Ramadhan adalah suatu bulan yang sangat mulia bagi umat Muslim di seluruh dunia. Ramadhan hanya datang setahun sekali dan tiap tahunnya pasti masing-masing individu memiliki Ramadhan yang berbeda-beda.

Bulan Ramadhan memang identik dengan puasa, yaitu tidak diperbolehkan makan setelah adzan subuh sampai adzan maghrib. Banyak orang yang merasa lemas ketika dipertengahan hari ketika matahari sangat menyengat dan rasa lapar dan dahaga mulai memuncak. 

Namun bagaimanapun, rasa lemas ini bukan menjadi alasan dan halangan untuk kita tetap beraktivitas dan produktif lho! Di bawah ini ada beberapa tips yang dapat kalian lakukan saat berpuasa tanpa buang energi banyak namun tetap bermanfaat dan menyenangkan! Let's check it out!

1. Beres-beres rumah!

beberes rumah via http://kaskus.co.id

Beberapa dari kita memang mungkin setiap hari selalu membersihkan rumahnya, sehingga setiap hari rumah terlihat bersih dan rapi. Walaupun begitu, kita boleh banget lho memberi sedikit make over untuk rumahmu. Jadi rumah akan terlihat fresh dan tidak membosankan.

Nah untuk kita-kita yang suka males membersihkan rumah, bahkan rumah sampai terlihat berantakan, sangat dianjurkan untuk melakukan beres-beres rumah. Apalagi kalau kalian puasa terus nggak tau mau ngapain, beres-beres rumah ini bisa dijadikan satu kegiatan untuk mengisi waktu sehingga kalian tidak akan bosan dan tetap produtif dengan hasil rumah yang lebih bersih!

2. Jadi koki-kokian

masak asyik via http://i.finebox.co

Advertisement

Walaupun di bulan Ramadhan kita berpuasa, bukan berarti kita nggak boleh masak dan berkreasi dengan makanan! Justru di waktu puasa kita boleh banget masak, mencoba resep-resep baru untuk hidangan buka atau hidangan sahur. Bahkan untuk latihan membuat masakan atau kue kering untuk lebaran juga tidak ada salahnya lho.

Apalagi sekarang sudah banyak beredar resep memasak dan mudah diikuti. Tidak perlulah kita profesional, asal kita mau dan yakin, pasti bisa! Kalau hasil masakannya baik, bisa dijadikan sebagai ladang penghasilan juga. Kan sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui hihi.

3. Bergerak dan main ke luar!

liat pemandangan via http://forum.liputan6.com

Puasa memang secara awam diartikan sebagai menahan rasa lapar dan haus. Itu berarti kita mau tidak mau mengurangi asupan. Namun mengurangi asupan tidak menjadikan kita lemas dan kemudian bermalas-malasan. Take your body out and move!

Nggak perlu berolahraga yang estrim, cukup jalan-jalan di pagi hari. Mungkin hanya mengitari daerah sekitar rumah. Atau mungkin jalan-jalan pergi ke alam, misalnya hutan wisata, puncak bukit, atau wisata alam lain yang mengharuskan kalian untuk paling tidak bergerak di sana. Kalau kalian mau jalan-jalan di mall, nggak masalah kok. Hihihi. Jangan lupa ajak teman-temanmu dan bawa kameramu agar kalian bisa mengabadikannya dan akan menjadi suatu kenangan yang indah! 🙂

4. Me time!

jangan diganggu! via http://thespaatsalt.com.au

Guys, you need your quality time with yourself and you can do it now! Merasa bosan, dan nggak tau mau ngapain? Ambil aja gunting kuku, masker, timun (pakai tomat atau madu atau telur juga bisa), dan beberapa majalah. PIlih satu spot untuk kalian berbaring, pasang masker, bersihkan dan rapikan kuku, baca majalah, dan kalau sudah cukup lelah membaca majalah, tutup matamu dengan timun (atau penggantinya), dan tara! Kalian sudah dapat 'me time' yang akan sangat kalian nikmati.

Me time adalah suatu hal yang penting di mana kalian bisa memanjakan diri sendiri, tanpa ada gangguan. Me time sangat cocok untuk mengisi kebosanan sekaligus melakukan perawatan diri dengan budget yang pas di kantong!

5. Perkaya ibadahmu!

ibadah yukk via http://kartun.co

Nih yang terakhir namun sangat penting dalam bulan Ramadhan. Seperti yang sudah disebut di atas, Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia, yang hanya terjadi setahun sekali selama satu bulan (30 hari) di mana Allah SWT mengurus semua setan agar tidak dapat keluar dan mengganggu umat-Nya. Maka, di bulan yang suci ini umat Muslim hendaknya memperbanyak beribadah.

Jika pada hari biasa sholatnya masih belum teratur, maka di bulan ini perbaikilah dengan sholat 5 waktu tepat pada waktunya dan akan lebih baik dengan berjama'ah. Sholat tarawih jangan lupa, perbanyak tadarus Al-Qur'an, sholat-sholat sunah juga jangan lupa, infaq, dan masih banyak hal mulia lain yang dapat kalian lakukan.