Sobat muda pembelajar, mempunyai guru idola memang naluriah. Tetapi menetapkan siapa guru idola kita, itulah yang penting. Tidak sembarangan. Karena jika sembarangan, dan ternyata kualitasnya buruk atau bahkan jahat, itu sama saja bermain-main dengan masa depanmu. Saya yakin kamu adalah seorang siswa.Ya setidaknya pernah menjadi siswa. Seorang siswa pastilah mempunyai guru. Dari guru-guru kamu apakah kamu telah memiliki guru idola? Bagi yang belum punya guru idola mari kita cermati kreteria guru idola kamu supaya dihari guru nanti kamu bisa menentukan guru idolamu dengan tepat. Perlu kamu ketahui sosok guru idola bukanlah semata-mata guru yang berparas cantik, ganteng, keren, bisa bernyanyi, berbadan atletis atau maco, pandai melucu atau hal-hal lainnya. Tetapi lebih dari itu, guru idola kamu harus  bisa diteladani,bisa menginsfirasi dan memotivasi ,menguasai materi serta punya kepribadian. Hasil pengamatan saya , kebanyakan teman-temanmu mengatakan bahwa ketika masuk pelajaran guru yang mereka idolakan atau favoritkan pengaruhnya cukup signifikan dalam memotivasi semangat belajarnya. Rata-rata teman-temanmu tidak ingin melewatkan pelajaran yang dibawakan oleh guru idola mereka. Kemudian saya pun ingin mengetahui kriteria apa saja yang membuat teman-temanmu mengidolakan guru-guru tersebut,diantaranya:

1. Guru idolamu adalah teladanmu.Karena kamu memang perlu keteladanan.

Mengajar Menyenangkan via http://print.kompas.com

Guru kamu sebagai idola dan teladan bagimu itu guru yang mempunyai sifat yang baik dapat mudah ditiru olehmu di sekolah maupun di luar sekolah. Guru yang mempunyai keteladanan yang baik yang bisa diterima dan disukai oleh kamu dan temen temanmu. Maka dari itu guru idolamu harus mempunyai sifat – sifat dan ciri – ciri keteladan yang baik.

Guru Idola harus bisa menjadi contoh,melakukan dan mengajak bukan menyuruh

Guru yang disenangi olehmu merupakan guru yang memberikan contoh atau mengajak bukan menyuruh. Kenapa demikian karena apa yang kita lakukan dapat kamu ingat 80% lebih, sedangkan apa yang kita bicarakan/suruh dapat kamu ingat hanya sekitar 20 % saja. Guru idolamu harus mampu memberikan contoh yang baik kepada kamu dan teman-temanmu, sehingga kamu akan percaya bahwa guru idolamu itu mampu untuk membimbing dengan baik.

Advertisement

Berpenampilan menarik, rapi,sopan dan tidak berlebihan

Guru yang penampilannya terlalu berlebihan membuat kamu dan teman-temanmu merasa rendah diri bahkan merasa berada di luar kondisi nyata. Kadang-kadang kamu merasa sedang berhadapan dengan orang yang berpribadi sombong. Umumnya ketika selesai pelajaran, guru tersebut akan menjadi topik pembahasan yang pada akhirnya kehidupan guru tersebut termasuk kehidupan pribadinya akan dibahas dalam diskusi kecil yang terbentuk secara spontan. Olehnya itu, guru idola harus selalu memperhatikan penampilan utamanya pakaian yang rapi karena pakaian yang sederhana tapi tidak mengurangi kewibawaan guru dapat menarik bahkan memotivasi semangat belajarmu.

Didalam menyampaikan materi pelajaran, guru idolamu harus ramah dan sopan dapat mengatur irama perkataannya, naik dan turunnya intonasi perkataan secara tepat membuatmu merasa senang,dan inilah yang diharapkan olehmu kan. Selain irama perkataan, seorang guru idola juga harus menghindari mengucapkan kata-kata secara berulang-ulang. Kata-kata yang diucapkan secara berulang-ulang dapat membuatmu dan teman-temanmu mengganggapnya sebagai lelucon.

Guru idola kamu harus penyabar, karena kenakalan kamu merupakan bagian sistem pembelajaran

Penyabar merupakan salah satu sifat guru idolamu. Anggaplah kenakalan kamu merupakan proses pembelajaran. Jika kamu sudah melanggar aturan sekolah guru idolamu akan menghukum dengan aturan yang sesuai dan jika kamu berprestasi maka guru idolamu akan memberikan hadiah.

Up To date.Tidak ketinggalan jaman alias kuno.

Biasanya kamu sangat senang dengan guru-guru yang up to date. Memang guru idolamu hidup di zaman dulu, zaman dimana teknologi belum berkembang. sedangkan kamu hidup di zaman di mana teknologi sudah berkembang pesat.Oleh karena itu guru idolamu harus paham dengan keadaanmu sekarang.

Humoris. Karena guru yang humoris dapat merebut hati kamu dan hati teman-temanmu.

Saya yakin kamu dan teman-temanmu senang dengan guru idola yang humoris, karena guru yang humoris dapat merebut hati kamu, hati teman-temanmu,selanjutnya kamu akan jatuh hati padanya akibatnya kamu akan merasa belajar lebih rilek,santai,tidak dalam tekanan namun gampang dicernak materi yang diajarkan. Namun perlu diperhatikan jika guru idolamu terlalu banyak humor maka kelas akan gaduh materi tidak tersampaikan sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai.Waktu yang tepat untuk humora adalah diawal pembelajaran,pergantian strategi pembelajaran dan diakhir pembelajaran.Oleh karena itu humor yang dibingkai dengan tepat sesuai dengan kultur,situasi dan emosional akan menghasilkan situasi yang cair dan menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran akan lebih mudah tercapai.

Disiplin,tangguh pantang menyerah dan tidak cepat putus asa.

Disiplin sangat dibutuhkan agar semua yang ada berjalan sesuai dengan yang diangan-angankan.Disiplin meliputi disiplin waktu,disiplin pakaian dan disiplin dalam pengelolaan pembelajaran. Seorang guru idola harus tangguh demi kesuksesan kamu dan teman-temanmu, apalah jadinya kamu tanpa kehadiran sosok guru yang tangguh dan gigih. Guru idola tidak boleh pantang menyerah putus asa jika menghadapi kamu dan teman-temanmu bandel atau sulit sekali untuk diatur,namun seorang guru idola yang baik adalah guru yang pantang menyerah dan tidak cepat putus asa.

2. Berkepribadian. Komitmen untuk mengajar, membimbing dan mendampingi para siswanya belajar

Kesalahan Kecil Guru via http://pelangiblog.co

Guru idola harus mempunyai kepribadian dan akidah yang bersih dari hal-hal yang bertentangan denganNya. Senantiasa merasa diawasi oleh Tuhan dimanapun berada, melakukan koreksi diri atas kelalaian dan kesalahan.Karakteristik Akidah, Akhlak dan Prilaku, yaitu:

Guru harus mempunyai akidah yang bersih dari hal-hal yang bertentangan denganNya.

Senantiasa merasa diawasi oleh Allah swt dimanapun berada, melakukan koreksi diri atas kelalaian dan kesalahan. Menanamkan sikap tawadhu’ rendah hati, jangan sampai timbul perasaan ujub dan ghurur, karena orang yang tawadhu’ akan diangkatkan derajatnya oleh Allah Swt. Guru harus berakhlak mulia, berkelakuan baik, dan menjauhi hal-hal yang bertentangan dengan hal itu, baik di dalam maupun di luar kelas.

Tidak semata-mata mengandalkan kemampuan dan usaha belaka dalam mengajar, tetapi juga berdo’a meminta taufiq serta pertolongan dari Allah Swt.

Guru harus menjadi teladan bagimu dalam segala perkataan, perbuatan dan prilaku. Guru harus selalu jujur, adil, berkata yang baik, dan memberi nasihat serta pengarahan kepada anak didik. Hendaknya dalam memperbaiki anakku, kamu perbaiki dirimu dahulu.

Cinta kepada kamu dan teman-temanmu,kelas,sekolah dan pendidikan.

Rasa cinta dan kasih pada kamu dan teman-temanmu akan memberi motivasi kepada guru untuk memberikan yangterbaik kepadamu. Sedangkan Cinta pada kelas secara otomatis guru idolamu tersebut betah berada didalam kelas, dan jika seorang guru idolamu betah berada didalam kelas sudah pastinya kamu juga betah dan pelajaran pastinya berjalan dengan sangat baik dan menyenangkan.

Jika guru idolamu cinta pada sekolah dan pendidikan maka membuat guru idolamu tersebut akan betah berlama-lama di sekolah,sehingga dia akan memberikan pelayanan ilmu kepadamu semaksimal mungkin dan kamu akan mendapat pendidikan yang berkualitas.

3. Menguasai materi, kompetensi guru yang pertama

Guru dilarang gaptek via http://www.acdp-indonesia.org

Kemampuan guru idolamu dalam membawakan materi yang diajarkan tergantung pada penguasaan atas materi tersebut. Guru idola yang memiliki wawasan luas kamu akan lebih menyukai dibandingkan dengan guru yang hanya mengacu pada materi yang ada dibuku paket. Semakin banyak informasi tambahan semakin menarik perhatianmu. Pada umumnya kamu dan teman-temanmu akan selalu menantikan informasi tambahan yang disampaikan oleh guru idola, dalam hal ini kamu lebih tertarik pada informasi tambahan ketimbang informasi yang hanya itu-itu saja. Betul kan?

Memahami Metode Pembelajaran

Kamu pasti senang dengan guru idola yang memahami metode pembelajaran. Karena Metode pembelajaran merupakan cara menyampaikan materi pembelajaran dengan benar dan sesuai dengan apa yang di ajarkan. Misalkan Jika kita sedang mengajarkan materi tentang sistem pencernaan, guru idola akan menggunakan charta/poster/video/gambar sistem pencernaan yang lengkap. Kamu tidak akan suka jika guru mengajarkan sistem pencernaan dengan metode ceramah.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi seorang guru dan dibutuhkan dalam proses belajar mengajar, yakni sebagai berikut: Menguasai materi pelajaran dengan matang melebihi kamu dan teman-temanmu serta mampu memberikan pemahaman kepada kamu dan teman-temanmu secara baik. Guru idola harus memiliki kesiapan alami (fitrah) untuk menjalani proses mengajar, seperti pemikiran yang lurus, yang jernih, tidak melamun, berpandangan jauh ke depan, cepat tanggap, dan dapat mengambil tindakan yang tepat pada saat-saat kritis. Guru harus menguasai cara-cara mengajar dan menjelaskan.

Guru idola harusnya menelaah buku-buku yang berkaitan dengan bidang studi yang diajarkannya. Sebelum memasuki kelas, guru idola harus siap secara mental, fisik, waktu dan ilmu (materi). Maksud kesiapan mental dan fisik adalah tidak mengisi pelajaran dalam keadaan perasaan yang kacau, malas ataupun lapar. Guru idola akan menyiapkan apa yang dikatakannya,menghindari spontanitas dalam mengajar jika tidak menguasai materinya.

Tidak Gaptek. Guru idola tidak boleh gagap teknologi (gaptek) agar tidak ketinggalan zaman di era serba digital ini

Globalisasi menuntut semua orang dari berbagai profesi memahami dan menguasai teknologi. Tidak terkecuali para guru.Guru yang kamu idolakan harus mengerti teknologi. Jika guru masih awan dengan facebook, twitter, Path, Instragram. Dipastikan guru tersebut kurang bisa bergaul dengan kamu dan teman-temanmu. “Didiklah anak-anakmu, karena mereka akan hidup pada zaman yang berbeda dengan zamanmu,” demikian pesan Khalifah Kedua Umat Islam, Umar bin Khaththab.

4. Bisa memotivasi dan menginsfirasi. Ingat pesan Ki Hajardewantara Ing Ngarsa sung Tuladha.

Rajin Masterclass. via http://musicalprom.com

Guru idolamu adalah guru yang dalam kesehariannya bergaul dan beraktivitas memotivasi, mengarahkan serta membimbing kemajuan kamu sebagai peserta didiknya. Guru idolamu harus mampu memberikan inspirasi yang ideal terhadap kamu dan teman-temanmu.Berikut ciri-cirinya.Pastikan guru idola kamu itu bisa:

Menciptakan iklim belajar yang terbuka dan positif dengan menitik beratkan pada kebutuhan kamu saat ini, yaitu memenuhi apa yang menjadi motif awal ketertarikan kamu dan teman-temanmu pada materi pelajaran.

Membuat kamu aktif berpartisipasi dalam pembelajaran. kamu belajar dengan melaksanakan tindakan (doing), membuat (making), menulis (writing), merancang (designing), menciptakan (creating), dan memecahkan persoalan (solving). Kepasipan akan mengurangi motivasi dan keingintahuan kamu dan teman-temanmu.

Mengajak kamu untuk menganalisis apa yang membuat kelas menjadi lebih atau kurang termotivasi. Hasil penelitian menyimpulkan setidaknya beberapa karakteristik yang menjadi kontribusi utama pada motivasi kamu, yaitu : antusiasme guru,relevansi materi pelajaran,pengaturan pengajaran,kesesuaian tingkat kesulitan materi,keterlibatan aktif kamu,keberagaman,hubungan antara guru dan kamu dan penggunaan contoh yang sesuai, kongkrit dan mudah dipahami

Mengurangi penekanan ke nilai.

Guru idola kamu harus lebih mengutamakan penekanan pada pemahaman dan pembelajaran dibandingkan pemberian nilai. Guru idola kamu harus menghindari penggunaan nilai sebagai ancaman

Memotivasi kamu dengan menanggapi hasil kerja kamu dan teman-temanmu.

Guru idolamu harus memberikan umpan balik segera pada kamu,memberikan penghargaan atas kesuksesan yang kamu diraih,menghindari komentar yang merendahkan dirimu sehingga membuat kamu merasa bodoh.

5. Guru idola bisa menjadi problem solver bagi setiap permasalahanmu

Review jurusan BK via http://jelajahinformasi.com

Kamu adalah pribadi yang sedah tumbuh dan berkembang dengan sekian permasalahan yang ia hadapi. Ketika datang ke sekolah, kamu sering membawa berbagai macam masalah juga baik masalah dengan keluarga, masyarakat atau sesama teman pergaulanmu. Terkadang kamu datang ke sekolah dalam keadaan yang tidak sepenuhnya siap mengikuti pembelajaran dikarenakan masalah yang ia hadapi.

Guru idolamu harus mempunyai tanggung jawab mengambil peran sebagai problem solver atau penyelesai masalah bagi setiap permasalahanmu. Maka jika guru idolamu mengetahui siswanya tersebut mempunyai masalah, sebisa mungkin guru idolamu harus segera mencarikan solusinya. Pemahaman yang justru keliru adalah, jika kamu mempunyai masalah ia harus segera bertemu dengan guru BK. Bisa jadi hal ini justru akan membuatmu semakin kompleks masalahnya, tidak semua siswa mau berbagai setiap permasalahan hidupnya kepada guru BK.