Mantan, oh mantan.. Dia orang yang pernah kamu sayang di masa lalu. Ya sudah lah.. Yang berlalu biarkan berlalu, tidak perlu lagi meratapi seseorang yang memang bukan takdirmu. Kehadirannya yang bukan jalannya untuk selalu berdamping denganmu, mungkin dia didatangkan agar memberimu pelajaran hidup. Tidak perlu sedih sebab sendirian menyandang status lajang juga bukan hal yang harus dikasihani. Tidak perlu kesal atau marah dengan mantan bahkan menyalahkan diri sendiri. Apapun yang terjadi, itu bukan hanya salahmu saja atau salah dia saja. Tidak perlu mendendam jikalau dia meninggalkanmu sedangkan kamu masih mempedulikan dia. Sekarang saatnya kamu lebih peduli dengan kebaikan dirimu sendiri, bukan kepada mantan. Sebagai pribadi yang masih punya masa depan, hematlah energi di dalam jiwamu yang segar itu. Gunakan sedikit saja tenaga dan waktumu untuk menengok kegagalan saat menjalin hubungan dengan mantan dahulu. Daripada menggerutu dan mengutuk kenangan bersama mantan, sebaiknya buka mata hatimu. Banyak hal-hal baik di hidup ini yang menanti perhatianmu.

1. Koleksi lagu-lagu yang asik

Lagu yang asik ampuh mengusir galau via http://www.huffingtonpost.com

Mengusir kesepian dengan mendengarkan playlist lagu-lagu di handphone adalah cara pertama yang biasa orang-orang lain lakukan saat sedang sendiri. Pilihan lagu-lagu dengan genre tertentu seringkali mencerminkan suasana hati. Selisih sebulan saja banyak lagu-lagu baru muncul. Koleksi saja lagu-lagu yang membuat detak jantungmu bergendang dengan irama ceria. Mendengarkan lagu yang kurang bersemangat akan memberi kesempatan untuk pikiranmu terbawa ke suasana sendu.

Jika kamu bertemu dengan mantan saat mendengarkan lagu, bersikaplah seperti seakan-akan kamu sangat menikmati alunan musiknya. Tidak perlu malu untuk berheiho dan mengangguk-angguk atau berjingkrak-jingkrak sendiri. Tunjukan pada mantanmu bahwa musik itu seakan-akan sedang berada di depanmu dan kamu lebih asik berbaur dengan musik daripada dengan mantanmu.

2. Hindari update postingan yang berbau kegalauan

Hentikan terlihat galau di sosmed via http://stylecaster.com

Advertisement

Kamu punya banyak social media (sosmed)? Hipwee yakin kamu adalah seseorang yang tidak kolot. Kamu tentunya sudah lihai memainkan sosmed yang punya beragam fitur-fitur menarik. Maka alangkah menyenangkannya jika kamu stop memandangi area chatting dan timeline dengan postingan baper. Mulailah up to date dengan berita atau news dan info-info penting, tidak ada salahnya juga jika kamu suka menengok postingan yang lucu-lucu. Isilah otakmu dengan hal-hal yang membuatmu merasa waktu lebih bermanfaat daripada hanya sekedar menunggu notifikasi.

Kebiasan update status, foto, dan postingan lain menjadi lazim bagi pengguna aktif sosmed. Kamu yang sudah siap meninggalkan mantan dan kenangannya, hindari update yang berbau aktivitas kegalauan. Kamu tidak akan pernah tahu di luar sana mantanmu memandangmu seperti apa saat kamu menampakan diri sebagai pribadi yang sering bersedih setelah ditinggalkan dia. Bagaimana jika mantanmu tertawa dan merasa menjadi superstar yang diidolakan orang sebaik kamu? Alih alih turut peduli denganmu, kalau ternyata dia jarang online dan tidak pernah melihat postingan atau kode dari kamu di sosmed, bagaimana? Ada ratusan menit yang terbuang sia-sia.

3. Jalin pertemanan dengan banyak orang

Banyak teman, banyak kebahagiaan via http://questionspedia.com

Melajang artinya bebas bertemu siapa saja dan kamu berhak kangen-kangenan dengan teman-temanmu. Entah itu teman lama, entah itu kenalan baru, sekarang saat yang tepat untuk memperluas pertemananmu. Selain kamu tidak akan lagi merasa kesepian, lambat laun kamu akan sadar bahwa kamu adalah orang yang sangat berharga dan berarti bagi siapapun yang mengenalmu. Uluran tanganmu yang tidak disambut mantan yang sudah mencampakanmu akan teralihkan kepada orang-orang sekitar yang lebih menghargai keberadaanmu.

4. Merubah penampilan dan terlihat lebih menawan

Ubah penampilanmu agar mantan menyesal via http://www.enkivillage.com

Sekalipun orang-orang mampu menerimamu apa adanya, menghadirkan diri yang begini-begini saja juga tidak enak rasanya untuk kamu yang ingin menampilkan pribadi yang lebih baik. Mengganti parfum, mengubah tatanan rambut, atau mempersolek bagian tubuh lain yang ingin kamu ubah. Entah kamu pria ataupun wanita, Youtube selalu memberi banyak opsi dan referensi yang dapat membantumu mencoba gaya baru. Tunjukan tidak hanya pada mantanmu, tetapi juga orang lain bahwa kamu lebih bisa merawat diri sendiri menjadi bersinar setelah kamu ditinggal mantan.

5. Jadilah orang yang lebih positif dalam berbagai hal

Balaslah mantan dengan kebaikan via http://news.psu.edu

Tampil menarik secara penampilan memang menjadi nilai plus saat pertama orang memandang. Namun kamu bisa menjadi pribadi yang lebih sempurna jika kamu aktif dengan kegiatan-kegiatan positif. Gali informasi mengenai aktivitas-aktivitas yang menarik minatmu. Ada banyak pilihan seperti menjadi volunteer, atau ikut serta dalam galang dana, donor darah, dan masih banyak lagi. Buat terobosan baru dalam hidup dengan ikutan ajang pencarian bakat misalnya, lomba-lomba dan kompetisi yang sesuai kemampuanmu. Selain aktualisasi semacam itu, jika kamu punya jiwa entrepreneur kamu bisa membangun bisnis hebat yang akan menjembatani kamu menjadi seorang milyader. Sayangnya ada orang-orang yang belum memiliki modal untuk berwirausaha dan salah satunya adalah kamu, maka mendapatkan pekerjaan di tempat prestisius merupakan kebanggaan dan kepuasan tersendiri. Intinya, tidak perlu terburu-buru menjadi sukses, asalkan kamu konsisten dalam melakukan kegiatan-kegiatan positif, buat agar mantanmu bengong ketika melihatmu mengalami perubahan drastis dalam berkarir. Akan lebih mantap lagi seandainya ternyata di posisimu yang sekarang kamu bisa mengulurkan kembali tanganmu, bukan untuk menerimanya kembali melainkan untuk membantu karirnya. Ini balas dendam dengan cara yang mulia seperti dalam lirik lagu Selena Gomez, ”Kill ‘em with kindness..”.

6. Tunjukan kalau kamu lebih bahagia setelah ditinggal mantan

Sekarang aku bahagia via http://haiineola.com

Aura positif dan keceriaan yang tampak di wajahmu merupakan cerminan dari hatimu yang senantiasa dibumbui dengan rasa bersyukur. Berbagai perjalanan hidup sudah kamu lalui yang tentunya dapat mengubah mentalmu untuk menjadi seseorang yang lebih berani. Kalau sudah begini, jangan lagi merasa malu, canggung, bahkan takut jika berinteraksi dengan seseorang yang pernah hadir di masa lalumu termasuk mantanmu. Tampilkan dirimu dan buktikan bahwa selama ini kamu bahagia, lebih dari sekedar baik-baik saja, kamu berhasil menepis ekspektasi-ekpektasi buruk dari siapapun setelah kamu ditinggal mantan. Ternyata hidupmu jauh luar biasa setelah mantan tiada hadir lagi dalam hatimu.