Sore itu seperti biasa, rutinitas pulang kerja dan lelah yang harus diterima dengan lapang dada, menjadi hal yang selalu saya nikmati. Perjalanan dari kantor kerumah, sebuah perjalanan yang rutin saya lakukan dengan headset ditelinga. Sambil mendegarkan lagu dari The Smiths, band British favorit saya selain Oasis. Menyusuri tiap sudut kota ini, kota Solo. 

Saya merasa kota ini adalah kota ternyaman di Indonesia, kenapa bisa begitu? Hmmm, jadi begini, saya besar di kota ini dan mengikuti setiap perkembangannya, dari tata ruang kota sampai karnaval yang hampir selalu ada, masyarakatnya yang bersahaja, serta kulinernya yang sangat menggugah selera dan terkenal murah. 

Ada satu tempat yang saya selalu saya kunjungi setelah lelah bekerja, Ngarsopuro. Hanya dengan duduk sendiri sambil menghabiskan segelas kopi di wedangan di sekitar tempat ini, saya pikir tak perlu pergi ke temapt mewah dan mahal hanya agar bisa posting di Path atau Instagram.

1. Suasana Ngarsopuro di Sore Hari selalu menarik perhatianmu untuk melepas semua rasa lelah setelah bekerja.

Suasana Ngarsopuro, Solo. via https://erwinwidianto.files.wordpress.com

Di tempat yang bernama Ngarsopuro ini, saya selalu merasakan bahagia. Bahkan saya sering mengobrol dengan orang-orang yang saya temui disana, dan yang pasti belum saya kenal sebelumnya. Entah kenapa, Ngarsopuro selalu menarik perhatian saya untuk berhenti saat perjalan pulang kerumah setelah lelah bekerja, tepat saat senja tiba. Menurut saya tempat ini unik, bagus dan bersih.

Di sini ada pasar Triwindu yang menjual barang-barang antik. Dari sini kita juga bisa melihat pemandangan Pura Mangkunegaran yang tempatnya tidak jauh dari sana. Yah, tiap orang punya caranya sendiri untuk menikmati hidup, dan ini salah satu cara saya menikmatinya.

2. Ngarsopuro adalah tempat yang asyik untuk mengapresiasikan seni tradisional.

Penampilan seni tradisional di Ngarsopuro. via http://kec-banjarsari.blogspot.com

Advertisement

Sering diadakan pertunjukan kesenian tradisional di Ngarsopuro.

3. Pasar antik Triwindu di Ngarsopuro.

Pasar antik Triwindu. via http://www.javaisbeautiful.com

Pasar Triwindu, di Ngarsopuro.

4. Omah Sinten, suguhan pemandangan yang menarik di Ngarsopuro.

Omah Sinten, Solo. via http://media-cdn.tripadvisor.com

Pemandangan Omah Sinten di Area Ngarsopuro

5. Dari Ngarsopuro pula kita bisa melihat keindahan Pura Mangkunegaran.

www.surakarta.go.id via http://surakarta.go.id

Dari Ngarsopuro, kita juga dapat melihat keindahan dan merasakan ketenangan Pura Mangkunegaran