Apakah kalian penggemar acara-acara di NET TV? Kalau iya, pasti kalian tahu donk siapa pemiliknya. Yups, Wishnutama Kusubandio atau lebih akrab disapa Mas Tama. Di artikel ini aku nggak bakal mengulas gimana kisah suksesnya mendirikan stasiun televisi atau bisnisnya, tapi hobi fotografi yang beberapa tahun belakangan ini digelutinya.

Suami dari artis cantik Gista Putri ini memamerkan hasil jepretannya di akun Instagram @wishnutama dan @tamagraphy. Udah banyak banget lho jepretan kecenya, mulai dari foto-foto sang istri, jalan-jalannya ke luar negeri, hingga kegiatan di NET TV. Saking kecenya, udah ratusan bahkan puluhan ribu love yang ia dapatkan di Instagram. Nah, kira-kira kamera seperti apa ya yang dipakai Mas Tama biar bisa dapetin foto-foto keren? Langsung aja yuk kita intip!

 

1. Fujifilm X100F

Instagram Wishnutama via https://www.instagram.com

Salah satu kamera yang dipakai Mas Tama dalam membidik foto-foto kerennya adalah Fujifilm X100F. Kamera ini tergolong masih baru, karena awal tahun 2017 baru diluncurkan. Kerennya, kamera ini punya desain dan lensa permanen klasik, serta jendela bidiknya bisa dipilih antara optikal atau elektronik. Selain itu, Fujifilm X100F ini tampil lebih ringkas, sehingga cocok untuk banyak kebutuhan foto. Buat harganya, tergolong cukup tinggi, yaitu USD1300 atau sekitar 17 juta rupiah. Lumayan mahal sih, tapi kalau bisa dapetin foto-foto kece, kenapa nggak?

2. Sony 2470 GM

Instagram Wishnutama via https://www.instagram.com

Penasaran nggak sama kamera yang dipakai pas acara Countdown Asian Games kemaren? Kalian pasti bertanya-tanya, "Wah, kok fotonya bagus, jepretnya pakai kamera apa ya?" Mas tama pakai kamera Sony 2470 GM ini nih guys. Jadi, kamera Sony dengan lensa 24-70mm F/2.8 GM. Harganya sendiri tergolong cukup tinggi, yaitu sekitar 30 jutaan. Wuih, kamera mahal ya, tapi it's ok lah kalau hasilnya maksimal.

3. Sony Alpha 7rii

Advertisement

Instagram Wishnutama via https://www.instagram.com

Masih produk Sony lagi, Mas Tama juga memakai Sony Alpha 7rii dalam setiap foto kecenya. Bagi kalian para fotografer profesional, kamera ini sangat recomended karena punya spesifikasi yang menggiurkan. Apa aja sih emang spesifikasinya?

Kamera Sony Alpha 7rii ini memiliki sensor beresolusi 42MP, sehingga foto yang dihasilkan bakal kelihatan jernih dan tajam. ISOnya sendiri mulai 100-25600, jadi bisa jeprat-jepret di dalam berbagai kondisi cahaya. Kamera ini juga memiliki shutter speed mulai dari 30-1/8000 detik.

Penasaran sama harganya? Salah satu kamera mirrorless kelas wahid ini memiliki harga yang bikin kantong kempes, yaitu sekitar 40 juta rupiah. Mahal ya, tapi kece sih hasilnya.

4. Leica M10

Instagram Wishnutama via https://www.instagram.com

Kamera Leica M10 ini sering banget dipakai Mas Tama jalan-jalan dengan Gista Putri, istrinya. Karena emang ringan banget dan kuat, jadi nggak takut berat atau rusak di jalan. Masuk ke Indonesia pada awal tahun 2017, kamera ini memakai teknologi baru, yaitu sensor CMOS full-frame 24 megapixel yang dapat menghasilkan kemampuan pencitraan yang baik, yakni rentang dinamis yang impresif, kontras warna yang lebih baik, ketajaman dan resolusi yang detail. Dengan sensor ini, kisaran sensitivitas ISO berkisar antara 100 hingga 50000.

Kamera Leica M10 ini tergolong kamera mewah, karena menawarkan harga 99 juta rupiah. Wuih, hampir 100 juta, kamera mahal tapi bisa menghasilkan foto yang mahal juga pastinya. (Kameranya mahal-mahal ya, ya iyalah CEO media. Beli begituan doang mah kecil).

5. Leica Q

Instagram Wishnutama via https://www.instagram.com

Nggak cuma motret objek manusia, Mas Tama juga sering banget motret gedung-gedung di negara tujuan liburannya. Nah, gedung-gedung ini dipotret menggunakan kamera Leica Q. Kamera pabrikan Jerman ini memiliki fitur unggulan, seperti sensor full-frame CMOS yang digabungkan dengan 24MP kamera. Fitur fokus Leica Q ini nyaris sempurna karena menggunakan prosesor yang baru dikembangkan dari jajaran prosesor Leica Maestro II, yang mampu memproses data dari sensor kamera dengan sangat cepat. Karena kemampuannya ini, Leica Q termasuk sebagai kamera dengan auto-focus tercepat di kelasnya. Selain dua kelebihan di atas, kamera ini juga memiliki digital selector, di mana pemilik Leica Q memiliki kesempatan berkreasi, di mana alternatif subject framing dapat dipilih hanya dengan menekan satu tumbol. 

Pengen tahu harganya? Leica Q ini juga tergolong kamera dengan harga cukup tinggi, yaitu USD4250 atau setara dengan 55 juta rupiah.

 

Udah tahu kan sekarang, kamera apa aja yang di pakai Mas Tama untuk menghasilkan foto-foto kecenya. Mahal sih, tapi hasilnya emang bagus banget. Buat kalian yang ngiler pengen beli salah satu dari 5 kamera di atas, bisa nabung dulu kok. Yang penting keinginan untuk dapetin foto-foto kece bisa terlaksana. Semangat menabung dan jeprat-jepret ria…..