon pembeli bisa datang kapan saja ia mau, serta, produk kita akan dengan mudah dikenali walau di pelosok negeri. Sungguh mengasyikkan, bukan?.

Bagaimana dengan modal untuk internet marketing tersebut?.

Modal utama internet marketing tentu gadget yang disertai jaringan internet. Dengan kedua hal ini saja kita sudah bisa melakukan pemasaran melalui internet. Tentu kita harus belajar internet marketing agar pemasaran yang kita lakukan tidak sia – sia dan menuai hasil yang memuaskan.

Strategi – strategi internet marketing apa sajakah yang sudah terbukti ampuh untuk mendatangkan transaksi?. Berikut ulasannya :

Strategi Internet Marketing

 

1. Facebook Marketing

Facebook Marketing

Facebook Marketing via http://engineering.integrisgp.com

Ini adalah strategi pemasaran online dengan menggunakan situs media sosial Facebook. Cara utama untuk berdagang secara online di Facebook adalah dengan membuat fans page lalu mengoptimalkannya dengan mengumpulkan sebanyak – banyaknya fans/likers.

Strategi agar facebook marketing ampuh untuk menaikkan branding dan omset bisnis, yakni :

Membuat konten atau materi yang berkualitas untuk dipublish di halaman fans page. Usahakan konten – konten yang kita muat di fans page tersebut merupakan konten berupa how to, tip dan trik, informasi, dan berita yang sesuai dengan bisnis kita.

Mencari para fans melalui kuis – kuis dan aktivitas lain yang mengundang pengguna facebook datang ke fans page Anda.

Menggunakan facebook ads, dengan facebook ads kita selain mendapatkan penjualan yang lebih banyak, fans page yang kita likersnya juga bisa bertambah banyak. Untuk facebook ads kita harus menginvestasikan uang untuk biayanya.

2. YouTube Marketing

Youtube Marketing

Youtube Marketing via http://sproutsocial.com

Untuk strategi internet marketing dengan youtube marketing kita bisa melakukan promosi tanpa merogoh kocek serupiah pun. Caranya sangat gampang, buat video, lalu, upload ke YouTube disertai optimasi SEO pada videonya.

Untuk mendapatkan views yang banyak di YouTube  sehingga membawa dampak yang baik pada bisnis, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, diantaranya :

Buat video dengan perpaduan warna yang menarik dan sinergis.

Buatlah video yang memberikan nilai manfaat pada pengguna internet yang melihatnya.

Isilah judul, deskripsi, dan tag dengan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Bagikanlah video yang telah diupload tersebut di berbagai media sosial, seperti facebook, twitter, google plus, linkedin, dan instagram.

Tambahkanlah backlink berkualitas yang mengarah pada video tersebut.

Untuk pembuatan video yang hendak diupload di YouTube itu sendiri kita bisa menggunakan tool, seperti Ms. Power Point minimal 2010, Camtasia, dan software video editing/video maker lainnya.

Cara alternatif lain yang bisa kita gunakan untuk membuat video adalah membuat gambar, lalu, memilih tool di YouTube sendiri yang bisa menggabungkan berbagai gambar menjadi video.

3. Website Marketing

Website Marketing

Website Marketing via http://snappages.com

Website saat ini tidak sebatas sebagai media yang menampung tulisan dan curhat dari pengguna internet. Akan tetapi, saat ini website merupakan media yang sangat efektif untuk mendatangkan penjualan dan strategi yang terbukti pula mampu menaikkan brand bisnis dalam jangka waktu yang singkat.

Dengan adanya website, konsumen dapat melihat dan mengetahui kualitas serta desain dari produk bisnis tanpa ada batasan waktu dan batasan tempat. Dengan adanya website, pembeli juga dapat melakukan pemesanan secara online tanpa harus datang ke tempat penjualnya. Tentu ini adalah keuntungan yang luar biasa untuk kemajuan bisnis Anda.

Untuk memasarkan bisnis melalui website marketing, hal utama yang harus Anda miliki adalah hosting dan domain. Lalu, barulah website bisnis Anda dibuat. Jika kurang memahami cara membuat website untuk bisnis, Anda dapat mencari tutorialnya di internet atau menggunakan jasa pembuatan website.

4. SEO

SEO Marketing

SEO Marketing via http://prolapak.com

SEO merupakan strategi pemasaran yang paling banyak peminatnya, karena, target pasar lebih tetarget dan luas, serta biaya untuk optimasi SEO bisa seminimal mungkin bahkan tanpa modal sekalipun.

SEO merupakan teknik yang kita gunakan agar halaman bisnis atau blog kita berada pada posisi teratas di halaman pencarian mesin pencari (Google). Apabila kita berhasil menduduki posisi teratas peluang transaksi akan semakin banyak.

Ada tiga komponen penting dalam teknik SEO, diantaranya :

Riset keyword, kita mencari kata kunci yang sering diketikkan oleh pengguna internet di mesin pencari.

On Page, kita mengoptimasi halaman bisnis kita agar sesuai dengan kriteria Google.

Off Page, dukungan dari luar situs yang menuju halaman bisnis kita.

Rekan – rekan dapat mempelajari SEO pada saat ini dengan gratis karena telah banyak situs yang mengupas pembelajaran mengenai SEO tersebut, mulai dari tingkat dasar hingga advance.

Kunci sukses dalam strategi SEO adalah action.

Jika rekan – rekan kurang paham dengan SEO, alternatif lain adalah menyewa jasa SEO, tentu biaya yang dibutuhkan tidak sedikit.

5. Content Marketing

Content Marketing

Content Marketing via http://www.wix.com

Content is the king. Pemasaran tradisional saat ini mulai tidak efektif lagi mendatangkan penjualan karena konsumen lebih cenderung pergi apabila ia mengetahui bahwa yang ia lihat itu merupakan iklan. 

Jika kita menonton televisi apabila ada iklan tentu kita akan dengan mudah menukarnya menuju channel yang lain. Begitu pula dalam dunia internet marketing, seorang calon konsumen akan dengan mudah beralih ke halaman lain jika ia menemukan iklan. Bahkan, banner - banner iklan yang ada di sebuah website/blog akan menjadi bahan "kacangan" bagi mereka. Lantas, apakah ada ide lain agar pemasaran yang kita lakukan lebih efektif dan mendatangkan penjualan?.

Yap, content marketing adalah jawabannya. Dengan content marketing kita tidak akan langsung menjual produk dari bisnis, namun, kita menjual ide dan nilai manfaat dari produk yang dimiliki. Ide dan nilai - nilai manfaat tersebut kita sajikan melalui konten - konten, baik berupa artikel, video, audio, maupun presentasi. 

Dengan content marketing nantinya calon konsumen "berpetualang" mengenali bisnis Anda lebih dekat. Nantinya, keputusan apakah membeli atau tidak berada di tangan konsumen karena kita (pemasar) memiliki peran membawa emosi konsumen agar tertarik dengan nilai manfaat dari produk yang kita jual. 

Ingat, konten yang dijadikan sebagai media pemasaran content marketing merupakan content yang memiliki kualitas, nilai, manfaat, dan relevan dengan bisnis Anda.

Nah, itulah  5strategi internet marketing yang efektif dan terbukti “khasiatnya” dalam meningkatkan branding serta omset bisnis.

Kunci sukses dari internet marketer yang telah menemukan dunia mereka pada saat ini hanya satu, yakni action. Stop asking, start doing.