Sebagai lulusan psikologi tentu bukan hal yg mudah. Nah, apa saja yg perlu kamu lakukan sebagai seorang lulusan/sarjana psikologi?

 

1. Berlapang dada pada setiap keadaan dan kondisi manusia di sekitarmu.

Berlapang dada.. Ikhlas dan Tersenyum...

Berlapang dada.. Ikhlas dan Tersenyum... via http://www.log.viva.co.id

Bagaimanapun baik buruknya perilaku seseorang di sekitarmu. Sebagai orang yg sudah belajar mengenai perilaku manusia yang sangat beraneka ragam, tentunya kamu harus siap selalu berlapang dada, memahami setiap hal yg ada pada manusia di sekitarmu dan berusaha berperilaku dan memperlakukan orang sesuai dengan kepribadian mereka.

2. Bisa survive dengan kerasnya kehidupan.

Kamu harus survive...

Kamu harus survive... via http://www.playbuzz.com

Keberhasilan dan kegagalan harus selalu bisa buat kamu jadi orang yg netral. Tidak berada pada kondisi senang yg berlebihan pun berlarut dalam kesedihan. Kamu dituntut bisa mengontrol emosimu dengan baik.

3. Lebih peka terhadap permasalahan di selitarmu.

Lebih peka dan berempati...

Lebih peka dan berempati... via http://www.sites.duke.edu

Sebagai orang Psikologi, kamu juga harus lebih peka terhadap permasalahan di sekitarmu. Kususnya yg berkaitan dgn paikologis tentunya. Kamu harus bisa menemukan problem solving  untuk teman-temanmu yg sedang mengalami keterpurukan misalnya atau yg sering galau tak menentu, dll.

4. Menjadi pendengar yg baik.

Be a good listener...

Be a good listener... via http://www.littlethingsmatter.com

Bukan hal mudah menjadi seorang pendengar yg baik. Seringkali kita terbawa ego dan lebih memilih berbicara banyak ketimbang mendengarkan cerita dari orang lain. Tapi sebagai orang Psikologi kamu juga ditintut untuk bisa menjadi pendengar yg baik.
 

5. Media sharing bagi setiap orang.

Siap menjadi konselor...

Siap menjadi konselor... via http://www.bls.gov

Selain menjadi pendengar yg baik, kamu juga harusnya bisa menjadi media sharing yg baik minimal dengan teman dan keluargamu. Untuk itu kamu harus banyak membaca buku lintas pengetahuan, bukan hanya buku-buku Psikologi.

 

 

Tentunya ada banyak hal positif yg bisa dilakukan. Setidaknya itu lah 5 hal yg harus dilakukan oleh seorang lulusan psikologi sejati.