Tetangga usil: kamu lulus kuliah kok belum kerja?
Kamu: iya bu, masih cari-cari, doain saja bu, mungkin belum rejekinya (nyengir kuda)
Tetangga usil: Ngapain aja kuliahnya lama-lama, tapi nggak kerja…
Kamu: hehehehe *nyari kuku tirex.

Siapa sih yang mau jadi pengangguran, terlebih lagi setelah menyelesaikan pendidikan panjang yang dijalani dengan proses berdarah-darah dan meneteskan air mata. Semua orang pasti menginginkan jaan hidup yang mulus; lulus kuliah – dapat kerja – punya rumah - menikah – punya anak. 

Tapi jalan hidup nggak semulus jalan tol cipularang pak/buk, semua pasti ada batu dan kerikil yang nyempil kaya upil. Bikin gatel, bikin risih, kadang bikin susah napas. Jangan di keluhin tapi dilewati, berusaha berdoa.

Dan untuk kamu yang sedang galau karena menganggur di bulan ramadhan ini, kamu adalah orang yang beruntung, karena banyak hal yang bisa kamu lakukan dibulan yang penuh keberkahan ini. 

 

 

1. Buka Bisnis Dadakan di Bulan Ramadhan

antaranews via http://bit.ly

Dari pada galau dengan pertanyaan tetangga mending dibulan ramadhan kamu buka usaha dadakan. Bisnis takjil dibulan ramadhan itu omsetnya menggiurkan loh. “iya, tapikan susah, aku kan nggak bisa masak!” Pantas kalau kamu jadi pengangguran, pesimis begitu jawabanya.

Nggak perlu bisa bikin resoles dulu untuk jual resoles, kamu bisa beli atau menerima titipan orang untuk dijual kembali.

Mari menghitung: misalnya kue yang kamu ambil dihargai Rp. 1000/potong, kamu bisa jual Rp 1500/potong atau 5000/4 potong kue. Lumayankan, kamu dapat Rp. 500 untuk setiap potong. “kecil banget keuntungannya?”

Advertisement

Itu kalau satu kue yang mampu kamu jual, kalau kamu bisa jual seratus potong kue setiap sore, hitung saja berapa keuntungan yang kamu dapat?

Dengan begitu akan merubah presfektif tetangga yang suka kepo.

Tetangga kepo: Udah selesai kuliahnya, kerja apa sekarang?
Kamu: Belum kerja bu *senyummesem-mesem, cuma buka bisnis kecil-kecilan untuk buka puasa, cobain bu, enak loh risolnya..cuma seribu loh bu..bla..bla..bla..
Tetangga kepo: Wah pinter ya, bisa lihat pelung bisnis. Yaudah ibu borong untuk buka puasa dirumah.

*Mission sukses 😀

2. Berbagi Kebaikan dengan Menjadi Relawan Pesantren Kilat

google via http://bit.ly

Ramadhan adalah bulan suci bagi umat islam, bulan penuh kebaikan. Dari pada kamu galau lihatin iklan sirup di TV, mending jadi relawan untuk acara pesatren kilat di sekolah kamu. Berbagi kebaikan untuk adik-adik disekolah yang mendidik kamu dulu, atau sekolah dekat tempat tinggal kamu nggak ada salahnya. Selain menebar kebaikan untuk orang-orang disekitar, dengan begitu kamu sudah menanam benih kebaikan untuk peduli sesama. Dan pasti seru bertemu dengan anak-anak yang lucu-lucu dan polos. Bisa jadi sumber inspirasi buat kamu yang lagi mampet kreatifitas.

3. Jalin Kedekatan Bersama Keluarga dan Kerabat

Hekaleka.org via http://bit.ly

Bisa jadi selama ini kamu terlalu sibuk dengan urusan kuliah, sekolah dan kegiatan-kegiatan di luar rumah yang menyita waktu, hingga jarang sekali berkumpul bersama keluarga, apa lagi kerabat. Apa salahnya ramadhan kali ini, manfaatkan momen bebas kamu untuk menjalin kedekatan bersama keluarga dan kerabat.

Bantu ibu didapur membuat takjil, bermain atau mengajarkan adik dirumah, membuat proyek ramadhan bersama kakak, itu akan lebih baik dari pada pusing mikirin kapan dapat pekerjaan. Berkunjung ke rumah paman, bibi, atau sahabat yang sudah lama tidak berjumpa. Jalin silahturahmi, karena silahruahmi memperlancar rejeki.

4. Upgrade Ilmu dan Iman dengan Ikut Seminar, ceramah, dan Kelas Online

Tribunnews via http://bit.ly

Jangan sia-siakan waktu luang kamu dengan hanya berdiam diri dirumah. Dibulan ramadhan banyak ceramah-ceramah; baik di internet, tv, dan di masjid-masjid sekitar tempat tinggal kamu. Bahkan iklan juga jadi ceramah.

Ikuti kelas seminar, atau kelas online, demi upgrade iman dan ilmu dibulan ramadhan. Kalau kamu bosen, bisa ikuti seminar-seminar yang dapat menambah bidang keahlian kamu. Banyak kok seminar, bahkan sekarang ada kelas-kelas online gratis yang siap untuk kamu serap ilmunya, yang pastinya bermanfaat untuk bekal mencai rejeki.

5. Safari Ramadhan “My Masjid, My Adventure”

Mulpix.com via http://bit.ly

Buat kamu yang suka jalan-jalan, safari ramadhan bisa jadi solusi, selain seru, banyak kebaikan yang tidak kamu dapatkan dibandingkan dengan jalan-jalan biasa.

Safari dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti perjalanan atau petualangan jarak jauh dalam kegiatan ekspedisi, baik penelitian, penyelidikan dan wisata.

Mulai buat jadwal satu bulan kedepan untuk kegiatan safari kamu. Tulis list masjid-masjid yang ingin kamu kunjungi untuk cari takjil gratis sholat tarawih disana. Pasti ada nilai yang berbeda masing-masing masjid yang kamu kunjungi. Tapi jangan selfi-selfi ya, nanti nilai ibadahnya jadi ria. Niatkan ikhlas untuk mendapat kebaikan-Nya.

6. Saatnya Kembali Ke yang Fitri

Pixabay via http://bit.ly

Bisa jadi tidak diberikannya pekerjaan karena kamu diminta untuk lebih dekat dengan Sang pecipta. Dan dibulan ramadhan inilah waktu yang tepat untuk kamu menata pribadi menjadi lebih baik dan lebih dekat pada Allah.

Banyakin ibadahnya, naikin nominal sedekahnya, kuatkan niatnya, dan ikhlas menjalaninya. Allah saja memberi apa yang tidak kita minta, masa iya, tidak memberi apa yang kita minta (kita doa’akan). Hanya saja waktunya yang masih di rahasiakan. Bisa jadi setelah ramadhan, atau besok setelah kamu baca artikel ini, atau kapaun yang Allah mau. Itu rahasia Nya.

Manfaatkan waktu luang kamu dibulan penuh kebaikan ini dengan sebaik-baiknya. Menganggur bukan akhir dari kehidupan, malahan awal dari sebuah perjalanan. Dengan menganggur kamu bisa menentukan sendiri tujuan hidup kamu kedepan, bebas dengan banyak pilihan yang hanya kamu saja yang mengerti.

Jangan terlalu hiraukan dengan peryataan orang-orang yang hanya membuat mental kamu jatuh, malahan kalau bisa, lebih baik konverikan menjadi semangat. Abaikan keritikan buruk, serap keritikan baik. Manusia hanya mampu menilai, tapi yang punya nilai itu Allah.

Selamat bulan ramadhan, bagi kamu yang menjalankannya.