Sebagian besar orang menganggap bahwa mengalah adalah bentuk kekalahan, terutama mengalah dalam sebuah hubungan. Mengalah atau meminta maaf saat kita tidak melakukan kesalahan bisa jadi adalah kesalahan bagi sebagian orang. Banyak pula yang beranggapan bahwa mengalah pada pasangan adalah cerminan bahwa nantinya kita akan menjadi pihak yang tertindas ketika sudah menikah. Benarkah demikian? Inilah beberapa alasan mengalah itu tidak selamanya buruk:

1. Mengalah adalah bentuk menghargai pasangan

Mengalah Itu Menghargai via https://www.londonfamilyphotography.co.uk

Perbedaan itu adalah hal yang biasa dalam sebuah hubungan. Perbedaan tentu saja ada dalam setiap hubungan karena bagaimanapun dua orang yang berbeda pasti akan memiliki sudut pandang dan pemikiran masing-masing. Maka dari itu kita harus sadar bahwa mengalah itu bukan semata-mata karena kita kalah atau takut pada pasangan, melainkan juga salah satu bentuk menghargai pemikiran pasangan kita. Ketika kita bisa menghargai pasangan kita, tentu mereka juga akan menghargai pemikiran kita.

2. Mengalah berarti menerima perbedaan

Mengalah Itu Menerima via http://nordicaphotography.com

Ini yang banyak tidak disadari oleh pasangan, bahwa ketika kita tidak mau mengalah pada pasangan, itu artinya kita juga memaksakan pemikiran kita sendiri. Hal itu juga menunjukkan bahwa kita tidak bisa menerima perbedaan sehingga bersikukuh terhadap pendapat kita, sampai akhirnya menyulut pertengkaran dengan pasangan. Tahukah kalian bahwa mengalah bisa juga menunjukkan bahwa kita bukannya menerima pendapat pasangan kita, namun kita menerima adanya perbedaan pendapat dengan pasangan.

3. Mengalah sekarang berarti siap untuk menghadapi rintangan di masa depan

Advertisement

Mengalah Itu Tanda Siap via http://hdimagesnew.com

Pernahkah kalian dengar pendapat ini :

"Baru saja pacaran tapi selalu mengalah? Bagaimana nanti kalau sudah menikah?"

Pendapat ini yang seringkali membawa pasangan pada kata putus, tanpa menyadari sisi lain dari baiknya mengalah pada pasangan. Justru mengalah saat masih pacaran merupakan tanda bahwa pasangan siap menjalani masa depan dengan kita. Pasangan yang bisa mengalah ketika pacaran berarti bisa menerima segala perbedaan di masa depan. Ini adalah awal yang bagus karena itu tandanya pasangan ia siap menghadapi perbedaan yang lebih krusial nantinya di masa depan.

4. Mengalah demi kebaikan bersama

Mengalah Demi Kebaikan via https://www.pinterest.com

Kadang mengalah menjadi pilihan seseorang karena ia tidak mau ada pertengkaran atau keributan karena hal-hal yang tidak perlu. Ia lebih mementingkan kebaikan bersama tanpa adanya sakit hati atau marah. Pasangan yang bisa mengalah pada kita artinya ia tidak suka meributkan hal-hal yang tidak perlu dan ingin selalu menjaga keharmonisan hubungan.

5. Mengalah demi menjaga perasaan pasangan

Mengalah Itu Menjaga Perasaan via http://www.allura.com.pk

Ini yang penting dalam sebuah hubungan, yaitu menjaga perasaan pasangan. Mengalah bukan berarti kita tidak mengungkapkan pendapat kita. Mengalah artinya ketika kita saling mengungkapkan pendapat dan ada ketidakcocokan, kita bisa meredam emosi dan ego kita. Jika pasangan kita mengalah, maka sadarilah bahwa ia sedang berusaha menjaga perasaan kita dan ingin hubungan dengan kita baik-baik saja.